Selasa, 21 Agustus 2018

Hanya Untuk Hari Ini: Maret

JFT 1 Maret

Serangan Ke Khawatiran

“Kekuatan yang membawa kita ke program ini masih bersama kita & akan terus menuntun kita apabila kita memungkinkannya”.

Basic Text. Hal. 26

Pernah diserang panik? Kemanapun kita berpaling, kehidupan selalu meliputi kita. Kita menjadi lumpuh & tidak mengetahui apa yang harus kita lakukan. Bagaimana kita mengatasi serangan panik?

Pertama, kita harus berhenti. Kita tidak dapat mengatasi segala sesuatunya seketika, maka kita perlu berhenti sementara untuk membiarkan segala sesuatunya tenang. Kemudian kita melakukan ‘inventaris seketika” terhadap hal-hal yang mengganggu kita. Kita memeriksa setiap hal, menanyakan diri kita sendiri pertanyaan berikut : “seberapa penting hal ini sebenarnya?” Dalam sebagian besar kasus, kita akan mendapatkan bahwa sebagian besar rasa takut & perhatian kita tidak memerlukan perhatian segera. Kita dapat menyisihkan hal-hal tersebut & berfokus pada permasalahan-permasalahan yang betul-betul perlu dipecahkan segera.

Kemudian kita berhenti lagi & bertanya kepada diri kita sendiri, siapa yang memegang kendali di sini? Hal ini akan mengingatkan diri kita sendiri bahwa Kekuataan Yang Lebih Tinggi kita sedang mengendalikan kita. Kita mencari tahu kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar atas situasi ini, apapun yang terjadi. Kita dapat melakukan hal ini dengan beberapa cara : melalui berdoa, berbicara dengan sponsor kita atau teman-teman NA atau menghadiri pertemuan & meminta orang lain untuk berbagi pengalaman mereka. Apabila Kekuatan Yang Lebih Besar kita tampak jelas bagi kita, kita berdoa untuk memiliki kekuatan untuk melaksanakannya. Akhirnya, kita mengambil tindakan.

Serangan panik tidak lagi melumpuhkan kita. Kita dapat menggunakan sumber-sumber dari program NA untuk mengatasi segala masalah yang muncul di jalan kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Kekuatan Yang Lebih Besar saya belum membuat saya pulih selama masa pemulihan. Kekuatan tersebut hanya meninggalkan diri saya. Apabila kehawatiran menyerang saya, saya akan mengambil tindakan-tindakan tertentu untuk terus mencari perawatan & tuntunan Tuhan

===============================================================================

JFT 2 Maret

Keberhasilan

“Apapun bentuk keberhasilan merupakan hal yang menakutkan & tidak kita kenal”.

Basic Text. Hal. 14

Sebelum datang ke NA, hanya sedikit diantara kita yang memiliki banyak pengalaman keberhasilan. Setiap usaha untuk menghentikan pemakaian narkoba yang kita lakukan sendiri berakhir dengan kegagalan. Kita telah mulai menyerah & berharap kita mampu mendapatkan kelegaan dari kecanduan aktif. Kita telah tumbuh & terbiasa dengan kegagalan, mengharapkannya, menerimanya, memikirkannya sebagai bagian dari penghias saja...

Apabila kita hidup bersih, kita mulai mengalami keberhasilan di dalam hidup ini. Kita mulai merasa bangga terhadap prestasi kita. Kita mulai mengambil resiko yang sehat. Kita mungkin mengambil beberapa cela di dalam proses, tetapi hal ini bahkan masih dapat dipertimbangkan sebagai keberhasilan apabila kita belajar dari mereka. Kadang-kadang ketika kita dapat memenuhi tujuan, kita ragu-ragu untuk “menepuk punggung kita sendiri” (menghargai diri kita sendiri) karena takut kita akan menjadi sombong.

Tetapi, Kekuatan Yang Lebih Besar kita menginginkan kita berhasil & menginginkan kita membaginya dengan rasa bangga diri dalam prestasi kita. Apabila kita membagi keberhasilan kita dengan orang lain di NA, mereka sering kali mulai percaya bahwa mereka dapat juga mencapai tujuannya. Apabila kita mulai berhasil, kita membantu meletakkan dasar-dasar bagi orang lain yang mengikuti langkah kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan meluangkan waktu untuk menikmati kesuksesan saya. Saya akan berbagi kemenangan saya dengan “sikap berterima kasih saya”

===============================================================================

JFT 3 Maret

Kambuh Kembali

“Akan tetapi, akan ada masa-masa ketika kita betul-betul ingin menggunakan narkoba. Kita ingin berlari & merasa tidak enak. Kita perlu diingatkan mengenai asal kita & hal ini menjadi lebih jelek pada masa ini. Pada saat inilah kita sangat memerlukan program ini”.

Basic Text. Hal. 78

Apabila kita merenungkan akan kambuh kembali, kita harus berpikir mengenai pemakaian kita dari awal sampai berakhir dengan pahit getir. Banyak diantara kita, pahit getir tersebut ditambah lagi dengan masalah kesehatan, masuk penjara atau bahkan meninggal dunia. Berapa banyak diantara kita yang telah mengetahui orang yang kambuh kembali setelah bertahun-tahun bersih, hanya mati karena penyakit mereka?

Tetapi ada kematian yang disertai dengan kembali ke kecanduan aktif yang mungkin lebih jelek daripada kematian fisik. Hal ini berarti kematian spiritual yang kita alami ketika kita berpisah dari Kekuatan Yang Lebih Besar kita. Apabila kita menggunakan narkoba, hubungan spiritual yang telah kita bina selama bertahun-tahun akan melemah & mungkin lenyap. Kita akan betul-betul merasa kesepian.

Tidak ada keraguan bahwa kita mengalami masa-masa gelap dalam pemulihan kita. Hanya ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk melalui masa-masa sulit tersebut : yaitu dengan taat. Apabila kita percaya Kekuatan Yang Lebih Besar bersama kita, maka kita yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Tanpa memandang betapa jeleknya perasaan kita di dalam pemulihan, kembali menggunakan narkoba bukanlah jawabannya. Kita akan bersama-sama menemukan pemulihan. Apabila kita tetap bersih, kegelapan akan terangkat & kita akan mendapatkan hubungan yang mendalam dengan Kekuatan Yang Lebih Besar. 

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya berterima kasih kepada Kekuatan Yang Lebih Besar saya atas hadiah dari NA. Saya menyadari bahwa kambuh menggunakan narkoba bukan jalan keluar. Apapun tantangan yang saya hadapi, saya akan menghadapinya bersama dengan Tuhan yang saya yakini

===============================================================================

JFT 4 Maret

Proses

“Program ini telah menjadi bagian hidup saya… Saya dapat memahami dengan lebih jelas mengenai hal-hal yang sedang terjadi di dalam kehidupan saya hari ini. Saya tidak lagi menentang proses ini”.

Basic Text. Hal. 162

Dalam kecanduan aktif, hal-hal terjadi tampaknya tanpa alasan yang jelas. Kita sering “melakukan hal-hal” tanpa mengetahui alasannya atau tanpa mengetahui akan seperti apa hasilnya. Nilai & makna kehidupan terasa kecil. Proses Langkah Ke 12 memberikan makna bagi kehidupan kita dengan menjalankan langkah-langkah, kita akan dapat menerima sisi baik & buruk dari kehidupan kita. Kita membuang sifat penolakan yang membuat kita jauh dari pemahaman akan pengaruh-pengaruh kecanduan.

Kita secara jujur memeriksa diri kita sendiri. Memilih pola-pola yang ada di dalam pikiran kita, perasaan kita & tingkah laku kita. Kita mendapatkan kerendahan hati & persfektif hanya dengan betul-betul membuka diri kita kepada manusia lain. Dalam upaya mengurangi kekurangan-kekurangan kita, kita mengembangkan apresiasi kerja dari ketidak berdayaan & kekuatan kita yang disediakan oleh Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita.

Dengan meningkatnya pemahaman kita terhadap diri kita sendiri, kita mendapatkan pemandangan yang lebih mengenai diri kita sendiri & kita dapat menerima orang lain. 12 Langkah merupakan kunci terhadap satu proses yang kita sebut “kehidupan”. Dalam menjalankan langkah-langkah, mereka menjadi bagian kita & kita menjadi bagian dari kehidupan di sekitar kita. Dunia kita tidak lagi tanpa makna, kita dapat memahami lebih banyak mengenai kehidupan kita hari ini. Kita tidak lagi menentang proses. Hari ini, dalam menjalankan langkah-langkah kita dapat menghidupkan proses.

Hanya Untuk Hari Ini :

Kehidupan merupakan satu proses, 12 Langkah merupakan kunci. Hari ini, saya akan menggunakan langkah-langkah tersebut untuk berpartisipasi dalam proses memahami & menikmati diri saya sendiri serta menikmati pemulihan saya

==============================================================================

JFT 5 Maret

Dari Kebangkitan Yang Kasar Menuju Kebangkinan Spiritual

“Apabila kita harus mengakui ketidakberdayaan kita, kita mungkin pertama kali mencari jalan untuk memperoleh kekuatan dalam upaya menentangnya. Setelah lelah dengan cara-cara ini, kita mulai berbagi dengan orang lain dan mendapatkan harapan.”

Basic Text, hal 79

Kita kadang-kadang mendengar di dalam pertemuan-pertemuan kita bahwa “kebangkitan yang kasar dapat menuntun kita menuju kebangkitan spiritual.” Kebangkitan kasar macam apa yang kita miliki di dalam pemulihan? Kebangkitan seperti itu mungkin terjadi apabila beberapa bagian tingkah laku kita yang kita pikir tersembunyi dengan aman tiba-tiba tersingkap dan diketahui oleh dunia ini. Sponsor kita mungkin memancing kebangkitan seperti ini dengan menginformasikan kepada kita bahwa, sama seperti halnya orang lain, kita harus menjalankan langkah-langkah apabila kita ingin hidup bersih dan pulih.

Sebagian besar kita tidak senang apabila sisi-sisi kehidupan yang kita rahasiakan disingkapkan; kita tidak senang dibaringkan di dalam keadaan telanjang bulat. Perjalanan ini mengantarkan dosis kuat melawan rasa rendah hati. Reaksi pertama kita terhadap penyingkapan seperti itu biasanya terkejut dan marah walaupun kita mengetahui itu adalah satu kebenaran. Apa yang kita miliki adalah kebangkitan kasar.

Kebangkitan seperti itu sering kali menyingkap penghalang-penghalang yang menghalangi kita membuat kemajuan spiritual di dalam pemulihan. Sekali penghalang-penghalang tersebut dibuka, kita dapat menjalankan langkah-langkah untuk mulai menghilangkan penghalang-penghalang tersebut dari kehidupan kita. Kita dapat mulai mengalami pemulihan dan ketenangan yang merupakan penghalang bagi kebangkitan jiwa kita yang telah diperbaharui.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan mengenali kebangkitan-kebangkitan spiritual kasar yang saya miliki sebagai kesempatan untuk tumbuh menjadi kebangkitan spiritual

===============================================================================

JFT 6 Maret

Rasionalisasi Menjauhkan Kita Dari Pemulihan

“Sebagai hasil dari menjalankan 12 Langkah, saya tidak mampu menahan cara-cara lama saya untuk menipu diri saya sendiri”.

Basic Text. Hal. 176

Kita semua melakukan rasionalisasi. Kadang-kadang kita menyadari & mengakui kita sedang melakukan rasionalisasi, namun kita tetap berperilaku menurut rasionalisasi kita! Pemulihan dapat menjadi kenyataan yang menyakitkan apabila kita memutuskan bahwa prinsip-prinsip sederhana dari program kita berlaku karena satu alasan tertentu.

Dengan bantuan sponsor kita & orang lain di NA, kita dapat mulai melihat alasan-alasan yang kita pakai di dalam tingkah laku kita. Apakah kita mendapatkan bahwa beberapa prinsip tidak berlaku terhadap diri kita? Apakah kita percaya bahwa kita mengetahui lebih banyak daripada mereka yang telah bersih selama bertahun-tahun? Apa yang membuat kita berpikir bahwa kita begitu spesial?

Tidak ada keraguan, kita dapat dengan sukses melakukan rasionalisasi melalui bagian program pemulihan kita. Tetapi, akhirnya kita harus secara jujur menghadapi kebenaran & mulai bertindak dengan cara yang tepat. Prinsip-prinsip di dalam 12 Langkah menuntun kita menuju kehidupan baru dalam pemulihan. Di sana ada sedikit ruang untuk rasionalisasi.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya tidak dapat menjalankan langkah-langkah & tidak juga membohongi diri saya sendiri. Saya akan memeriksa pemikiran saya untuk melakukan rasionalisasi, menyatakannya kepada sponsor saya & membuangnya

===============================================================================

JFT 7 Maret

Prioritas

“Saat-saat yang menyenangkan dapat menjadi jebakan, bahayanya adalah kita mungkin lupa bahwa prioritas pertama kita adalah untuk hidup bersih”.

Basic Text. Hal. 42

Hal-hal dapat menjadi sangat baik di dalam pemulihan kita. Mungkin kita telah mendapatkan bahwa ‘teman negro’ kita, telah mendapatkan karir yang baik & mulai membangun keluarga. Mungkin hubungan kita dengan anggota keluarga kita telah pulih. Segala hal berjalan baik-baik saja, kita hampir tidak punya waktu untuk menghadiri pertemuan-pertemuan. Mungkin kita mulai berintegrasi dengan masyarakat karena kita mulai berhasil sehingga kita lupa bahwa kita tidak selalu bereaksi terhadap situasi-situasi yang ada seperti orang lain.

Mungkin atau hanya kemungkinan, kita telah membuat beberapa prioritas ke depan lebih jauh daripada mereka. Apakah menghadiri pertemuan masih merupakan prioritas kita? Apakah kita masih menyeponsori? Apakah kita menelpon sponsor kita? Langkah-langkah apa yang kita jalankan? Apakah kita masih berkeinginan untuk menarik diri kita sendiri berangkat dari tempat tidur pada saat-saat yang kurang nyaman untuk memenuhi panggilan Langkah Ke 12? Apakah kita ingat untuk mempraktekkan prinsip-prinsip di dalam semua hubungan-hubungan kita?

Apabila orang lain mencari kita, apakah kita ada? Apakah kita masih ingat asal usul kita atau memiliki ‘masa-masa silam yang indah’ yang membuat kita melupakannya? Untuk hidup bersih, kita harus ingat bahwa kita hanya satu Langkah jauh dari narkoba dari masa silam kita. Kita harus berterima kasih atas masa-masa yang baik ini, tetapi kita tidak membiarkan mereka mengalihkan kita dari menjalankan program pemulihan kita di NA.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya merasa berterima kasih atas masa-masa baik, tetapi saya belum melupakan asal usul saya. Hari ini, prioritas utama saya adalah hidup bersih & tumbuh di dalam masa pemulihan saya

===============================================================================

JFT 8 Maret

Belajar Mencintai Diri Sendiri

“Yang paling kita inginkan adalah merasa nyaman dengan diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 97

“Kami akan mencintaimu sampai dengan Anda dapat belajar mencintai diri Anda sendiri”. Kata-kata ini, sering kali terdengar di dalam pertemuan-pertemuan kita, satu hari yang menjanjikan yang kita nantikan hari ketika kita mengetahui bagaimana untuk mencintai diri sendiri. Kebanggaan diri, kita semua menginginkan kualitas yang sukar untuk dipaham ini begitu kita mendengarnya. Beberapa diantara kita tampaknya tersandung dengan tidak sengaja, sementara orang lain memulainya melalui satu rangkaian tindakan lengkap dengan penguatan-penguatannya menurut sudut pandang kita sendiri.

Teknik-teknik membetulkan diri Anda sendiri & perawatan psikologis hanya dapat membawa kita lebih jauh dari pemulihan. Ada beberapa langkah tertentu & praktis yang dapat kita ambil untuk menunjukkan cinta terhadap diri kita sendiri, baik kita merasakan bahwa itu cinta atau bukan. Kita dapat mengemban tanggung jawab-tanggung jawab pribadi kita.

Kita dapat melakukan hal-hal terbaik untuk diri kita sendiri, sebagaimana yang kita lakukan untuk orang lain yang kita cintai atau teman. Kita dapat mulai memberikan perhatian terhadap kebutuhan diri sendiri. Kita bahkan dapat memperhatikan kualitas-kualitas yang kita hargai dalam diri teman-teman kita seperti kecerdasan & humor & kita sendiri berusaha untuk mendapatkan bahwa kita adalah orang yang dapat dicintai & sekali kita melakukan itu, kita berada tepat dalam cara kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan melakukan sesuatu hari ini yang membantu saya mengenali & mencintai diri saya sendiri

===============================================================================

JFT 9 Maret

Hal-hal Kecil

“Pada masa lalu kita membuat situasi sederhana menjadi masalah, kita membuat masalah-masalah kecil menjadi satu masalah besar”.

Basic Text. Hal. 87

Membuat masalah-masalah kecil menjadi masalah besar tampaknya merupakan spesialisasi kita. Pernahkah Anda mendengar hal ini dikatakan kepada seorang pecandu, ban pecah merupakan peristiwa yang traumatis? Atau begaimana tindakan kita yang lupa dengan semua prinsip keberpura-puraan ketika dihadapan dengan pengemudi yang tidak hati-hati?

& bagaimana sikap kita terhadap pembuka kaleng yang rusak – Anda tahu, pembuka tersebut telah Anda buang keluar melalui jendela dari lantai 2? Kita dapat menghubungkannya ketika kita mendengarkan orang lain berbagi cerita, Tuhan, karuniailah hamba ini dengan rasa sabar sekarang juga!” Tidak, hal ini bukan merupakan kemunduran utama yang membuat kita bingung.

Hal-hal besar seperti perceraian, kematian, sakit parah, kehilangan pekerjaan akan melemparkan kita, tetapi kita menghidupkan hal-hal tersebut. Kita telah belajar dari pengalaman bahwa kita harus mencari Kekuatan Yang Lebih Besar kita & orang lain yang berhasil melalui saat-saat krisis besar.

Hal-hal kecil merupakan tantangan dari hari ke hari untuk hidup tanpa menggunakan narkoba yang tampaknya mempengaruhi sebagian besar pecandu dalam pemulihan. Apabila hal-hal kecil mengganggu kita, ketenangan berdoa dapat membantu kita memperoleh persfektif. Kita semua dapat ingat bahwa “membalikkan” hal-hal kecil ini kepada perawatan Kekuatan Yang Lebih Besar kita akan membawa ketenangan pikiran & menyegarkan perspektif kehidupan kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menjalankan langkah-langkah dengan sabar. Saya akan berusaha untuk tetap mencegah membuat hal-hal diluar proporsinya & berjalan dengan Kekuatan Yang Lebih Besar saya melalui hari demi hari

===============================================================================

JFT 10 Maret

Pemulihan Kita Sendiri

“Langkah-langkah merupakan pemecahan, mereka adalah petunjuk hidup kita. Mereka menjadi benteng pertahanan kita terhadap kecanduan, satu penyakit yang mematikan. Langkah-langkah kita merupakan prinsip-prinsip yang membuat pemulihan kita menjadi hal yang mungkin”.

Basic Text. Hal. 19

Ada banyak hal yang dapat kita senangi di dalam NA. Pertemuan-pertemuan merupakan satu contoh kegiatan yang menajubkan. Kita berkumpul untuk bertemu teman-teman, mendengarkan beberapa cerita yang memberikan inspirasi, berbagi pengalaman praktis, atau bahkan mungkin menghubungkan kita dengan sponsor. Berkemah, konvensi (pertemuan akbar) & menemani seseorang merupakan wujud persahabatan yang menakjubkan & mengasikkan bagi para pecandu yang dalam proses pemulihan.

Tetapi, inti dari program pemulihan kita adalah 12 Langkah & faktanya mereka juga merupakan bagian dari program! Kita telah mendengar perkataan bahwa kita tidak dapat bersih dari narkoba secara berangsur-angsur, dengan kata lain tidak hanya menghadiri pertemuan demi pertemuan, tanpa memandang berapa banyak & berharap untuk mengisap udara pemulihan melalui pori-pori kulit kita. Pemulihan sebagaimana dikatakan orang merupakan pekerjaan di dalam diri kita. & alat-alat yang kita gunakan untuk mengerjakan “pekerjaan di dalam diri kita” merupakan 12 Langkah. 

Dengan mendengar mengenai penerimaan diri tanpa henti-hentinya merupakan satu hal; menjalankan Langkah Pertama untuk diri kita sendiri merupakan sesuatu yang sangat berbeda. Cerita-cerita tentang terjadinya perubahan dapat menjadi sumber inspirasi namun tidak ada yang akan memberikan kita kebesaran dari penyesalan yang mendalam karena kita menerapkan Langkah Ke 9. Hal yang sama juga berlaku bagi semua 12 Langkah. Ada banyak hal yang mengharuskan kita untuk berterima kasih kepada NA, tetapi untuk mendapatkan yang paling banyak dari pemulihan kita, kita harus menjalankan 12 Langkah untuk diri kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya mengajarkan segala sesuatu yang program pribadi saya tawarkan. Saya akan menjalankan langkah-langkah tersebut sendiri

===============================================================================

JFT 11 Maret

Meringankan Beban

“Kita tidak akan menjadi orang yang lebih baik dengan menilai kesalahan-kesalahan orang lain. Kita akan lebih baik apabila membereskan hidup kita ini…”

Basic Text. Hal. 37

Kadang-kadang kita memerlukan sesuatu yang nyata untuk membantu kita memahami apa akibat dari menahan kebencian yang ada & apa akibatnya terhadap diri kita. Kita mungkin tidak menyadari betapa merusaknya rasa benci yang ada di dalam diri kita. Kita berpikir, “jadi apa, saya berhak untuk marah” atau “saya mungkin menyimpan satu atau dua dendam, tetapi saya tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang berbahaya”.

Untuk melihat lebih jelas pengaruh dari penyimpanan rasa benci di dalam kehidupan kita, kita mungkin mencoba membayangkan bahwa kita sedang membawa satu batu untuk setiap rasa benci. Dendam kecil, seperti rasa marah dengan seseorang yang mengemudi dengan tidak hati-hati, mungkin diandaikan dengan satu krikil. Menyimpan rasa sakit ini akan menyebabkan semua kelompok orang diandaikan sebagai sebuah batu besar.

Apabila kita harus betul-betul membawa batu untuk setiap kebencian, kita tentunya akan merasa capai karena terlalu berat. Faktanya semakin berat beban kita, semakin tulus pula kita melepasnya. Rasa berat karena kebencian menghalangi pertumbuhan spiritual kita. Apabila kita betul-betul menginginkan kebebasan, kita akan berusaha sekeras mungkin untuk membuang beban yang ada pada diri kita.

Begitu kita mulai lepas dari beban, kita akan menyadari peningkatan kemampuan kita untuk memaafkan teman-teman kita atas kesalahan mereka & kemampuan untuk memaafkan diri kita sendiri. Kita akan memelihara semangat-semangat kita dengan pemikiran terbaik kita, kata-kata yang baik & pelayanan kepada orang lain.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berusaha melepaskan beban-beban kebencian saya dari jiwa saya

===============================================================================

JFT 12 Maret

Keluar Dari Rute

“Sering kali dalam pemulihan, momok-momok lama akan menghantui kita. Kehidupan mungkin menjadi kembali tak bermakna, monoton & membosankan”.

Basic Text. Hal. 75

Kadang-kadang seolah-olah tampak tidak ada apa-apa yang terjadi. Kita bangun & pergi bekerja melakukan hal yang sama setiap hari. Kita makan malam pada jam yang sama setiap malamnya. Kita menghadiri pertemuan-pertemuan yang sama setiap minggu. Kegiatan ritual yang kita lakukan pagi ini sama dengan kegiatan ritual yang kita lakukan kemarin, kemarin dulu & hari sebelum kemarin dulu. Setelah kehancuran akibat kecanduan & kegilaan kita pada masa awal pemulihan, kehidupan yang stabil mungkin tampak menarik untuk sementara.

Tetapi, akhirnya, kita menyadari bahwa kita menginginkan sesuatu yang lebih. Cepat atau lambat, kita akan merasa bahwa kita tidak mengalami kemajuan, kemudian hidup kita monoton & membosankan. Tentunya ada saat-saat kita merasa betul-betul kecewa dengan pemulihan kita. Kita merasa seolah-olah kita kehilangan sesuatu karena satu alasan, tetapi kita tidak mengetahui apa atau mengapa. Kita membuat daftar rasa terima kasih & menemukan banyak hal yang kita harus berterima kasih.

Semua kebutuhan kita terpenuhi, kehidupan kita mulai terasa lebih penuh & bermakna dari yang kita bayangkan sebelumnya. Jadi, apa yang terjadi sebenarnya? Mungkin ini saatnya potensi kita tumbuh sepenuhnya. Kemungkinan-kemungkinan kita hanya terbatas pada apa yang dapat kita bayangkan. Kita dapat belajar sesuatu yang baru, membuat tujuan baru, membantu pendatang baru atau mencari teman baru. Kita tentunya akan mendapat tantangan-tantangan apabila kita memperhatikannya dengan cermat & kehidupan akan kembali menjadi bermakna, bervariasi & terasa penuh.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan beristirahat dari hal-hal rutin & mengembangkan potensi saya sepenuhnya

===============================================================================

JFT 13 Maret

Satu Orang Spesial

“Dengan seorang sponsor, kita dapat belajar untuk membina hubungan yang berdasar pada kepercayaan & kejujuran. Melalui berbagi pengalaman, sponsor kita dapat mengetahui pertumbuhan pribadi kita”.

IP. No. 11 “Sponsor”

Kita telah meminta kepada seseorang untuk menyeponsori kita & alasan yang kita miliki untuk meminta orang tersebut sama banyaknya dengan jumlah pasir yang ada di pantai. Mungkin kita mendengar bahwa mereka lucu & membawa inspirasi. Mungkin kita berpikir bahwa mereka memiliki mobil yang bagus & kita pikir kita akan memiliki mobil yang bagus pula dengan menjalankan program yang sama dengan yang telah mereka jalankan.

Atau mungkin kita hidup di satu kota kecil & mereka adalah satu-satu orang yang memiliki waktu untuk membantu kita. Apapun alasan awal yang kita miliki untuk mendapatkan sponsor, kita akan betul-betul yakin untuk mendapatkan alasan-alasan kita mempertahankannya. Tiba-tiba mereka membuat kita kagum dengan terpesona & membuat kita ingin tahu apakah mereka telah mengetahui Langkah Ke 4 kita. Atau mungkin kita melalui beberapa saat krisis & pengalaman mereka dengan masalah yang sama akan membantu kita yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kita menelpon mereka dengan bersusah payah & mereka muncul dengan satu kombinasi khusus dengan kata-kata yang baik yang menyediakan kenyamanan seutuhnya. Tak satupun dari perbuatan yang bermakna ini yang berasal dari sponsor kita terjadi secara kebetulan. Mereka sebenarnya telah menyusuri jalan yang kita lalui lebih dahulu. Satu Kekuatan Yang Lebih Besar yang menempatkan satu orang khusus di dalam hidup kita & kita berterima kasih atas kehadiran mereka.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berterima kasih kepada seseorang yang istimewa di dalam hidup saya yaitu sponsor saya

===============================================================================

JFT 14 Maret 

Hubungan-hubungan 

"Juga, inventaris-inventaris kita biasa meliputi hal-hal yang berkenaan dengan hubungan-hubungan kita." 

Teks Dasar, hal 29 

Betapa mengecilkan masalah pernyataan ini! Khusus di dalam pemulihan lanjutan, inventaris menyeluruh mungkin berfokus pada hubungan-hubungan kita dengan orang lain. Kehidupan kita telah tersisih dengan hubungan-hubungan kita dengan kekasih, teman, orang tua, teman sekerja, anak-anak dan orang lain berhubungan dengan kita. Dengan meninjau hubungan-hubungan ini, kita dapat bercerita banyak mengenai karakter penting kita. 

Seringkali katalog inventaris menunjukkan bahwa kebencian kita muncul dari interaksi sehari-hari dengan orang lain. Kita berusaha untuk melihat peran kita di dalam friksi/gesekan-gesekan ini. Apakah kita menempatkan harapan-harapan yang tidak realis dari orang lain? Apakah kita menerapkan standar-standar kita pada orang lain? Apakah kita kadang-kadang tidak bertoleransi? Seringkali hanya dengan penulis inventaris, kita dapat melepaskan beban yang disebabkan oleh hubungan-hubungan kita yang bermasalah. Tetapi, kita harus jujur berbagi inventaris ini dengan orang lain. Dengan cara ini kita akan mendapatkan perspektif yang kita butuhkan di dalam masalah yang kita hadapi dan cara kita mencari pemecahan masalah tersebut. 

Inventaris merupakan salah satu alat yang memungkinkan kita untuk mulai memperbaiki hubungan-hubungan kita. Kita belajar bahwa hari ini, dengan bantuan inventaris kita, kita mulai dapat menikmati hubungan-hubungan kita dengan orang lain. 

Hanya untuk hari ini: 

Saya akan menginventaris bagian peran saya di dalam hubungan-hubungan saya. Saya akan berusaha untuk berperan lebih banyak, bertanggungjawab di dalam hubungan-hubungan saya

===============================================================================

JFT 15 Maret

Merasa Menjadi Bagian

“Dengan kumpul bersama-sama setelah pertemuan, kita memiliki kesempatan baik untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak terdiskusikan selama kita berada di dalam pertemuan”.

Basic Text. Hal. 95

Kecanduan aktif telah membuat kita terpisah dari masyarakat karena kita mengisolasi diri. Rasa takut merupakan inti dari pengasingan diri. Kita percaya bahwa apabila kita membiarkan orang lain mengetahui kita, mereka akan mengetahui betapa rusaknya diri kita sebelumnya. Penolakan hanya merupakan satu jalan pintas untuk menjauhi program. Ketika kita pertama kali datang ke pertemuan NA, kita biasanya terkesan dengan keakraban & keramahan yang kita lihat diantara sesama pecandu yang dalam proses pemulihan yang berbagi pengalaman mereka.

Kita juga dapat dengan cepat menjadi bagian dari persahabatan ini, apabila kita memungkinkannya. Satu cara untuk memulainya adalah dengan datang ke warung kopi setelah pertemuan. Dalam pertemuan-pertemuan ini, kita dapat meruntuhkan dinding-dinding yang memisahkan kita dengan orang lain & menemukan hal-hal mengenai diri kita sendiri & anggota NA lainnya.

Satu per satu kita dapat membuka hal-hal yang enggan kita bagikan di dalam kelompok. Kita belajar untuk mengobrol ringan di dalam pertemuan-pertemuan sampai larut malam yang menempa kita & juga mempererat persahabatan kita. Dengan teman-teman baru kita di NA, kita tidak perlu lagi hidup terisolasi. Kita bisa menjadi bagian persahabatan dari yang lebih besar, persahabatan NA.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membebaskan diri saya dari pengisolasian. Saya akan berusaha menjadi bagian persahabatan NA

===============================================================================

JFT 16 Maret

Inventaris

“Tujuan mencari & melakukan inventaris moral tanpa rasa takut adalah untuk menyeleksi hal-hal yang membingungkan & kontradiksi dalam kehidupan kita sehingga kita dapat menemukan jati diri kita sebenarnya”.

Basic Text. Hal. 27

Pecandu yang masih memakai selalu bingung & membingungkan sekelompok orang. Kita sulit untuk menceritakan perilaku mereka dari satu menit ke menit berikutnya apa yang akan mereka lakukan atau akan menjadi diri siapa mereka. Biasanya, pecandu lain sama terkejutnya dengan orang lain. Ketika kita dulu masih memakai narkoba, tingkah laku kita didikte oleh kebutuhan pemakaian narkoba kita.

Banyak diantara kita masih mengidentifikasikan kepribadian-kepribadian kita sama dengan ketika kita masih menggunakan narkoba, yang membuat kita merasa malu & kecewa. Hari ini kita tidak harus menjadi orang seperti ketika kita masih menjadi pecandu yang dibentuk oleh kebutuhan pemakaian narkoba kita, pemulihan telah memungkinkan kita untuk berubah.

Kita dapat menggunakan inventaris Langkah Ke 4 untuk melihat kebutuhan-kebutuhan di waktu lampau ketika kita masih menggunakan narkoba & mencari tahu ingin menjadi dari siapa kita hari ini. Menulis mengenai tingkah laku kita & memperhatikan bagaimana perasaan kita terhadap tingkah laku tersebut membantu kita memahami ingin menjadi siapa kita ini.

Inventaris kita membatu kita untuk melihat permintaan diluar jangkauan dari kecanduan aktif, diluar keinginan kita untuk dicintai & diterima kita mendapatkan siapa diri kita pada awalnya. Kita mulai memahami apa yang tepat untuk kita & seperti apa kehidupan yang kita inginkan. Hal ini merupakan awal dari menjadi diri kita sebenarnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Apabila saya ingin mencari tahu siapa diri saya sebenarnya, saya akan melihat siapa diri saya sebelumnya & ingin menjadi siapa saya ini

===============================================================================

JFT 17 Maret

Keberanian Sejati

“Orang-orang yang berhasil melalui masa-masa ini menunjukkan keberanian bukan diri mereka sendiri”.

Basic Text. Hal. 82

Sebelum datang ke NA, banyak diantara kita berpikir kita berani karena tidak pernah mengalami rasa takut. Kita telah membius perasaan-perasaan kita, takut dengan mereka, sampai dengan kita sendiri yakin bahwa kita betul-betul tangguh & berani & tidak akan retak dalam keadaan apapun.

Tetapi, mendapatkan keberanian kita dalam narkoba sama sekali tidak berhubungan dengan cara kita hidup sehari-hari. Bersih & dalam masa pemulihan membuat kita kadang-kadang merasa takut. Ketika kita pertama kali menyadari bahwa kita merasa takut, kita mungkin berpikir kita adalah orang pengecut. Kita takut mengangkat telepon untuk meminta seseorang untuk menyeponsori kita karena mereka mungkin dapat mengatakan tidak. Kita takut untuk mencari satu pekerjaan. Kita takut untuk berlaku jujur dengan teman-teman kita. Tetapi semua rasa takut ini merupakan hal yang alami & bahkan sehat. Hal yang tidak sehat adalah memungkinkan rasa takut tersebut untuk melumpuhkan kita.

Ketika kita memungkinkan ketakutan kita untuk membuat kita berhenti tumbuh, kita akan menjadi orang yang kalah. Keberanian sejati bukan berarti tidak memiliki rasa takut, tetapi keinginan untuk menjalaninya atau melaluinya. 

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menjadi pemberani hari ini. Ketika saya merasa khawatir, saya akan melakukan apa yang perlu saya lakukan untuk tumbuh dalam masa pemulihan

===============================================================================

JFT 18 Maret 

Pesan yang penuh 

"Ada perasaan khusus bagi pecandu ketika mereka menentukan bahwa ada orang lain yang berbagi persaan mengenai masa-masa sulit, masa lalu dan sekarang mereka. "

Teks Dasar, hal 53

Kekayaan kepulihan kita terlalu baik untuk kita simpan sendiri. Berapa diantara kita percaya bahwa ketika kita berbicara di dalam pertemuan-pertemuan, kita harus "mengingat pendatang baru" dan selalu berusaha untuk membawa pesan-pesan positif. Tetapi, kadang-kadang pesan yang paling positif yang dapat kita bawa adalah kita akan melalui masa-masa di dalam pemulihan dan kita tetap dalam keadaan bersih! 

Ya, memberikan pesan harapan yang kuat membawa kepuasan tersendiri pada para anggota baru kita. Disamping itu, tidak ada seorangpun yang suka merengek. Tetapi hal-hal yang membuat stres terjadi, dan hidup dapat mengirimkan gelombang-gelombang kejutan sekalipun pada anggota NA lama. Apabila kita dilengkapi dengan alat-alat dari program, kita dapat berjalan melalui goncangan-goncangan tersebut dan tetap hidup 

Kepulihan tidak terjadi sekaligus, kepulihan merupakan proses berkelanjutan, dan kadang-kadang merupakan satu perjuangan. Apabila kita mengecilkan pesan-pesan kita yang penuh dengan cara mengabaikan berbagi mengenai masa-masa sulit kita mungkin dapat berjalan melalui jalan kita, namun kita gagal untuk memungkinkan para pendatang baru melihat bahwa mereka juga dapat hidup bersih apabila kita berbagi pesan kepulihan seutuhnya, kita mungkin tidak mengetahui siapa yang mendapatkan perkembangan, tetapi kita dapat memastikan bahwa tentunya ada seseorang. 

Hanya untuk hari ini: 

Saya akan dengan jujur berbagi masa-masa sulit maupun masa-masa yang menyenangkan dari kepulihan saya. Saya akan ingat bahwa pengalaman saya dalam menjalani kemalangan ini dapat bermanfaat bagi anggota lain

===============================================================================

JFT 19 Maret

Sesuatu Yang Berharga Untuk Dibagikan

"Pesan kepulihan sederhana dan jujur dari kecanduan merupakan hal yang benar. "

Teks Dasar, hal 50

Anda berada di satu pertemuan. Anda telah berbagi pengalaman selama beberapa saat. Satu atau dua anggota telah menggambarkan pengalaman-pengalaman spiritual mereka dengan cara yang bermakna. Sementara yang lainnya telah membuat kita terbahak-bahak dengan cerita-cerita mereka yang menghibur. Dan kemudian pemimpin memanggil Anda ... Anda tertegun. Anda dengan gagap mengenalkan diri dan mengucapkan terimakasih kepada setiap orang yang mendengarkan, dan kemudian duduk diam disertai rasa malu di dalam pertemuan tersebut. Kelihatannya biasa? Tetapi, Anda tidak sendirian. 

Kita semua mengalami masa-masa sulit ketika kita merasakan bahwa kita harus berbagi sesuatu yang tidak cukup spiritual, tidak cukup menghibur, dan sesuatu yang tidak memadai. Tetapi, berbagi bukanlah merupakan satu jenis perlombaan olahraga. Inti dari pertemuan-pertemuan kita adalah pengidentifikasian dan berbagi pengalaman, sesuatu yang kita miliki berlimpah. Ketika kita berbagi kebenaran dari hati kita mengenai pengalaman-pengalaman kita, para pecandu lain berfikir bahwa kita sama seperti mereka. Ketika kita hanya berbagi apa yang terjadi di dalam hidup kita, kita dapat merasa yakin bahwa pesan kita akan bermanfaat bagi orang lain. 

Hal yang kita bagikan tidak harus menakjubkan atau lucu supaya kelihatan benar. Setiap pecandu menjalankan satu program dengan jujur dan membuat pemulihan bermakna sehingga memiliki sesuatu yang bernilai besar untuk dibagikan, sesuatu yang tak seorangpun dapat memberikannya: pengalaman dia sendiri. 

Hanya untuk hari ini: 

Saya memiliki sesuatu yang berharga untuk dibagikan. Saya akan menghadiri pertemuan hari ini dan berbagi pengalaman saya dalam masa pemulihan mengenai kecanduan

===============================================================================

JFT 20 Maret

Kekuatan Yang Lebih Besar

“Sebagian besar kita tidak mengalami kesulitan mengakui bahwa kecanduan kita telah menjadi sesuatu yang menghancurkan kehidupan kita. Usaha terbaik kita berakhir dengan kehancuran yang lebih dahsyat lagi. Pada titik tertentu, kita menyadari bahwa kita memerlukan bantuan dari suatu Kekuatan yang lebih besar daripada kecanduan kita”.

Basic Text. Hal. 24

Tak dapat disangkal lagi sebagian besar kita mengetahui hidup kita telah diisi oleh hal-hal yang merusak. Dengan menyadari bahwa kita memiliki satu penyakit yang disebut kecanduan membantu kita memahami sumber atau penyebab hal yang merusak ini. Kita dapat mengenali kecanduan sebagai satu kekuatan yang telah menghancurkan kehidupan kita. Ketika kita mengambil Langkah Pertama, kita mengakui bahwa kekuatan kecanduan yang merusak ini lebih besar daripada kekuatan yang kita miliki. Kita tidak berdaya menghadapinya.

Pada titik ini, harapan kita hanya untuk mendapatkan satu Kekuatan yang lebih besar daripada kekuatan kecanduan kita yaitu satu Kekuatan yang dapat membuat kita bertahan hidup, bukan untuk mengakhiri hidup. Kita tidak harus memahaminya atau bahkan menamainya, kita hanya harus percaya bahwa Kekuatan yang lebih besar daripada kecanduan kita memberikan kita harapan yang cukup untuk hidup bersih pada satu waktu dari satu hari.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya percaya bahwa mungkin ada satu Kekuatan yang lebih besar daripada kecanduan saya

===============================================================================

JFT 21 Maret

Satu Penyakit Yang Dapat Dipulihkan

“Kecanduan merupakan penyakit yang melibatkan tidak hanya sekedar menggunakan narkoba”.

Basic Text. Hal. 3

Pada pertemuan pertama kita, kita mungkin telah merasa tertinggal dengan cara para anggota yang berbagi mengenai bagaimana penyakit kecanduan telah mempengaruhi kehidupan mereka. Kita berpikir kepada diri kita sendiri, “Penyakit? Saya baru saja mengalami masalah narkoba! Apa sebenarnya yang mereka bicarakan?”

Setelah beberapa waktu di dalam program kita, mulai melihat bahwa kecanduan menjadi semakin dalam daripada dorongan untuk memakai narkoba. Kita melihat bahwa kita menderita penyakit kronis yang mempengaruhi banyak bidang kehidupan kita. Kita tidak mengetahui kita telah terkena penyakit ini, tetapi dalam memeriksa kita menyadari bahwa penyakit tersebut telah ada pada kita selama bertahun-tahun.

Sama seperti halnya penyakit kecanduan yang mempengaruhi setiap bidang kehidupan kita, program NA juga demikian. Kita menghadiri pertemuan pertama kita dengan segala gejala yang ada : kecacatan spiritual, penderitaan emosional, ketidak berdayaan & ketidak mampuan untuk diatur.

Mengobati penyakit kita melibatkan lebih banyak hal daripada hanya sekedar menahan diri untuk tidak menggunakan narkoba. Kita menggunakan 12 Langkah & sekalipun langkah-langkah tersebut tidak memulihkan penyakit kita, langkah-langkah tersebut mulai memulihkan. & karena kita mulai pulih, kita mulai mendapatkan pengalaman hadiah dari kehidupan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mengobati penyakit saya dengan 12 Langkah

===============================================================================

JFT 22 Maret

Prinsip Dukungan Sendiri

“Dalam kecanduan kita, kita bergantung pada orang lain, tempat lain & benda lain. Kita mencari mereka untuk mendukung diri kita & mengumpulkan benda-benda yang belum kita miliki dalam diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 67

Dalam kerajaan binatang, ada mahluk yang tumbuh gemuk di atas penderitaan mahluk lain. Mahluk tersebut disebut lintah. Makhluk ini hanya menempelkan dirinya sendiri pada mahluk lain & menghisap apa yang ia butuhkan. Apabila korban membuang lintah tersebut, binatang ini pergi menempel ke makhluk lain.

Dalam kecanduan aktif, kita berprilaku sama. Kita menguras keluarga kita, teman kita & masyarakat kita. Secara sadar atau tidak, kita berusaha mendapatkan sesuatu untuk hal yang tak berguna bagi setiap orang yang kita temui.

Ketika kita pertama kali melihat satu keranjang dilemparkan pada pertemuan pertama kita, kita mungkin telah berpikir, “dukung diri sendiri”. Sekarang dugaan aneh macam apa ini?” Selagi kita menonton, kita melihat sesuatu. Para pecandu yang mendukung diri sendiri bebas dari biaya. Dengan mengikuti jalan mereka sendiri, mereka mandapatkan hak istimewa untuk membuat keputusan mereka sendiri.

Dengan menerapkan prinsip mendukung diri sendiri dalam kehidupan pribadi, kita mendapatkan kebebasan yang sama. Orang lain tidak berhak menyuruh dimana kita tinggal, karena kita sendirilah yang membayar sewa rumah kita. Kita dapat makan, berpakaian atau mengemudi apapun yang kita pilih, karena kita mendapatkannya sendiri.

Tidak seperti lintah, kita tidak perlu bergantung pada orang lain untuk bertahan hidup. Semakin besar tanggung jawab yang kita ambil, semakin besar pula kebebasan yang kita peroleh.

Hanya Untuk Hari Ini :

Tidak ada batasan kebebasan yang dapat saya peroleh dengan mendukung diri saya sendiri. Saya akan menerima tanggung jawab pribadi saya & membayar biaya hidup saya mulai hari ini

===============================================================================

JFT 23 Maret


Anugerah Tuhan

“Kami melakukan gerak kaki dan menerima apa yang diberikan kepada kami dengan bebas setiap hari.”

Teks Dasar, hal. 47

Hubungan kami dengan Kekuatan Yang Lebih Besar adalah jalan dua arah. Dalam doa, kita berbicara dan Tuhan mendengarkan. Ketika kita bermeditasi, kita melakukan yang terbaik untuk mendengarkan keinginan Kekuatan Yang Lebih Besar. Kami tahu bahwa kami bertanggung jawab atas bagian dari hubungan kami. Jika kita tidak berdoa dan mendengarkan, kita menutup Kekuatan Yang Lebih Besar dari hidup kita.

Ketika kita berpikir tentang hubungan kita dengan Kekuatan Yang Lebih Besar, penting untuk mengingat yang mana kita: yang tidak berdaya. Kami dapat meminta panduan; kita dapat meminta kemauan atau kekuatan; kita dapat meminta pengetahuan tentang kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar — ​​tetapi kita tidak dapat mengajukan tuntutan. Tuhan dari pemahaman kita — yang memiliki kekuatan — akan memenuhi setengah dari hubungan itu dengan memberi kita persis apa yang kita butuhkan, ketika kita membutuhkannya.

Kita perlu mengambil tindakan setiap hari untuk menjaga hubungan kita dengan Kekuasaan Lebih Tinggi tetap hidup. Salah satu cara kita melakukan ini adalah dengan menerapkan Langkah Kesebelas. Kemudian kita ingat ketidakberdayaan kita sendiri dan menerima kehendak dari Kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri.

Hanya untuk hari ini: 

Dalam hubungan saya dengan Kekuatan Yang Lebih Besar, saya yang tidak berdaya. Mengingat siapa saya, hari ini saya akan dengan rendah hati menerima karunia Tuhan yang saya pahami

===============================================================================

JFT 24 Maret

Melepaskan masa lalu

"Bukan di mana kita yang diperhitungkan, tetapi ke mana kita pergi."

Teks Dasar, hal. 23

Ketika kita pertama kali menemukan pemulihan, sebagian dari kita merasa malu atau putus asa ketika menyebut diri kita “pecandu.” Pada masa awal, kita mungkin dipenuhi dengan rasa takut dan harapan ketika kita berjuang untuk menemukan makna baru dalam hidup kita. Masa lalu mungkin tampak tak terhindarkan dan kuat. Mungkin sulit untuk memikirkan diri kita sendiri dengan cara apa pun selain cara yang selalu kita miliki.

Meskipun kenangan masa lalu dapat berfungsi sebagai pengingat tentang apa yang menunggu kita jika kita gunakan lagi, mereka juga dapat membuat kita terjebak dalam mimpi buruk rasa malu dan takut. Meskipun mungkin sulit untuk melepaskan ingatan itu, setiap hari dalam pemulihan dapat membawa kita jauh dari kecanduan aktif kita. Setiap hari, kita dapat menemukan lebih banyak untuk diharapkan dan kurang untuk menghukum diri kita sendiri.

Dalam pemulihan, semua pintu terbuka untuk kita. Kami punya banyak pilihan. Kehidupan baru kita kaya dan penuh dengan janji. Meskipun kita tidak bisa melupakan masa lalu, kita tidak harus hidup di dalamnya. Kita bisa melanjutkan.

Hanya untuk hari ini: 

Saya akan mengepak tas saya dan pindah dari masa lalu saya ke sebuah hadiah yang penuh dengan harapan

===============================================================================

JFT 25 Maret

Saya Tidak Bisa, Tetapi Kita Bisa

“Dari pengisolasian selama kecanduan, kita mendapatkan persahabatan dengan orang-orang yang mengalami nasib yang sama … Ketaatan, kekuatan, dan harapan kita berasal dari orang-orang yang berbagi pemulihan mereka dengan kita …”
Basic Text, hal 94-95

Tidak mengakui kelemahan kita, menyembunyikan semua kekurangan, menolak setiap kegagalan, membiarkannya sendiri – hal tersebut merupakan hal yang banyak diikuti oleh orang yang senasib dengan kita. Kita menolak bahwa hidup kita tidak dapat diatur, namun bukti-bukti yang ada berlawanan. Banyak diantara kita tidak ingin menyerah tanpa jaminan bahwa ada sesuatu yang bermanfaat dari penyerahan tersebut. Banyak diantara kita mengambil Langkah Pertama hanya ketika kita memiliki bukti bahwa pecandu dapat pulih di NA.

Dalam NA, kita mendapatkan orang lain yang dulunya pernah mengalami masalah yang sama, dengan kebutuhan yang sama dan telah menemukan alat-alat yang bekerja untuk mereka. Para pecandu ini berhasrat untuk membagi alat-alat tersebut dengan kita dan memberikan kita dukungan emosi yang kita perlukan selagi kita belajar untuk menggunakannya. Para pecandu yang dalam proses pemulihan mengetahui berapa pentingnya membantu orang lain karena apa yang telah diberikan akan membantu mereka sendiri. Ketika kita menjadi bagian NA, kita bergabung dengan satu kelompok pecandu seperti kita, satu kelompok orang yang mengetahui bahwa kita harus saling bantu untuk pulih.

Hanya Untuk Hari Ini:

Saya akan bergabung dengan ikatan pemulihan. Saya akan mendapatkan pengalaman, kekuatan dan harapan yang saya perlukan di dalam persahabatan NA

==============================================================================

JFT 26 Maret

Mempercayai Seorang Sponsor Resiko Yang Bermanfaat

“Seorang sponsor adalah… seorang yang dapat kita percayai untuk berbagi pengalaman hidup kita”.

IP No. 11 “Sponsor”

Gagasan mengenai sponsor mungkin merupakan hal baru bagi kita. Kita telah menghabiskan waktu selama bertahun-tahun tanpa arah, hanya bergantung pada kemauan diri sendiri, mencurigai setiap orang & tidak mempercayai seorang pun. Sekarang kita belajar hidup dalam pemulihan, kita mendapatkan bahwa kita perlu pertolongan. Kita tidak dapat melakukannya sendirian lagi, kita harus mengambil resiko mempercayai seorang manusia lain. Sering kali, orang pertama yang kita percayai adalah sponsor kita, seseorang yang kita hormati, seseorang yang kita kenal, seseorang yang dapat kita percayai.

Karena kita terbuka kepada sponsor kita, satu ikatan berkembang diantara kita. Kita mengungkapkan rahasia-rahasia kita & mengembangkan kepercayaan terhadap kebijaksaan sponsor kita. Kita berbagi perhatian & belajar menilai pengalaman sponsor kita. Kita berbagi rasa sakit & disertai dengan empati. Kita saling mengenali, saling menghormati & saling mencintai satu sama lain. Semakin kita mempercayai sponsor kita, semakin besar pula yang kita pelajari untuk dapat mempercayai diri kita sendiri.

Kepercayaan membantu kita menghilangkan rasa khawatir, bingung, curiga & tak terarah. Pada mulanya, kita merasa beresiko untuk mempercayai seorang pecandu lain. Tetapi, kepercayaan tersebut merupakan prinsip yang sama dengan yang kita terapkan di dalam hubungan-hubungan kita dengan Kekuatan Yang Lebih Besar, beresiko atau tidak, pengalaman kita memberi tahu kita bahwa kita tidak dapat melakukannya tanpa adanya kepercayaan. & semakin besar resiko yang kita ambil untuk mempercayai sponsor kita, kita akan semakin terbuka terhadap kehidupan kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya ingin tumbuh & berubah. Saya akan mengambil resiko mempercayai sponsor saya & mendapatkan penghargaan dengan berbagi pengalaman dengan sponsor kita

===============================================================================

JFT 27 Maret

Mencari Aset-aset

“Sejalan dengan prinsip-prinsip pemulihan, kita berusaha untuk tidak menilai, membuat steriotip atau merasionalisasikan antara satu sama lainnya”.

Basic Text. Hal. 11

Berapa kali kita dalam pemulihan telah salah paham terhadap tingkah laku orang lain & dengan segera melakukan penilaian, memberikan label & dengan rapi menyematkan penilaian orang tersebut ke dalam kotak? Mungkin mereka telah mengembangkan pemahaman yang berbeda mengenai Kekuatan yang lebih besar daripada yang mereka miliki & yang kita miliki dulu, sehingga kita berkesimpulan kepercayaan mereka merupakan sesuatu yang tidak spiritual. Atau mungkin kita melihat sepasang suami istri yang sedang bertengkar, kita beranggapan hubungan mereka sakit, kemudian kita mendapatkan bahwa perkawinan mereka telah berlangsung selama bertahun-tahun dengan tentram. 

Dengan mengkategorisasikan teman-teman kita seperti itu membuat kita berpikir singkat & tidak mencari tahu tentang mereka lebih banyak lagi. Setiap kali kita menilai tingkah laku orang lain, kita berhenti melihat mereka sebagai teman potensial & berhenti melihat mereka sebagai pengembara sejawat yang berjalan menuju pemulihan.

Apabila kita kebetulan bertanya kepada orang-orang yang kita nilai apakah mereka berterima kasih disteriotipkan kita tentunya akan mendapatkan jawaban tidak secara serta merta. Apakah kita akan merasa tidak enak apabila hal tersebut dilakukan terhadap diri kita? Tentunya, ya. Hal-hal terbaik kita merupakan sesuatu yang kita inginkan orang lain tahu. Hal yang sama juga terjadi pada teman pecandu kita yang dalam proses pemulihan. Program pemulihan kita meminta kita untuk melihat sisi kehidupan dengan positif. Semakin kita berkonsentasi pada hal-hal positif dari orang lain, semakin banyak hal positif dalam diri kita yang akan tampak.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menyisihkan penilaian-penilaian negatif saya terhadap orang lain & berkonsentrasi untuk menghargai kualitas-kualitas positif yang ada pada mereka

===============================================================================

JFT 28 Maret

Menghadapi Perasaan

“Kita mungkin takut bahwa berhubungan dengan perasaan kita sendiri, kita akan memicu reaksi rasa sakit & panik”.

Basic Text. Hal. 29

Ketika kita masih menggunakan narkoba, banyak diantara kita tidak mampu atau tidak ingin merasakan begitu banyak emosi. Apabila kita bahagia, kita biasanya membuat diri kita lebih bahagia. Apabila kita marah atau tertekan, kita biasanya menyembunyikan perasaan tersebut.

Dalam upaya melanjutkan pola ini melalui kecanduan aktif kita, kita menjadi bingung secara emosi yang kita sendiri tidak yakin seperti apa emosi normal. Setelah berada di masa pemulihan selama beberapa saat kita mendapatkan bahwa emosi yang telah kita tekan tiba-tiba muncul ke permukaan.

Kita mungkin mendapatkan bahwa kita tidak mengetahui cara untuk mengidentifikasikan kemarahan mungkin hanya sebagai frustrasi belaka. Apa yang kita terima sebagai tekanan untuk bunuh diri mungkin sebenarnya hanya satu kesedihan belaka.

Ada saat-saatnya ketika kita perlu mencari bantuan & berbicara mengenai apa yang sedang terjadi di dalam hidup kita yang dapat membantu kita menghadapi perasaan-perasaan kita & kita tidak lagi lari dengan perasaan takut dari masalah ini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya tidak akan lari dari emosi-emosi yang tidak nyaman yang mungkin saya alami. Saya akan menggunakan dukungan dari teman-teman saya dalam masa pemulihan untuk membantu saya menghadapi emosi-emosi saya

===============================================================================

JFT 29 Maret

Kehendak Murni Saya Sendiri 

"Kehendak Tuhan atas diri kita terdiri atas hal-hal yang sangat bermanfaat. Kehendak Tuhan ...menjadi kehendak murni kita sendiri dan untuk diri kita sendiri."

Teks Dasar, hal 46

Suatu hal yang manusiawi untuk mendapatkan sesuatu tanpa usaha. Kita mungkin merasa sangat gembira ketika kasir toko memberikan kita uang kembalian sebesar dua puluh sekalipun kita hanya membayar sepuluh. Kita cenderung berpikir bahwa, apabila tidak seseorang pun mengetahui, satu penipuan kecil tidak akan membuat perbedaan apapun. Tetapi, apabila seseorang mengetahui - tentunya ada perbedaan. Dan hal ini membuat perbedaan.

Apa yang bekerja selama kita masih menggunakan narkoba, tidak lagi bekerja selama kita dalam pemulihan. Karena itu maju secara spiritual dengan menjalankan Duabelas Langkah, kita mungkin mengembangkan nilai-nilai dan standar-standar baru. Kita mulai merasa tidak nyaman ketika kita mengambil manfaat atas situasi yang ketika kita menggunakan, telah membuat kita merenungkan apa yang telah kita lupakan.

Pada masa silam, kita menjadikan orang lain sebagai korban. Akan tetapi, karena kita semakin dekat dengan Kekuatan Yang Lebih Tinggi, nilai-nilai kita berubah. Kehendak Tuhan menjadi lebih penting daripada melarikan diri dari sesuatu.

Ketika nilai-nilai kita berubah, kehidupan kita juga berubah. Dengan dituntun oleh pengetahuan dari dalam diri kita yang diberikan oleh Kekuatan Yang Lebih Tinggi, kita ingin menghidupkan nilai-nilai yang baru kita temukan. Kita telah menggunakan kehendak Kekuatan Yang Lebih Tinggi untuk kita - faktanya, Kehendak Tuhan telah menjadi kehendak murni kita sendiri.

Hanya untuk hari ini:

Dengan mengembangkan hubungan sadar saya dengan Tuhan, nilai-nilai saya berubah. Hari ini saya akan mempraktikkan kehendak Tuhan menjadi kehendak murni saya sendiri

===============================================================================

JFT 30 Maret

Berpusat Pada Tuhan

“Karena kita lebih berpusat pada Tuhan daripada diri kita sendiri, kekecewaan kita berubah menjadi harapan berangsur-angsur”.

Basic Text. Hal. 92

Betapa bahagianya hidup bila memiliki harapan! Sebelum datang ke NA banyak diantara kita hidup tanpa adanya harapan sama sekali. Kita dulunya yakin ditakdirkan untuk mati karena penyakit kita.

Banyak anggota berbicara dengan penuh harapan pada bulan-bulan pertama mereka di dalam program. Kita telah berhenti menggunakan narkoba, berhenti berteman & berhenti hidup yang menjijikkan. Segala sesuatunya tampak luar biasa. Kemudian realitas menentukan berbeda. Kehidupan tetap saja kehidupan & kita masih kehilangan pekerjaan, kehilangan pasangan kita yang telah meninggalkan kita, kehilangan teman-teman kita yang meninggal & kita masih sakit. Menahan nafsu bukanlah jaminan bahwa kehidupan akan selalu sejalan sesuai dengan keinginan kita.

Ketika kenyataan hidup terjadi di luar harapan kita, kita berpaling kepada Kekuatan Yang Lebih Besar & mengingat bahwa hidup ini terjadi menurut kehendakNya. Tetapi, tanpa memandang apapun yang terjadi dalam masa pemulihan kita tidak perlu kecewa, karena di sana selalu ada harapan. & harapan tersebut terletak di dalam hubungan kita dengan Kekuatan Yang Lebih Besar.

Hubungan ini, sebagaimana yang ada di dalam pikiran kita, berkembang dari waktu ke waktu : “Berangsur-angsur, kita menjadi lebih berpusat kepada Tuhan”. Karena kita semakin bergantung kepada Kekuatan Yang Lebih Besar, perjuangan-perjuangan hidup tidak harus menyeret kita ke dalam lautan kekecewaan. Karena kita lebih berfokus pada Tuhan, kita menjadi semakin sedikit berfokus kepada diri sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bergantung pada Kekuatan Yang Lebih Besar saya. Saya akan menerima bahwa, tanpa memandang apapun yang terjadi, Kekuatan Yang Lebih Besar saya akan menyediakan saya sumber-sumber untuk hidup

===============================================================================

JFT 31 Maret

Di Dalam & Di Luar

“Nilai sejati kita adalah menjadi diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 101

Karena kita menjalankan langkah-langkah, kita terikat untuk menemukan beberapa kebenaran dasar mengenai diri kita sendiri. Proses membuka rahasia-rahasia kita, membagi mereka & mencari karakter-karakter kita, merupakan proses pengungkapan kebenaran yang sebenarnya. Karena kita kenal dengan orang lain, kita perlu membuat satu keputusan untuk hanya menjadi diri kita sendiri. Kita mungkin ingin melihat apa yang kita sajikan kepada teman pecandu kita, kepada dunia & melihat apakah kita cocok dengan apa yang telah kita dapatkan di dalam diri kita.

Apakah kita berpura-pura bahwa tidak ada yang mengganggu kita pada saat kita sangat sensitif? Apakah kita menutupi rasa tidak aman kita dengan lelucon-lelucon yang menjijikkan atau apakah kita berbagi rasa takut/kita dengan seseorang? Apakah kita berpakaian seperti seorang anak belasan tahun ketika kita mendekati usia empat puluh tahun & apakah kita pada dasarnya koservatif?

Kita mungkin ingin melihat sisi lain yang kita kira bukan diri kita. Kita mungkin telah menghindari kegiatan-kegiatan NA karena kita tidak “suka dengan keramaian”. Atau mungkin karena kita memiliki mimpi rahasia mulai dari berganti karir, tetapi telah menunda mengambil tindakan dengan alasan mimpi kita “tidak betul-betul tepat” untuk kita. Karena kita meperoleh pemahaman-pemahaman baru mengenai diri kita sendiri, kita ingin menyesuaikan tingkah laku kita. Kita ingin menjadi diri kita sebenarnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan memeriksa sisi luar diri saya untuk memastikannya cocok dengan sisi dalam diri saya. Saya akan berusaha bertindak pada pertumbuhan yang telah saya alami di dalam masa pemulihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar