Selasa, 21 Agustus 2018

Hanya Untuk Hari Ini: Mei

JFT 1 Mei

Harga Diri & Pelayanan

“Menjadi terlibat di dalam pelayanan membuat saya merasa berharga”.

Basic Text. Hal. 21

Ketika kebanyakan dari kita tiba di NA, kita mempunyai sedikit harga diri yang tertinggal untuk diselamatkan. Banyak anggota mengatakan bahwa mereka mulai untuk mengembangkan harga diri dengan melakukan pelayanan didalam pemulihan mereka hanya sedikit sekali keajaiban terjadi ketika kita mulai mempunyai dampak positif dari pecandu lainnya hidup melalui usaha pelayanan kita. Kebanyakan dari kita tidak mempunyai banyak pengalaman, kekuatan atau harapan untuk berbagi didalam 30 hari bersih. Dalam kenyataannya beberapa anggota akan memberitahu kita bagian yang tidak perlu bahwa apa yang terbaik kita lakukan adalah mendengar.

Tapi di 30 hari kita menawarkan sesuatu kepada pecandu itu datang ke dalam ruangan NA, sengsara untuk 24 jam bersih pecandu yang paling baru di NA, seseorang dengan keinginan untuk berhenti menggunakan & tidak satu pun alat dapat sulit terimajinasi tak seorang pun bisa tetap bersih untuk 1 tahun, 2 tahun atau 10 tahun tapi dia bisa santai dengan orang-orang yang bersih 30 hari, mengangkat sebuah keytag dengan melihat kebanggaan & ketidak percayaan tersipu malu di dalam mukanya. Pelayanan adalah sesuatu hadiah unik, sesuatu yang tidak seorang pun bisa mengambilnya dari kita. Kita memberikan & kita mendapatkan melalui pelayanan, banyak dari kita memulai perjalanan panjang balik untuk menjadi anggota produktif sosial.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bersyukur untuk kesempatan menjadi bagian dari pelayanan

===============================================================================

JFT 2 Mei

“Mungkin Saja…?”

“Ada satu hal yang lebih dari segalanya yang akan mengalahkan kita didalam pemulihan kita yaitu sikap yang tidak peduli atau tidak toleransi menuju prinsip spiritual”.

Basic Text. Hal 18

Ketika pertama kali kita datang ke NA, banyak dari kita yang mengalami kesulitan besar dalam menerima prinsip-prinsip spiritual yang melandasi program ini untuk alasan yang bagus. Tidak peduli bagaimana kita mencoba mengendalikan adiksi kita. Kita menemukan diri kita tidak berdaya. Kita marah & frustasi dengan siapapun yang mengatakan bahwa masih ada harapan untuk kita, karena kita tahu lebih baik. Ide-ide spiritual mungkin mempunyai makna dalam kehidupan orang lain, tapi bukan dalam kehidupan kita.

Walaupun kita tidak peduli atau tidak toleran terhadap prinsip-prinsip spiritual, kita tertarik pada NA. Disana kita bertemu pecandu lainnya. Mereka pernah berada di tempat dimana pernah kita berada, tidak berdaya & tidak ada harapan, tetapi mereka menemukan cara bukan hanya untuk tidak menggunakan tetapi untuk hidup & menikmati kehidupan bersih. Mereka membicarakan tentang prinsip-prinsip spiritual yang cara bagi mereka untuk kehidupan baru dalam pemulihan.

Bagi mereka prinsip-prinsip ini bukan hanya teori namun menjadi bagian pengalaman praktis mereka. Ya.. kita mempunyai alasan tepat untuk merasa tidak percaya, tetapi prinsip-prinsip spiritual yang dibicarakan oleh anggota NA lainnya tampaknya benar-benar membawa hasil. Sekali kita mengakui ini, kita tidak perlu menerima semua ide spiritual yang kita dengar. Tetapi kita mulai berpikir bahwa kalau prinsip-prinsip ini berhasil bagi orang lain, mungkin saja bisa berhasil buat kita juga. Untuk sebuah awal, kesediaan itu saja sudah cukup.

Hanya Untuk Hari Ini :

Mungkin saja prinsip-prinsip spiritual yang saya dengar dibicarakan di NA membawa hasil buat saya. Saya bersedia, setidaknya untuk membuka pikiran saya pada kemungkinan itu

===============================================================================

JFT 3 Mei

“Berbagi Rasa Bersyukur...”

“Rasa bersyukur saya berbicara ketika saya peduli dan ketika saya berbagi dengan yang lainnya dengan cara NA”.

Gratitude Prayer

Semakin lama kita tetap bersih, semakin banyak perasaan rasa bersyukur kita di dalam pemulihan kita perasaan bersyukur. Perasaan-perasaan bersyukur ini tidak terbatasi kepada hadiah-hadiah tertentu. Seperti teman baru atau kebolehan untuk di pekerjakan, lebih sering mereka berkembang dari perasaan-perasaan menyenangkan yang menyeluruh yang kita rasakan di dalam hidup baru kita.

Perasaan-perasaan ini meningkat dengan keyakinan dari serangkaian kehidupan kita akan terjadi jika itu untuk keajaiban yang telah kita alami di NA. Perasaan-perasaan ini mencakup segalanya sangat menakjubkan & kadang-kadang begitu sangat besar, sehingga kita sering tidak bisa menemukan kata-kata untuk mereka. Kita kadang-kadang menangis secara terbuka dengan kebahagiaan, ketika berbagi di dalam pertemuan, kita juga meraba untuk kata-kata, untuk mengekspresikan apa perasaan kita.

Kita sungguh-sungguh ingin menggiring kepada pendatang baru, tentang rasa bersyukur yang kita rasakan tetapi kelihatannya bahasa kita kurang superlatif untuk menjabarkannya. Ketika kita berbagi dengan air mata di mata kita, ketika kita terisak-isak & tidak bisa bicara sama sekali ini adalah waktu-waktu ketika rasa bersyukur kita berbicara lebih jelas. Kita berbagi rasa bersyukur langsung dari hati kita dengan hati mereka yang mendengar & mengerti rasa bersyukur kita berbicara dengan fasih, walaupun kata-kata kita tidak.


Hanya Untuk Hari Ini :

Rasa syukur saya memiliki suaranya sendiri ketika itu berbicara, hati mengerti. Hari ini saya akan berbagi rasa syukur dengan yang lainnya, meskipun saya bisa menemukan kata-kata atau tidak

===============================================================================

JFT 4 Mei

"Bagaimana Dengan Si Pendatang Baru?"

Setiap kelompok hanya mempunyai satu tujuan utama - untuk membawa pesan kepada pecandu yang masih menderita

Tradisi Lima

Kelompok utama kita bermakna besar bagi kita. Lagipula, akan ada dimana kita kalau kita tidak punya pertemuan NA favorit kita? Kelompok kita kadang mensponsori piknik atau kegiatan lain. Kerap anggota kelompok pertemuan utama kita berkumpul bersama untuk menonton film atau pergi bowling. Kita semua menjalin persahabatan baik melalui kelompok utama kita, dan kita tidak mau menukar kehangatan itu untuk apapun di dunia.

Namun kadang kita harus membuat inventaris akan apa yang dilakukan kelompok untuk mencapai tujuan utamanya - membawa pesan kepada para pecandu yang masih menderita.

Kadang ketika ke pertemuan, kita sudah kenal hampir semua orang dan tertawa-tawa dan bersenang-senang. Namun bagaimana dengan si pendatang baru? Apakah kita ingat untuk menjangkau ke orang baru yang mungkin masih memojok sendirian, kesepian dan ketakutan? Apakah kita mengingat untuk menyambut hangat mereka yang datang mengunjungi kelompok kita?

Cinta kasih ditemukan di ruang-ruang pertemuan Narkotik Anonimus membantu kita pulih dari adiksi. Namun sekali kita sudah bersih, kita harus ingat untuk memberikan kepada orang lain apa yang sudah diberikan kepada kita secara cuma-cuma. Kita perlu mengulurkan tangan ke pecandu yang masih menderita. Lagipula, si pendatang baru adalah orang yang paling penting di dalam pertemuan manapun.

Hanya untuk hari ini:

Aku bersyukur akan persaudaraan yang hangat yang kutemukan di pertemuan utamaku. Aku akan mengulurkan tanganku kepada para pecandu yang masih menderita, menawarkan persaudaraan yang sama kepada orang lain

===============================================================================

JFT 5 Mei

“Banyak Cara…”

“...Saya pernah melakukan banyak cara untuk tetap bersih”.

Basic Text. Hal. 217

“Sejauh mana?” pendatang baru bertanya, "apa yang kamu maksud, sejauh mana?” lihat ke belakang sewaktu kita di dalam adiksi aktif & cara kita menginginkan untuk kesediaan kita tetap tinggi dapat membantu kita untuk menjelaskan. Kita akan pergi menyetir bermil-mil untuk mendapatkan obat-obatan? Ya, biasanya kita melakukannya & kemudian itu membuat kita menyadari bahwa jika kita peduli untuk tetap bersih seperti waktu kita memakai, kita akan mencoba semuanya untuk menemukan jalan untuk pertemuan.

Di dalam adiksi kita, bukankah kita sering melakukan kegilaan? Hal yang tidak waras atau menggunakan zat yang tidak kita kenal atas suruhan orang lain? & kenapa kita sering menemukan hal sulit untuk menempuh jalan dalam pemulihan, khususnya ketika jalan itu menolong kita untuk tumbuh. & ketika kita menggunakan bukankah kita sering dalam keputusan balik kepada Kekuatan Yang Lebih Besar, berkata ”Tolong keluarkan saja saya dari yang satu ini?”. & kenapa kita menemukan kesulitan bertanya agar Tuhan menolong pemulihan kita.

Ketika kita menggunakan, kita biasanya mempunyai pikiran terbuka ketika tiba untuk menemukan jalan & berarti untuk mendapatkan lebih. Jika kita bisa meletakkan prinsip yang sama dari keterbukaan pikiran untuk pemulihan kita, kita mungkin terkejut dengan sebagaimana mudahnya kita mulai untuk menangkap program NA. Pemikiran terbaik kita, sering berkata mendapatkan kita di dalam ruangan NA. Jika kita berkeinginan untuk pergi ke berbagai jangkauan, mengikuti langsung & tetap membuka pikiran kita tetap bisa bersih.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bersedia untuk pergi sejauh mana, untuk tetap bersih saya akan membuka pikiran & siap untuk mengambil langsung seperti yang saya butuhkan

===============================================================================

JFT 6 Mei

Sudahkah Kita Bersenang-senang?

“Dengan waktu, kita dapat santai & menikmati suasana pemulihan”.

Basic Text. Hal. 53-54

Bayangkan apa yang akan terjadi jika seorang pendatang baru berjalan masuk ke salah satu pertemuan kita & di temui oleh sekelompok orang yang berwajah muram yang mencengkram kursi mereka dengan keras. Pendatang baru itu mungkin akan lari, sambil bergumam “saya pikir saya bisa berhenti dari obat-obatan & menjadi bahagia”. Untungnya, pendatang baru kita biasanya di temui oleh sekelompok orang yang ramah & penuh senyum yang secara jelas terlihat cukup puas dengan kehidupan yang mereka temukan di NA.

Betapa besar harapan yang ada! Seorang pendatang baru yang hidupnya selama ini sangat serius, sangat tertarik oleh suasana santai & penuh tawa. Datang dari tempat di mana segala sesuatu di terima dengan serius di mana bencana selalu menunggu di sudut jalan, sangatlah merupakan suatu sambutan yang melegakan untuk memasuki suatu ruangan dan menemukan orang-orang yang rata-rata tidak terlalu serius dalam menghadapi diri mereka yang selalu siap untuk sesuatu yang menyenangkan.

Kita belajar untuk lebih santai dalam pemulihan. Kita mentertawakan keanehan dari adiksi kita. Pertemuan-pertemuan kita, di mana ruangan-ruangannya di penuhi dengan suara-suara yang hidup & penuh kegembiraan dari kopi yang sedang di buat, bisingnya kursi-kursi yang bergeser & suara tawa para pecandu adalah tempat berkumpul di mana kita pertama kali menyambut para pendatang baru kita & memberitahu mereka bahwa, ya sekarang kita bersenang-senang.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya dapat mentertawakan diri saya sendiri. Saya dapat menerima lelucon. Saya akan lebih santai & bersenang-senang hari ini

===============================================================================

JFT 7 Mei

“Merubah Kekalutan Ke Kedamaian”

“Dengan dunia yang di dalam kekalutan, saya merasa telah di berkahi untuk berada di mana saya berada”.

Basic Text. Hal. 155

Kadang kala tidak perlu membayar untuk menyalakan berita, kita mendengar banyak cerita-cerita tentang kekerasan & kekacauan. Sewaktu kita memakai, banyak dari kita terbiasa tumbuh dengan kekerasan. Melalui kabut dari adiksi kita, kita jarang terganggu dengan keadaan dunia. Sewaktu kita bersih, bagaimanapun juga banyak dari kita menemukan bahwa kita sangat sensitif terhadap dunia di sekitar kita sebagai orang-orang yang sudah pulih, apa yang dapat kita lakukan untuk menjadikannya tempat yang lebih baik?

Sewaktu kita menemukan diri kita terganggu oleh kekalutan dunia kita, kita dapat menemukan kenyamanan di dalam doa-doa & meditasi-meditasi. Sewaktu itu terlihat seperti semuanya menjadi jungkir balik, kontak kita dengan kekuatan yang lebih besar kita dapat menjadi ketenangan kita di tengah-tengah badai apapun. Sewaktu kita terpusat di jalan spiritual, kita dapat merespon ketakutan-ketakutan kita dengan kedamaian. & dengan menghidupi diri kita sendiri dengan kedamaian, kita mengundang jiwa yang damai untuk masuk ke dunia kita. Sebagai orang-orang yang sudah pulih, kita dapat pengaruh perubahan positif dengan mengerjakan praktek yang terbaik kita dari prinsip-prinsip program kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan meningkatkan kedamaian di dalam dunia dengan hidup, berbicara & bertindak dengan penuh kedamaian di dalam kehidupan saya sendiri

===============================================================================

JFT 8 Mei

Dapat Di Ajarkan

“Kita dapat belajar bahwa tidak apa-apa untuk tidak tahu semua jawaban, untuk itu kita dapat mengajar dan dapat belajar untuk menghidupi kehidupan baru kita dengan penuh kesuksesan”.

Basic Text. Hal. 93

Dalam beberapa hal, adiksi adalah guru yang paling bagus. Dan jika adiksi tidak mengajarkan kita yang lainnya, itu akan mengajarkan kita kerendahan hati. Kita mendengar di katakan bahwa membutuhkan pemikiran kita yang terbaik untuk bisa dapat ke NA. Sekarang bahwa kita ada di sini, kita di sini untuk belajar.

Perhimpunan NA adalah lingkungan belajar yang indah/bagus untuk pecandu-pecandu yang sudah pulih. Kita tidak di buat untuk merasa bodoh di dalam pertemuan-pertemuan, melainkan kita menemukan orang lain yang telah benar-benar berada di mana kita telah berada dan yang telah menemukan jalan keluarnya. Yang perlu kita lakukan adalah mengakui bahwa kita tidak mempunyai semua jawaban, lalu mendengarkan yang lainnya berbagi apa yang telah bekerja untuk mereka.

Sebagai pecandu-pecandu yang telah pulih dan sebagai mahluk hidup, kita harus banyak belajar. Pecandu-pecandu lain & manusia-manusia lainnya punya banyak yang bisa di ajarkan ke kita tentang apa yang bekerja dan apa yang tidak. Selama kita tetap dapat di ajarkan, kita dapat mengambil keuntungan dari pengalaman orang lain.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mengakui bahwa saya tidak mempunyai semua jawaban. Saya akan melihat dan mendengar pada pengalaman orang lain untuk jawaban yang saya butuhkan

===============================================================================

JFT 9 Mei

Tulislah Tentang Itu

“Kita duduk dengan buku catatan, meminta petunjuk, mengambil pena kita dan mulai untuk menulis”.

Basic Text. Hal. 29

Sewaktu kita bingung atau di dalam kesulitan, sponsor kita kadang-kadang bilang kepada kita untuk “tulislah tentang itu”. Walaupun kita mungkin menggeram sewaktu kita menyeret keluar buku catatan, kita tahu bahwa itu akan membantu. Dengan menjabar keluar semua itu ke dalam kertas, kita memberikan diri kita kesempatan untuk memilah apa yang mengganggu kita. Kita tahu kita dapat sampai pada dasar yang paling bawah/dalam dari kebingungan dan mencari tahu apa yang sebenarnya menyebabkan kesakitan kita sewaktu kita menaruh pena pada kertas.

Menulis dapat memuaskan, terutama sewaktu mengerjakan langkah-langkah banyak anggota-anggota mempertahankan jurnal harian. Pemikiran yang tidak rumit tentang langkah-langkah, merenungkan arti-artinya & menganalisa bahwa pengaruhnya tidak cukup untuk kebanyakan dari kita. Ada sesuatu tentang tindakan fisik dari menulis dapat membantu kita memperbaiki prinsip-prinsip pemulihan di dalam pikiran kita dan hati kita.

Kepuasan yang kita temui melalui tindakan mudah dari menulis adalah banyak. Kejernihan pemikiran, kunci untuk mengunci tempat-tempat di dalam diri kita dan suara dari kesadaran tetapi hanya beberapa. Menulis membantu kita untuk lebih jujur lagi sama diri kita sendiri. Kita duduk, mendiamkan pikiran-pikiran kita dan mendengarkan suara hati kita. Apa yang kita dengar di dalam ketenangan adalah kebenaran-kebenaran yang kita letakkan di dalam kertas.

Hanya Untuk Hari Ini :

Salah satu cara untuk saya dapat mencari kebenaran di pemulihan adalah dengan menulis. Saya akan menulis tentang pemulihan saya hari ini

===============================================================================

JFT 10 Mei

Menjadi Benar-benar Bersedia

“Kita…mendapatkan gambaran bagus akan apa yang dilakukan kecacatan-kecacatan ini terhadap hidup kita. Kita mulai mencari kebebasan dari kecacatan-kecacatan ini”.

Basic Text. Hal. 33

Menjadi benar-benar bersedia untuk disingkirkannya kecacatan-kecacatan karakter kita dapat menjadi proses yang lama atau panjang, sering mengambil alih jalur dari masa hidup. Tingkat kesediaan kita bertumbuh di dalam proporsi yang tepat untuk kewaspadaan kita dari kecacatan-kecacatan ini dan kerusakan yang telah dibuatnya.

Kita mungkin mempunyai masalah melihat kecacatan-kecacatan merusak kita adalah beban dalam hidup kita dan kehidupan orang-orang yang ada di sekitar kita. Kalau ini masalahnya, kita akan dengan baik memintanya pada Kekuatan yang Lebih Besar dari kita unutk mengungkapkan kecacatan-kecacatan itu yang berada atau berdiri di dalam jalan kemajuan kita.

Jika kita melepaskan kecacatan-kecacatan kita dan mencari pengaruh-pengaruhnya, kita akan menyadari bahwa Tuhan Yang Maha Pengasih mengganti kecacatan-kecacatan itu dengan sifat yang berkualitas. Dimana saat kita penuh dengan ketakutan, kita menemukan keberanian. Dimana saat kita egois, kita menemukan kedermawanan. Delusi kita tentang diri kita akan menghilang diganti oleh kejujuran dan penerimaan diri.

Ya, menjadi benar-benar bersedia berarti kita akan berubah. Setiap tingkat yang baru dari kesediaan membawa hadiah baru. Alam dasar kita berubah dan secepatnya kita menemukan kesediaan kita tidak lagi bercahaya hanya dengan kesakitan tetapi dengan keinginan untuk bertumbuh secara spiritual.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan meningkatkan tingkat kesediaan saya dengan menjadi lebih waspada terhadap kecacatan-kecacatan karakter saya

===============================================================================

JFT 11 Mei

Menyeimbangkan Ukuran

“Banyak dari tanggung jawab tertinggi kita dan kesulitan yang paling sulit datang dari ketidak pengalaman kita hidup tanpa obat-obatan. Sering kali sewaktu kita bertanya pada old timer apa yang harus dilakukan, kita terkagum pada kesederhanaan dari jawabannya”.

Basic Text. Hal. 41-42

Mencari keseimbangan di dalam pemulihan sedikit seperti duduk dengan timbangan dan tumpukan pasir. Tujuannya untuk mempunyai tumpukan pasir yang seimbang di setiap sisi timbangan, untuk mencari berat seimbang. Kita melakukan hal sama dalam pemulihan. Kita duduk dengan waktu bersih sebagai pondasi kita dan 12 Langkah juga sebagai pondasi kita, lalu berusaha menambah pekerjaan, tanggung jawab rumah, teman-teman, sponsee-sponsee, hubungan, pertemuan & pelayanan dalam berat yang seimbang sehingga ukurannya seimbang.

Percobaan pertama kita mungkin akan melempar ukuran pribadi kita keluar dari ukuran. Kita mungkin menemukan bahwa karena keterlibatan kita yang berlebihan dalam pelayanan, kita telah mengecewakan karyawan-karyawan kita atau keluarga kita. Tetapi sewaktu kita mencoba untuk membenarkan masalah ini dengan mengundurkan diri dari pelayanan NA sama sekali, sisi lain dari timbangan keluar dari keseimbangan.

Kita bisa meminta bantuan dari anggota-anggota yang telah menstabilkan ukuran mereka. Orang-orang ini mudah dikenali. Mereka berpenampilan tenang, damai & percaya diri. Mereka akan tersenyum sebagai tanda kenal pada kegelisahan hati kita & berbagi bagaimana mereka memperlambat, menambahkan hanya beberapa butir pasir secara perlahan pada kedua sisi timbangan & menghasilkan keseimbangan dalam pemulihan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mencari keseimbangan dalam hidup kita. Hari ini, saya akan mencari pecandu lainnya untuk membagi pengalaman mereka dalam mencari keseimbangan itu

===============================================================================

JFT 12 Mei

Hidup Dengan Pengalaman-pengalaman Spiritual

“Agar meditasi menjadi bernilai, hasilnya harus terlihat dalam hidup keseharian kita”.

Basic Text. Hal. 45-46

Dalam mengerjakan program kita, kita telah diberikan banyak petunjuk secara tidak langsung akan hadirnya Kekuatan yang Lebih Besar dalam hidup kita : perasaan bersih yang datang pada sebagian besar dari kita dalam mengambil Langkah kelima, perasaan bahwa akhirnya kita berada di jalan yang benar ketika kita membuat penebusan, kepuasan yang kita dapat dari menolong pecandu lain. Bagaimanapun juga, meditasi biasanya membawa kita pada petunjuk yang sangat luar biasa tentang keberadaan Tuhan dalam diri kita. Pengalaman-pengalaman ini tidak berarti bahwa kita harus sempurna atau bahwa kita “sembuh”.

Perasaan-perasaan itu memberi kita sumber pemulihan kita sendiri, mengingatkan kita atas sifat alami akan sesuatu yang kita tuntut dalam Narcotics Anonymous & memberi kita semangat untuk berjalan di jalan spiritual kita terus menerus. Pengalaman-pengalaman seperti itu menunjukkan bahwa kita telah menyadap Kekuatan yang jauh lebih besar dari kita sendiri, dalam pola yang tidak pasti. Tetapi bagaimana kita mencakup kekuatan yang luar biasa itu kedalam kehidupan biasa kita? Teman-teman NA kita, sponsor kita & pecandu-pecandu lain dalam komunitas kita mungkin lebih berpengalaman dalam hal-hal spiritual daripada kita. Kalau kita minta, mereka dapat membantu kita menyesuaikan pengalaman-pengalaman spiritual kita ke dalam pola alami pemulihan dan perkembangan spiritual.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mencari jawaban apapun yang mungkin saya perlukan untuk mengerti pengalaman-pengalaman spiritual kita dan mencakup mereka ke dalam kehidupan keseharian saya

===============================================================================

JFT 13 Mei

Berjalan maju

"Kemajuan dalam pemulihan merupakan perjalanan menanjak berkelanjutan."

Teks Dasar, hal 79

Semakin lama kita hidup bersih, semakin curam dan semakin sempit jalan kita. Tanpa memandang betapa berliku-liku hidup ini, kita selalu memiliki harapan yang terletak pada kemajuan spiritual.

Apabila kita tetap muncul pada pertemuannya dan tetap hidup bersih dari narkoba, hidup menjadi lebih baik dan terasa berbeda. Pencarian yang berkelanjutan terhadap jawaban atas kehidupan yang naik dan turun dapat menjawab semua aspek kehidupan kita. Hidup tidak selalu menyenangkan. Pada saat inilah kita harus berpaling kepada Kekuatan Yang Lebih Tinggi dengan ketaatan yang lebih pula. Kadang-kadang apa yang dapat kita lakukan adalah berpegang teguh, percaya bahwa semua hal akan berubah menjadi lebih baik.

Pada satu waktu, ketaatan kita akan menghasilkan pemahaman. Kita akan mulai melihat gambar kehidupan yang lebih besar. Karena hubungan kita dengan Kekuatan Yang Lebih Tinggi tidak putus dan semakin mendalam, penerimaan hampir menjadi sifat dasar kedua kita. Tanpa memandang apa yang terjadi, sekali kita melalui masa pemulihan, kita tergantung pada Kekuatan Yang Lebih Tinggi tetap membuat kemajuan.

Hanya untuk hari ini:

Saya menerima bahwa saya tidak memiliki semua jawaban terhadap pertanyaan kehidupan. Namun demikian, saya akan memiliki ketaatan kepada Tuhan dan tetap melanjutkan perjalanan pemulihan saya

===============================================================================

JFT 14 Mei

Duh!

"Ketidakwarasan adalah mengulang kesalahan-kesalahan sama dan mengharapkan hasil yang berbeda."

Teks Dasar, hal 23

Kesalahan! Kita semua tahu rasanya kalau melakukan kesalahan. Banyak di antara kita merasa bahwa seluruh kehidupan kita merupakan kesalahan. Kita kerap melihat kesalahan kita dengan rasa malu atau rasa bersalah - setidaknya, dengan rasa frustrasi dan tidak sabar. Kita cenderung melihat kesalahan sebagai bukti bahwa kita masih sakit, gila, tolol, atau terlalu rusah untuk bisa pulih.

Sebenarnya, kesalahan adalah bagian yang sangat vital dan penting dari kemanusiawian. Khususnya bagi orang-orang yang keras kepala (misalnya pecandu), kesalahan kerap merupakan guru terbaik kita. Tidak perlu malu membuat kesalahan. Sebenarnya, membuat kesalahan kerap menunjukkan kesiapan kita untuk mengambil resiko dan untuk tumbuh.

Meski begitu, sangat membantu kalau kita bisa belajar dari kesalahan kita; mengulang kesalahan yang sama adalah tanda bahwa kita masih tersangkut. Dan mengharapkan hasil berbeda dengan melakukan kesalahan lama yang sama - nah, itu adalah apa yang kita sebut sebagai “ketidakwarasan!" atau belagak gila. Tidak akan berhasil!

Hanya untuk hari ini:

Kesalahan bukanlah tragedi. Tapi tolongkah, Kekuatan yang Lebih Tinggi, bantulah aku untuk belajar dari kesalahan-kesalahanku!

===============================================================================

JFT 15 Mei

Ketakutan Akan Langkah Ke 4

“Semakin dekat kita pada langkah ini, kebanyakan dari kita takut akan adanya monster dalam diri kita yang jika dilepaskan akan menghancurkan kita”.

Basic Text. Hal. 27

Kebanyakan dari kita takut melihat diri kita sendiri, menyelidiki ke dalam diri kita. Kita takut jika kita memeriksa tindakan & motif kita, kita akan menemukan lubang hitam tanpa ujung akan ke egoisan dan kebencian. Tetapi dalam melakukan langkah ke 4, kita akan menemukan bahwa ketakutan-ketakutan itu tidak benar. Kita manusia, sama seperti orang lain tidak lebih, tidak kurang.

Kita semua memiliki watak kepribadian yang tidak kita banggakan. Pada hari yang buruk, kita mungkin berpikir bahwa kesalahan-kesalahan kita lebih parah daripada kesalahan orang lain. Kita akan memiliki masa-masa meragukan diri sendiri. Kita mungkin bahkan mempertanyakan keberadaan kita. Tetapi jika kita dapat membaca pikiran sesama anggota, kita akan menemukan perjuangan yang sama.

Kita tidak lebih baik atau lebih buruk dari orang lain. Kita hanya dapat merubah apa yang kita ketahui dan pahami. Daripada terus untuk takut pada apa yang terkubur didalam kita, kita dapat membawanya keluar. Kita tidak akan lagi merasa takut dan pemulihan kita akan sukses dalam cahaya penuh dari kewaspadaan diri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya takut pada apa yang tidak saya ketahui. Saya akan membuka ketakutan-ketakutan saya dan membiarkannya

===============================================================================

JFT 16 Mei

Kehendak kekuatan Yang Lebih Tinggi kita

“Kehendak Tuhan atas diri kita menjadi kehendak diri kita sendiri dan untuk kita sendiri."

Teks Dasar, hal 46

Duabelas Langkah merupakan langkah menuju kebangkitan spiritual. Kebangkitan ini mengambil bentuk dari pengembangan hubungan dengan Kekuatan Yang Lebih Tinggi. Setiap langkah yang sukses memperkuat hubungan kita. Karena kita tetap menjalankan langkah-langkah, hubungan kitapun tumbuh, dan bahkan menjadi lebih penting daripada kehidupan kita sendiri.

Dalam menjalankan langkah-langkah, kita membuat keputusan pribadi yang memungkinkan Kekuatan Yang Lebih Tinggi menuntun kita. Bahwa tuntutan tersebut selalu tersedia: kita hanya memerlukan kesabaran untuk mencarinya. Seringkali, bahwa tuntutan merupakan manifestasi kearifan yang kita sebut dengan kesadaran diri/kata hati.

Apabila kita membuka hati kita cukup lebar untuk merasakan tuntutan Kekuatan Yang Lebih Tinggi, kita merasa adanya ketenteraman. Kedamaian ini merupakan menara yang menuntun kita melalui perasaan-perasaan kita yang menyusahkan, dan menyediakan tuntunan yang jelas ketika pikiran kita sedang sibuk dan bingung. Apabila kita mencari dan mengikuti kehendak Tuhan atas diri kita, kita mendapatkan kenikmatan dan kesenangan yang sering kali dapat menyelamatkan diri kita ketika kita terpukul. Ketakutan atau keraguan dapat mengaburkan kita ketika kita berusaha untuk melaksanakan kehendak Kekuatan Yang Lebih Tinggi, tetapi kita telah belajar mempercayai saat-saat yang terang. Kebahagiaan terbesar kita ada apabila kita mengikuti kehendak Tuhan yang kita cintai.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berusaha memperkuat hubungan saya dengan Kekuatan Yang Lebih Tinggi, saya tahu dari pengalaman bahwa pengetahuan akan kehendak Kekuatan Yang Lebih Tinggi memungkinkan perasaan yang tenang, arahan dan ketenteraman

===============================================================================

JFT 17 Mei

Kecacatan

“Kita sudah sepenuhnya siap untuk Tuhan menyingkirkan semua kecacatan karakter kita”.

Langkah Ke 6

Sesudah berbicara langkah ke 6, banyak dari kita menyita banyak waktu mengingat-ingat meneliti sifat dari kesalahan-kesalahan kita dan bagian yang mereka mainkan yang membuat kita menjadi diri kita sekarang. Apa jadinya hidup kita tanpa, berbicara keangkuhan kita?

Yakin keangkuhan telah menjauhkan kita dari orang-orang, mencegah kita dari menikmati dan belajar dari mereka. Tapi keangkuhan juga telah melayani kita dengan baik, menopang ego kita dalam menghadapi harga diri rendah. Keuntungan apa yang dapat jika keangkuhan kita di hilangkan dan semangat apa yang akan kita tinggalkan.

Dengan hilangnya keangkuhan, kita akan satu langkah lebih dekat untuk memperbaiki tempat kita semestinya di antara yang lain. Kita akan menjadi bisa menghargai pergaulan atau teman mereka dan kebijaksanaan mereka tantangan mereka seperti tandingan mereka. Support kita dan bimbingan akan datang jika kita memilih atau memutuskan dari kepedulian yang di tawarkan melalui Kekuatan Terbesar kita, “Rasa rendah diri” akan berhenti menjadi persoalan.

Satu demi satu, kita memeriksa kecacatan karakter kita dan menemukan semua itu punya cacat. Bagaimanapun, itu sebabnya mereka menyebutnya cacat atau kecacatan. Dan akankah kita sepenuhnya siap untuk Tuhan menyingkirkan, semua itu? Ya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan sepenuhnya menyadari semua kecacatan karakter saya untuk di temukan atau saya siap untuk Tuhan berdasarkan pengertian saya untuk menyingkirkan semua itu

===============================================================================

JFT 18 Mei

Teman dan perubahan - membuatnya sederhana

“Kita membuat perubahan-perubahan langsung terhadap orang-orang yang mungkin, kecuali apabila kita melakukannya kita akan melukai mereka atau orang lain."

Langkah Kesembilan

Dalam setiap hubungan, kita tidak selalu menangani masalah sesuai dengan apa yang kita harapkan. Tetapi, persahabatan tidak harus berakhir apabila kita membuat kesalahan: tetapi sebaliknya kita dapat membuat perubahan. Apabila kita tulus bermaksud menerima tanggung jawab yang terlibat di dalam persahabatan dan melakukan perubahan yang diperlukan, persahabatan-persahabatan itu dapat menjadi lebih kuat dan lebih kaya dari pada sebelumnya.

Membuat perubahan merupakan hal sederhana. Kita mendekati orang yang telah kita sakiti dan berkata "saya salah." Kadang-kadang kita menghindari permasalahan ini, menghindari penerimaan bagian kita sendiri. Tetapi perubahan ini merusak Langkah Kesembilan, supaya perubahan-perubahan menjadi lebih efektif, kita harus membuatnya sederhana: kita mengakui bagian kita dan membiarkannya apa adanya.

Tentunya akan ada saat-saat tertentu teman-teman tidak menerima perubahan-perubahan kita. Mungkin mereka perlu waktu untuk memproses apa yang telah terjadi. Apabila itu masalahnya, kita harus memberikan mereka kesempatan tersebut. Yang perlu kita lakukan adalah kita mengakui bahwa kitalah yang salah, bukan mereka. Kita telah melakukan peran kita, sisanya di luar jangkauan kita.

Hanya untuk hari Ini :

Saya ingin menjadi seorang teman yang bertanggung jawab. Saya berusaha untuk membuatnya sederhana ketika kita melakukan perubahan

===============================================================================

JFT 19 Mei

Inventori Pertumbuhan

“Kita mengulangi kembali penampilan lama kita dan perilaku kita sekarang untuk melihat apa yang kita ingin tetapi kita inginkan & apa yang ingin kita buang”.

Basic Text. Hal. 29

Dengan berakhirnya setiap hari kebanyakan dari kita merenungkan masa lalu selama 24 jam & memikirkan bagaimana kita dapat hidup secara berbeda di masa depan. Sangatlah mudah bagian pikiran kita untuk tetap terperangkap dalam (rutinitas yang membosankan), mengganti oli mobil, menjaga agar ruang tamu tetap bersih atau membersihkan kandang kucing. Kadang-kadang butuh usaha khusus untuk mengeluarkan pikiran kita dari hidup harian yang membosankan dan pindah ke jalur yang lebih tinggi.

Satu pertanyaan mudah dapat menaruh kita pada jalan yang tinggi : menurut kita apa yang di inginkan oleh Kekutan Lebih Tinggi kita bagi kita besok? Mungkin kita perlu mengembangkan kontak sadar kita dengan Tuhan dengan pemahaman kita yang paling goyah. Mungkin selama ini kita tidak nyaman dengan pekerjaan atau hubungan kita berpegang hanya karena rasa takut. Kita mungkin menyembunyikan beberapa kecacatan karakter yang menyulitkan, takut untuk membaginya dengan sponsor kita.

Pertanyaannya adalah kita benar-benar ingin bertumbuh dalam bagian hidup kita yang mana. Dengan berakhirnya setiap hari, kita menemukan bahwa sangatlah bermanfaat untuk mengambil waktu untuk kita habiskan dengan Kekuatan Lebih Tinggi kita. Kita dapat mulai merenungkan apa yang akan paling menguntungkan program spiritual kita di hari esok. Kita memikirkan tentang bagian-bagian dimana kita telah bertumbuh baru-baru ini dan bagian-bagian yang masih membutuhkan kerja dari kita. Cara apa lagi yang lebih baik untuk mengakhiri hari?

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan meluangkan waktu pada akhir suatu hari dan berkomunikasi dengan Kekuatan lebih Tinggi kita. Saya akan memeriksa kembali hari yang telah lalu, merenungkan secara mendalam apa yang menghalangi saya dan niatan kekuatan Lebih Tinggi saya untuk hidup saya

===============================================================================

JFT 20 Mei

Keluar dari pengisolasian

“Kita mendapatkan diri kita melakukan dan menikmati hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan akan kita lakukan."

Teks Dasar, hal 98

Kecanduan aktif membuat kita terisolasi karena berbagai alasan. Pada awalnya, kita menghindari keluarga dan teman-teman supaya mereka tidak mengetahui bahwa kita menggunakan narkoba. Beberapa dari kita menghindari semua orang yang bukan pecandu, kita khawatir akan pukulan moral dan akibat hukum yang ditimbulkannya. Kita meremehkan orang-orang yang memiliki kehidupan normal dengan keluarga dan hobi mereka kita menyebut mereka "tidak nyaman," dan percaya bahwa kita tidak dapat menikmati kesenangan hidup yang sederhana. Akhirnya, kita bahkan menghindari para pecandu lain karena kita tidak ingin berbagi narkoba yang kita miliki. Kehidupan ini menjadi semakin sempit, dan perhatian kita menjadi terbatas pada perawatan harian atas penyakit kita.

Hari ini kehidupan kita terasa lebih penuh. Kita menikmati kegiatan-kegiatan dengan para pecandu lain yang sedang dalam proses pemulihan. Kita memiliki waktu untuk keluarga kita. Dan kita telah menemukan hal lain yang dapat memberikan kenikmatan. Perubahan apa yang telah kita alami! Kita dapat hidup sama terisinya dengan orang-orang normal yang dulu kita cemoohkan. Kenikmatan telah kembali ke dalam hidup kita dan ini sebenarnya merupakan hadiah dari kepulihan.

Hanya untuk hari Ini :

Saya dapat menemukan kesenangan di dalam rutinitas sederhana dari kehidupan sehari-hari saya

===============================================================================

JFT 21 Mei

Tetap Datang Lagi!

“Pertemuan-pertemuan menjaga kita tetap berhubungan dengan tempat dimana kita pernah berada, tetapi lebih penting lagi dengan tempat yang dapat kita tuju dalam pemulihan kita”.

Basic Text. Hal. 54

Pecandu sangatlah berbeda dalam banyak cara. Sewaktu datang ke NA kita menemukan orang lain seperti kita, orang-orang yang dapat memahami kita dan dapat kita pahami. Kita tidak lagi merasa seperti makhluk asing, orang asing kemana pun kita pergi. Kita berada di rumah dalam pertemuan NA, diantara teman-teman. Kita tidak berhenti menjadi pecandu setelah bersih untuk beberapa waktu. Kita tetap perlu bersimpati dengan pecandu lain. Kita terus datang ke NA meeting untuk tetap berhubungan dengan siapa diri kita, darimana kita berasal dan kemana tujuan kita.

Setiap meeting mengingatkan kita bahwa kita tidak dapat menggunakan drugs dengan sukses. Setiap meeting mengingatkan kita bahwa kita tidak akan dapat disembuhkan, tetapi dengan menerapkan prinsip-prinsip program kita dapat pulih dan setiap meeting menawarkan kita contoh dan pengalaman dari para pencandu lain yang sedang menjalani pemulihan. Di meeting kita melihat bagaimana orang-orang yang berbeda mengerjakan program mereka dan hasilnya dapat dilihat dalam hidup mereka.

Jika kita menginginkan hidup yang kita lihat dijalani orang lain, kita dapat menemukan apa yang telah mereka lakukan unutk sampai ke tempat mereka sekarang. Meeting-meeting NA menawarkan kita identifikasi dengan dimana kita pernah berada dan kemana kita dapat pergi. Identifikasi yang tak dapat kita lakukan dan dapatkan di tempat manapun. Itulah yang membuat kita tetap datang lagi.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menghadiri suatu pertemuan NA untuk mengingatkan diri saya siapa saya sebenarnya, tempat asal saya dan tujuan saya dalam pemulihan saya

===============================================================================

JFT 22 Mei

Tanda-tanda Pencerahan Spiritual

“Langkah-langkah membawa kita kepada suatu pencerahan yang sifatnya spiritual. Perubahan ini ditunjukkan oleh perubahan-perubahan di hidup kita”.

Basic Text. Hal. 48

Kita tahu cara mengenali penyakit adiksi. Gejala-gejalanya tak dapat dibantah. Di samping keinginan tak terkontrol untuk memakai drugs, mereka yang menderita juga menunjukkan sikap egois dan terpusat pada diri sendiri. Sewaktu adiksi kita sedang ada di ‘puncak’nya, jelas sekali bahwa kita berada dalam rasa sakit yang hebat. Dengan kejam kita menghakimi diri kita & orang lain, menghabiskan sebagian besar waktu kita mengkhawatirkan atau mencoba mengontrol hasil dari segala sesuatu.

Sama seperti penyakit adiksi yang mempunyai gejala-gejala yang jelas, begitu juga pencerahan spiritual mudah dilihat dengan adanya gejala-gejala yang jelas dalam seorang pecandu dalam pemulihan. Kita mungkin memperhatikan kecenderungan untuk berpikir dan bertindak secara spontan, hilangnya minat menghakimi atau menafsirkan tindakan-tindakan orang lain, kemampuan untuk menikmati setiap waktu yang ada dan juga murah senyum.

Jika kita melihat seseorang menunjukkan tanda-tanda pencerahan spiritual, kita harus menyadari bahwa pencerahan semacam itu menular. Tindakan terbaik yang dapat kita lakukan adalah untuk dekat dengan orang-orang ini. Dengan kita mulai sering mengalami peristiwa-peristiwa yang dipenuhi rasa terima kasih, meningkatnya pengertian akan cinta kasih yang disampaikan teman-teman kita sesama anggota dan dorongan tak terkendali untuk membalasnya kita akan menyadari bahwa kita juga memperoleh pencerahan spiritual.

Hanya Untuk Hari Ini :

Keinginan terbesar saya adalah memperoleh pencerahan spiritual. Saya akan memperhatikan tanda-tandanya dan bersuka cita ketika saya menemukannya

===============================================================================

JFT 23 Mei

Penebusan Dan Sponsor

“Kita ingin bebas dari rasa bersalah kita tetapi kita tidak ingin melakukannya dengan memperolok orang lain”.

Basic Text. Hal. 39

Hadapilah bahwa kebanyakan dari kita meninggalkan jejak kerusakan di belakang kita dan menyakiti siapapun yang menghalangi kita. Beberapa orang yang kita sakiti dalam adiksi kita adalah orang-orang yang paling kita sayangi. Dalam usaha membersihkan diri dari rasa bersalah yang kita rasakan atas apa yang kita lakukan, kita mungkin tergoda untuk berbagi dengan orang-orang yang kita sayangi dengan detil-detil mengerikan, hal-hal yang lebih baik tidak di bicarakan. Pengungkapan semacam itu lebih banyak merusak bukan memperbaiki.

Langkah ke 9 bukan masalah meringankan rasa bersalah kita, tetapi tentang mengambil tanggung jawab atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan. Dalam mengerjakan langkah ke 8 dan ke 9 kita, kita harus mencari bimbingan sponsor kita dan penebusan kesalahan dalam cara yang tidak akan memperbanyak hutang penebusan kita. Kita tidak hanya mencari kebebasan dari penyesalan kita mencari penebusan dari kecacatan karakter kita. Kita tidak ingin lagi membebani/menyakiti orang-orang yang kita sayangi. Satu cara untuk memastikan bahwa kita tidak melakukannya adalah dengan melakukan langkah ke 9 dengan bertanggung jawab, memeriksa motif kita & mendiskusikannya dengan sponsor kita penebusan-penebusan tertentu yang kita rencanakan sebelum kita melakukannya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya ingin bertanggung jawab atas tindakan-tindakan saya. Sebelum melakukan penebusan apapun, saya akan membicarakannya dengan sponsor saya

===============================================================================

JFT 24 Mei

Mengambil Resiko Untuk Terbuka

“Sejalan dengan pertumbuhan kita, kita belajar mengatasi kecenderungan untuk lari dan bersembunyi dari diri kita dan perasaan-perasaan kita”.

Basic Text. Hal. 81

Dari pada mengambil resiko untuk terbuka, kebanyakan dari kita mengembangkan kebiasaan yang menjaga orang lain tetap berada dalam jarak yang sama. Pada isolasi emosional ini dapat menyebabkan kita merasa terkunci tanpa harapan di balik topeng-topeng kita. Dulu kita mempertaruhkan hidup kita, sekarang kita dapat mempertaruhkan perasaan-perasaan kita. Dengan berbagi dengan pecandu lainnya kita mengetahui bahwa kita tidak unik, kita tidak membuat diri kita menjadi rentan dengan tidak seharusnya hanya dengan memberitahukan orang lain siapa diri kita, karena kita di kelilingi orang-orang baik.

Dengan mengerjakan 12 Langkah dari program NA, kita bertumbuh dan berubah. Kita tidak lagi ingin atau perlu menyembunyikan munculnya/berkembangnya diri kita. Kita di tawarkan kesempatan untuk melepaskan penyamaran emosional yang kita lakukan untuk bertahan melewati adiksi aktif kita.

Dengan membuka diri kita pada orang lain, kita mengambil resiko untuk menjadi terbuka, tetapi resiko itu sesuai dengan apa yang kita akan terima. Dengan bantuan sponsor kita & pecandu dalam pemulihan lainnya, kita belajar untuk mengekpresikan perasaan kita dengan jujur & terbuka. Sebaliknya kita di isi & di dorong oleh cinta tak terkondisi dari teman-teman kita. Dengan mempraktekkan prinsip spiritual, kita menemukan kekuatan & kebebasan, baik dalam diri kita maupun orang-orang di sekitar kita. Kita di bebaskan untuk menjadi diri kita & menikmati persahabatan dengan sesama pecandu.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berbagi dengan pecandu dalam pemulihan lainnya secara jujur dan terbuka. Saya akan mengambil resiko untuk membuka diri dan merayakan diri saya & persahabatan saya dengan anggota NA lainnya. Saya akan bertumbuh

===============================================================================

JFT 25 Mei

Perasaan-perasaan ‘Buruk’ Dan ‘Baik’

“Banyak yang terjadi dalam 1 hari, baik negatif maupun positif. Jika kita tidak mengambil waktu untuk menghargai keduanya, mungkin kita akan kehilangan sesuatu yang akan membantu kita berkembang”.

IP. No. 8, ”Just For Today”


Kebanyakan dari kita tampaknya secara tidak sadar menilai apa yang terjadi di dalam hidup kita sebagai baik atau buruk, hal-hal ‘baik’ dan marah, frustrasi atau merasa bersalah akan yang ‘buruk’. Perasaan baik dan buruk, sering tidak ada hubungannya dengan apa yang sebenarnya baik atau buruk untuk kita. Kita mungkin belajar lebih banyak dari kegagalan kita di banding kesuksesan kita, terutama jika kegagalan terjadi akibat resiko yang kita ambil.

Memasang penilaian yang menghakimi pada reaksi emosional meningkatkan kita pada cara berpikir lama kita. Kita dapat merubah cara berpikir kita tentang kejadian dalam hidup setiap hari, melihatnya sebagai kesempatan bertumbuh, bukan sebagai baik atau buruk. Sewaktu kita melakukan ini, kita belajar sesuatu setiap harinya. Langkah ke 10 harian kita adalah alat yang sangat bagus untuk mengevaluasi peristiwa harian dan belajar baik dari kesuksesan maupun kegagalan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya di tawarkan kesempatan untuk menerapkan prinsip-prinsip pemulihan agar saya dapat belajar dan bertumbuh. Sewaktu saya belajar dari kejadian dalam hidup, saya berhasil

===============================================================================

JFT 26 Mei

Kekuatan Dalam Kelompok

“Permohonan kita akan kekuatan lebih tinggi terserah pada kita. Kita dapat menyebutnya kelompok, program atau Tuhan”.

Basic Text. Hal. 24

Kebanyakan dari kita sulit menerima ide tentang Kekuatan Lebih Tinggi sampai kita menerima secara penuh dalamnya ketidak berdayaan kita terhadap adiksi. Jika kita telah melakukannya, kebanyakan kita paling tidak bersedia memikirkan untuk mencari bantuan suatu Kekuatan yang Lebih Besar dari penyakit kita. Pengalaman pertama kita dengan Kekuatan semacam itu tadi adalah dalam kelompok NA. Mungkin disitulah kita harus mulai untuk mengembangkan pemahaman kita akan Tuhan.

Satu bukti dari Kekuatan dalam kelompok adalah cinta tidak terkondisikan yang di tunjukan sewaktu anggota NA saling membantu tanpa mengharap balasan. Pengalaman kolektif kelompok dalam pemulihan itu sendiri adalah Kekuatan Lebih Besar dari kekuatan kita sendiri, Karena kelompok memiliki pengetahuan praktis tentang apa yang bekerja dan apa yang tidak. Dan kenyataan bahwa pecandu tetap datang ke pertemuan-pertemuan NA, hari demi hari adalah perwujudan kehadiran suatu Kekuatan yang Lebih Tinggi, suatu Kekuatan yang menarik & peduli yang sedang bekerja membantu para pecandu tetap bersih dan bertumbuh.

Semua ini adalah bukti Kekuatan yang dapat ditemukan dalam kelompok-kelompok NA. Jika kita melihat sekeliling dengan pikiran terbuka, masing-masing dari kita akan mampu mengidentifikasi tanda-tanda lain dari kekuatan itu. Tidak peduli apakah kita menyebutnya Tuhan, Suatu Kekuatan Lebih Tinggi atau apa saja selama kita menemukan jalan untuk melibatkan kekuatan itu dalam hidup kita sehari-hari.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membuka mata dan pikiran saya terhadap tanda-tanda Kekuatan yang ada dalam kelompok NA saya. Saya akan memanggil Kekuatan itu untuk membantu saya tetap bersih

===============================================================================

JFT 27 Mei

Bertemu dengan tantangan-tantangan harian

"...keputusan untuk memohon bantuan Tuhan merupakan sumber kekuatan dan keberanian terbesar kita."

Teks Dasar, hal 26

Tantangan merupakan sesuatu yang membuat kita berani untuk berhasil. Hal-hal baru yang tak kita kenal berfungsi sebagai tantangan, apakah hal-hal tersebut tampak baik atau buruk bagi kita. Kita tetantang oleh hambatan-hambatan dan pertentangan dari dalam diri kita sendiri dan dari keadaan tidak ada. Hal-hal baru dan sulit, hambatan-hambatan dan pertentangan, semaunya merupakan bagian dari kehidupan. Hidup bersih berarti belajar menerima tantangan.

Banyak diantara kita secara sadar ataupun tidak sadar menggunakan narkoba untuk menghindari tantangan tersebut. Banyak diantara kita sama-sama takut akan kegagalan dan keberhasilan. Setiap kali kita menolak tantangan pada satu hari kita menderita rasa harga diri. Beberapa diantara kita menggunakan narkoba untuk menutupi rasa malu kita. Setiap kali kita melakukannya, kita semakin tidak berdaya menghadapi tantangan dan cenderung semakin banyak menggunakan narkoba.

Dengan menjalankan program NA, kita mendapatkan alat-alat yang kita perlukan untuk dapat menghadapi tantangan-tantangan dengan berhasil. Kita telah percaya dengan Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri, satu Kekuatan yang peduli akan kehendak dan kehidupan kita. Kita telah memohon Kekuatan tersebut untuk menghilangkan karakter-karakter jelek kita, yaitu hal-hal yang membuat hidup kita menjadi tidak dapat diatur. Kita telah mengambil tindakan untuk mengembangkan hubungan sadar kita dengan Kekuatan Yang Lebih Tinggi. Melalui langkah-langkah ini, kita telah diberikan kemampuan untuk berhenti menggunakan narkoba dan memulai hidup.

Setiap hari, kita berhadapan dengan tantangan baru. Dan setiap hari, dengan menjalankan program pemulihan kita, kita diberikan karunia untuk berani menerima tantangan-tantangan tersebut.

Hanya untuk hari ini:

Saya akan memohon Kekuatan Yang Lebih Tinggi saya untuk membantu saya secara jujur menghadapi tantangan-tantangan hari ini


JFT 28 Mei

Sebagaimana Kita Mengerti

“Kita memeriksa kehidupan kita dan menemukan siapa diri kita sebenarnya. Menjadi benar-benar rendah diri untuk jujur & menerima diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 35

Sewaktu adiksi aktif, penyakit kita telah merusak kepribadian kita. Kita bisa menjadi siapa saja/apa saja yang kita perlukan untuk mendapatkan “pembetulan/pembenaran” kita. Kita akan melangsungkan hidup, beradaptasi dengan mudah di setiap keadaan dalam kehidupan adiksi aktif. Setelah kita memulai pemulihan kita, kita masuk ke dalam kehidupan yang baru dan berbeda.

Banyak dari kita tidak mempunyai gambaran perilaku apa yang semestinya untuk kita dalam setiap situasi. Beberapa dari kita tidak tahu bagaimana berbicara pada orang lain, bagaimana berpakaian-atau bagaimana untuk berperilaku di tempat umum. Kita tidak dapat menjadi diri kita sendiri karena kita tidak tahu siapa diri kita lagi. 12 Langkah memberikan kita cara yang mudah untuk menemukan siapa diri kita sebenarnya. Kita tidak menutupi aset-aset kita dan kecacatan-kecacatan kita dan sesuatu yang kita suka tentang diri kita dan sesuatu yang tidak menggembirakan kita.

Melalui penyembuhan dari 12 Langkah kita mulai mengerti bahwa kita individu-individu, menciptakan siapa kita dari kekuatan yang lebih besar sebagaimana kita memahamiNya. Penyembuhan yang sebenarnya di mulai ketika kita mengerti bahwa jika kekuatan yang lebih besar menciptakan kita sebagaimana adanya, seharusnya tidak apa-apa menjadi siapa diri kita sebenarnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Dengan mengerjakan langkah-langkah saya akan mengalami kebebasan untuk menjadi diri saya, menjadi orang yang di inginkan oleh kekuatan yang lebih besar saya

===============================================================================J

JFT 29 Mei

Bawalah saya

“Kita percaya bahwa Kekuatan Yang Lebih Tinggi akan perduli dengan diri kita."

Teks Dasar, hal 55

Kita semua memiliki saat-saat ketika tampaknya seolah-olah kehidupan kita hancur. Ada hari-hari atau bahkan minggu-minggu, ketika segala sesuatunya tampak dapat menjadi salah dan betul-betul salah. Apakah itu kehilangan pekerjaan, kematian orang yang kita cintai, atau akhir hubungan kita, kita ragu apakah kita dapat bertahan hidup dengan kejadian-kejadian tersebut.

Pada saat segala sesuatu di dunia ini bertabrakan, kita mendapatkan kekuatan yang paling besar kepada Kekuatan Yang Lebih Tinggi yang kita cintai. Tidak ada manusia yang dapat membebaskan kita dari penderitaan: kita menyadari bahwa hanya perhatian Tuhan yang dapat menyediakan kesenangan yang kita cari. Kita merasa rusak tetapi kita tetap bertahan, karena kita menyadari bahwa kehidupan kita dapat diperbaiki.

Karena kita membuat kemajuan di dalam masa pemulihan dan karena kekuatan kita kepada Kekuatan Yang Lebih Tinggi kita tumbuh dan kita masih yakin bahwa kita dapat melewati masa-masa sulit tersebut dengan satu harapan, sekalipun kita merasa sangat sakit. Kita tidak perlu kecewa, karena kita mengetahui bahwa perhatian Kekuatan Yang Lebih Tinggi kita akan membawa kita apabila kita tidak dapat berjalan sendirian.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bergantung pada perhatian Tuhan melalui masa-masa sulit dengan menyadari bahwa Kekuatan Yang Lebih Tinggi saya selalu akan ada di sana

===============================================================================

JFT 30 Mei

Kesendirian Melawan Menjadi Sendiri

“Berbagi dengan yang lainnya menjaga kita dari perasaan terisolasi dan sendirian”.

Basic Text. Hal. 81

Ada perbedaan antara menjadi sendirian dan menjadi kesepian. Menjadi kesepian adalah yang di rasakan dalam hati, kekosongan yang membuat kita merasa sedih dan kadang kala menjadi sia-sia. Kesepian tidak selalu berkurang ketika kita masuk ke dalam hubungan atau mengelilingi diri kita dengan yang lain. Sebagian dari kita kesepian bahkan di dalam ruangan yang penuh dengan orang. Banyak dari kita datang ke NA dengan kesepian yang buruk dari adiksi kita. Setelah datang ke pertemuan-pertemuan, kita mulai membuat teman-teman yang baru. Dan seringkali perasaan-perasaan kesepian mereda. Tapi banyak dari kita harus menentang kesepian sepanjang pemulihan kita.

Apakah obat atau penyembuhan untuk kesepian? Penyembuhan yang terbaik adalah untuk memulai suatu hubungan dengan kekuatan yang lebih besar yang dapat membantu mengisi kekosongan dalam hati kita. Kita menemukan bahwa ketika kita mempunyai kepercayaan pada kekuatan yang lebih besar, kita tidak akan pernah merasa kesepian. Kita dapat menjadi sendirian dengan lebih nyaman ketika kita mempunyai kontak kesadaran dengan Tuhan sebagaimana pengertian kita.

Kita seringkali menemukan pemenuhan yang sangat dalam, dalam interaksi kita dengan yang lain sebagaimana kemajuan kita dalam pemulihan kita. Namun kita juga menemukan itu makin dekat gambaran kita pada kekuatan yang lebih besar, makin sedikit atau berkurang kita butuh untuk mengelilingi diri kita dengan yang lain. Kita mulai menemukan semangat di dalam diri kita bahwa petunjuk terus menerus kita sebagaimana kita meneruskan untuk menjelajahi & memperdalam hubungan kita dengan kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri. Kita menyadari secara spiritual kita berhubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mengambil kenyamanan dalam kontak kesadaran saya dengan kekuatan yang lebih besar. Saya tidak akan pernah sendiri

===============================================================================

JFT 31 Mei

Buat Sederhana

“Kita hidup setiap hari setiap waktu tapi juga dari saat ke saat. Sawaktu kita berhenti hidup disini & sekarang, masalah-masalah kita menjadi besar tidak beralasan”.

Basic Text. Hal. 96

Kehidupan sering seperti tertalu membingungkan untuk di mengerti, khususnya untuk beberapa dari kita. Yang menghindari untuk itu untuk waktu yang lama. Sewaktu kita berhenti pemakaian obat-obatan, banyak dari kita tiba dari muka ke muka dengan dunia yang membingungkan meskipun menakutkan. Melihat pada kehidupan & semua rinciannya, semua menjadi satu mungkin berlebihan. Kita pikir bahwa mungkin kita tidak dapat berguna untuk di coba. Pikiran-pikiran ini memasuki diri mereka & dalam waktu yang cepat mereka melumpuhkan gabungan imajinasi dari kehidupan.

Kebahagiaan, kita tidak punya atau dapat memperbaikinya menjadi satu. Menyelesaikan masalah itu sendiri seperti menjadi mungkin, jadi kita membuat itu menjadi satu setiap waktu. Kita menjaga setiap saat itu datang & kemudian kita menjaga saat yang akan datang ketika muncul. Kita belajar untuk tetap bersih hanya untuk hari ini & kita kedatangan setiap-setiap masalah kita pada jalan yang sama. Ketika kita hidup pada kehidupan setiap saatnya, itu tidak sangat menakutkan. Sekali bernafas setiap waktunya, kita tetap dapat bersih & belajar untuk hidup.

Hanya Untuk Hari Ini :


Saya akan membuat itu sederhana dengan hanya menghidupi pada saat ini. Hari ini saya akan mengambil hanya masalah-masalah hari ini, saya akan meninggalkan masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar