Selasa, 21 Agustus 2018

Hanya Untuk Hari Ini: Januari


JFT 1 Januari

Kewaspadaan

“Kita hanya dapat mempertahankan apa yang kita miliki dengan kewaspadaan”.

Basic Text. Hal. 57

Bagaimana kita tetap waspada mengenai pemulihan kita? Pertama dengan menyadari bahwa kita memiliki penyakit yang akan selalu mengancam kita. Tidak memandang berapa lama kita sudah bersih dari narkoba, tidak memandang betapa luasnya Pemulihan spiritual kita, kita masih merupakan pecandu. Penyakit kita menanti dengan sabar, siap menjebak kita apabila kita lengah.

Kewaspadaan merupakan prestasi harian. Kita berjuang untuk selalu waspada & siap untuk mengatasi gejala-gejala timbulnya masalah. Kita tidak seharusnya hidup dengan rasa takut yang tidak masuk akal bahwa sesuatu yang tidak menyenangkan telah merasuki kita apabila kita lengah, tetapi sebenarnya kita hanya perlu waspada saja.

Berdoa setiap hari, menghadiri pertemuan secara teratur & memilih untuk tidak mengkompromikan prinsip-prinsip spiritual agar kita dapat lebih mudah bertindak dengan waspada. Kita melakukan inventaris seperlunya, berbagi dengan orang lain kapan pun kita diminta & dengan hati-hati memupuk Pemulihan kita. Tetapi yang paling penting adalah kita harus tetap waspada!

Kita menangguhkan hukuman harian dari kecanduan asalkan kita tetap waspada. Setiap hari, kita membawa prinsip-prinsip pemulihan semaksimal mungkin & setiap malam, kita berterima kasih kepada Kekuatan Yang Lebih Besar karena telah hidup bersih hari itu. 

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan waspada & melakukan segala sesuatu yang dianggap perlu untuk menjaga Pemulihan saya


==============================================================================

JFT 2 Januari

Tarik Napas Yang Panjang & Berbicara Kepada Tuhan

“Kadang-kadang ketika kita berdoa, satu yang luar biasa terjadi : Kita mendapatkan alat-alat, cara-cara & energi-energi untuk melakukan tugas diluar kemampuan kita”.

Basic Text. Hal. 44

Untuk berhasil meniru mengatasi gangguan-gangguan hidup kecil & frustasi dalam hidup kita seringkali merupakan keterampilan yang paling sulit yang harus kita pelajari dalam masa pemulihan. Kita menghadapi hal-hal harian yang tidak menyenangkan mulai dari melepaskan simpulan tali sepatu anak-anak sampai dengan antrian di pasar swalayan, hari-hari kita diisi oleh kesulitan-kesulitan kecil yang harus kita atasi.

Apabila kita tidak berhasil, kita mungkin mendapatkan diri kita dalam kesulitan-kesulitan yang mengganggu jalan kita untuk memecahkan setiap masalah atau kita menggertakkan gigi sementara kita mengomel dengan keras mengenai bagaimana seharusnya kita mengatasi masalah-masalah tersebut. Ini merupakan contoh-contoh ekstrim peniruan keterampilan yang tidak berhasil, tetapi sebenarnya kita masih memiliki ruang untuk memperbaiki keadaan kita.

Setiap saat kehidupan memberikan kita satu kemunduran terhadap rencana harian kita, kita hanya bisa menarik napas panjang & berbicara kepada Tuhan yang kita yakini. Dengan menyadari kita dapat kehilangan kesabaran, toleransi & apapun yang kita perlukan dari kekuatan tersebut, kita mendapatkan diri kita sendiri meniru dengan lebih baik bila kita lebih sering tersenyum.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menarik napas panjang & berbicara kepada Tuhan saya bilamana saya merasa frustasi


==============================================================================

JFT 3 Januari

Kebutuhan Terbesar Kita

“Kita akhirnya mendefinisi ulang kepercayaan & pemahaman kita terhadap satu hal dimana kita melihat bahwa kebutuhan terbesar kita adalah pengetahuan akan kehendak Tuhan atas diri kita & kekuatan untuk melaksanakannya”.

Basic Text. Hal 46

Ketika pertama kali kita tiba di NA, kita memiliki semua jenis gagasan mengenai apa yang kita butuhkan. Beberapa diantara kita telah meletakkan pandangan kita pada penumpukan harta pribadi. Kita berpikir bahwa Pemulihan sama dengan keberhasilan kasat mata. Tetapi sebenarnya Pemulihan tidak sama dengan keberhasilan. Hari ini, kita percaya bahwa kebutuhan terbesar kita adalah untuk mendapatkan tuntunan & kekuatan spiritual.

Kerusakan terbesar pada diri kita akibat kecanduan kita adalah kerusakan spiritual kita. Motivasi utama kita didekte oleh penyakit kita untuk mendapatkan, menggunakan & mencari cara & akal untuk mendapatkan lebih banyak lagi narkoba. Dengan diperbudak oleh kebutuhan akan narkoba yang berlebihan, hidup kita kehilangan tujuan & hubungan. Kita secara spiritual bangkrut.

Cepat atau lambat, kita menyadari bahwa kebutuhan terbesar di dalam pemulihan adalah pengetahuan akan kehendak Tuhan atas diri kita & kekuatan untuk melaksanakannya. Di sana, kita akan mendapatkan arah & tujuan hidup yang telah terselubungi akibat kecanduan kita. Dengan menjalankan kehendak Tuhan, kita mendapatkan kebebasan dari perasaan egois kita. Kita tidak lagi dikendalikan oleh kebutuhan akan narkoba, sekarang kita bebas untuk hidup dengan orang lain pada pijakan yang sama.

Sebenarnya tidak ada yang tidak beres dengan kesuksesan luar. Tetapi tanpa hubungan spiritual yang ditawarkan program NA, kebutuhan terbesar dalam pemulihan tidak akan terpenuhi betapapun suksesnya diri kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mencari pemenuhan kebutuhan terbesar saya, hubungan tuntunan yang sangat penting dengan Tuhan yang saya yakini.

===============================================================================

JFT 4 Januari

Cinta Dari Teman Sejawat

“Hari ini kita merasa aman di dalam cinta teman sejawat & kita akhirnya dapat menatap manusia lain yang ada di hadapan kita & merasa berterima kasih atas diri kita sebenarnya”.

Basic Text. Hal. 89

Ketika kita masih memakai narkoba, hanya beberapa dari kita yang dapat mentoleransi seseorang yang menatap diri kita, kita merasa malu untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Pikiran kita tidak dikuasai oleh sesuatu yang layak atau sehat & kita mengetahuinya. Waktu, uang & energi kita tidak dihabiskan untuk membina hubungan kasih, tidak juga berbagi dengan orang lain & tidak perlu berusaha mencari masyarakat yang lebih baik. Kita terjebak dalam lingkaran obsesi & tekanan yang hanya berjalan satu arah menurun.

Dalam pemulihan, perjalanan kita menuruni jejak spiritual yang telah terpotong pendek. Tetapi, apa yang telah membalikkan & membawa kita ke permukaan terbuka yang luas yaitu dunia bebas? Jawabannya adalah cinta dari teman sejawat di NA yang telah melakukannya. Dengan ditemani para pecandu lain, kita mengetahui bahwa kita tidak akan ditolak. Dengan contoh para pecandu lain, kita ditunjukkan bagaimana untuk memulai bagian positif dari kehidupan di dunia kita.

Ketika kita tidak yakin harus berbelok ke jalan mana, ketika kita tersandung, ketika kita harus membetulkan apa yang salah, kita mengetahui teman sejawat kita ada di sana & mereka mendukung kita. Perlahan-lahan, kita telah mendapatkan perasaan bebas. Kita tidak lagi terkunci oleh penyakit kita, kita bebas untuk menjalin, mengembangkan & berbagi dengan siapa saja. & ketika kita memerlukan dukungan untuk mengambil langkah kita berikutnya, langkah tersebut ada di sana. Keamanan yang kita dapatkan dari cinta teman sejawat di NA telah memungkinkan kehidupan baru kita tumbuh.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan memandang mata seseorang tanpa merasa malu. Saya berterima kasih atas dukungan cinta yang telah memungkinkan hal ini terjadi

===============================================================================

JFT 5 Januari

Pemulihan Di Rumah

“Kita dapat menikmati bersama keluarga dengan cara baru yang mungkin menjadi kebanggaan bagi mereka, bukan menjadi aib atau beban”.

Basic Text. Hal. 100

Kita merasa lebih nyaman dalam pemulihan, bukan? Kita menghadiri rapat setiap hari, kita menghabiskan waktu setiap malam bersama teman-teman kita dengan penuh persahabatan & setiap akhir pekan kita tergesa-gesa untuk menghadiri loka karya pelayanan. Tetapi, apabila hal-hal di rumah kita berantakan, kita tidak akan mendapatkan kenyamanan yang begitu besar.

Kita berharap keluarga-keluarga kita mengerti. Yang terpenting, kita tidak lagi menggunakan narkoba lagi. Mengapa mereka tidak mengakui kemajuan kita? Tidakkah mereka mengerti betapa pentingnya pertemuan-pertemuan kita, pelayanan kita & keterlibatan kita dalam persahabatan?

Keluarga kita tidak akan menghargai perubahan NA yang ada di dalam hidup kita kecuali kita menunjukkan kepada mereka. Apabila kita buru-buru pergi ke satu pertemuan dengan cara yang sama ketika kita ingin memakai narkoba, apa yang telah berubah? Apabila kita tetap mengabaikan kebutuhan & keinginan pasangan & anak-anak kita, tidak menerima tanggung jawab kita di rumah, kita tidak mempraktekkan prinsip ini dalam semua bidang kehidupan kita.

Kita harus menghidupkan program ke manapun kita pergi & apapun yang kita lakukan. Apabila kita menginginkan kehidupan spiritual yang lebih besar daripada satu teori. Kita harus menghidupkannya di rumah. Apabila kita melakukan hal ini, orang-orang tempat kita berbagi kehidupan tentunya akan melihat perubahan & berterima kasih bahwa kita telah menemukan NA.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membawa pulang pemulihan saya

===============================================================================

JFT 6 Januari

Bagaimana Ia Bekerja ?

“Saya biasa berpikir bahwa saya memiliki semua jawabannya, tetapi hari ini saya senang bahwa saya tidak memilikinya”.

Basic Text. Hal. 272

Apa dua kata yang lazim diucapkan para pecandu? “Saya tahu!” Malangnya banyak diantara kita datang ke NA berpikir kita telah memiliki semua jawabannya. Kita memiliki banyak pengetahuan mengenai apa yang tidak beres dengan diri kita. Tetapi, pengetahuan yang ada tersebut tidak pernah membantu kita untuk bisa hidup bebas pada satu priode waktu.

Para anggota yang telah mencapai Pemulihan jangka panjang akan pertama kali mengakui bahwa semakin lama mereka di sini, semakin banyak mereka belajar. Tetapi mereka betul-betul mengetahui satu hal dengan mengikuti program langkah 12 sederhana ini, mereka telah dapat hidup bersih dari narkoba. Mereka tidak lagi bertanya “mengapa" tetapi mereka bertanya “bagaimana” Nilai spekulasi yang tiada akhir memudar dibandingkan dengan pengalaman para pecandu yang telah menemukan cara untuk hidup bersih & hidup bersih.

Hal ini tidak berarti kita tidak bertanya “mengapa” apabila keadaannya tepat. Kita tidak datang ke NA & berhenti berpikir! Tetapi pada awalnya, suatu gagasan yang baik untuk mengganti pertanyaan kita? Tidak hanya dengan “mengapa” tetapi dengan “bagaimana”. Bagaimana saya dapat menjalankan langkah ini. Berapa sering saya bisa menghadiri pertemuan? Bagaimana saya bisa tetap bersih?

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya tidak memiliki semua jawabannya, tetapi saya tahu tempat mendapatkan jawabannya. Hari ini, saya akan bertanya kepada seorang pecandu, “bagaimana langkah tersebut dapat bekerja?”

===============================================================================

JFT 7 Januari

Pemulihan

“NA menawarkan para pecandu satu program pemulihan yang bermakna lebih dari sekedar hidup bebas narkoba. Bukan hanya cara ini untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik daripada mereka tempat kita hidup dulu, kehidupan sekarang lebih baik daripada kehidupan apapun yang pernah kita ketahui”.

Basic Text. Hal. 103

Sedikit diantara kita yang memiliki minat dalam pemulihan untuk mengetahui apa yang kita miliki sebelum kita mulai memakai. Banyak diantara kita sangat menderita karena pelecehan fisik, seks & emosi. Dengan menggunakan narkoba & menerawang tampaknya merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi pelecehan tersebut. Orang lain menderita tapi kurang kentara namun sama sakitnya. Kita hilang arah & tujuan hidup.

Kita secara kejiwaan betul-betul kosong. Kita merasa terisolasi, tidak mampu untuk berempati dengan orang lain. Kita tidak memiliki satu hal pun yang membuat kehidupan ini bermakna & bernilai. Kita memakai narkoba untuk mengisi jiwa kita yang kosong namun hasilnya sia-sia. Sebagian dari kita tidak ingin “pulih” dari apa yang telah biasa kita gunakan.

Pada akhirnya, pemulihan yang kita temukan dalam NA merupakan sesuatu yang berbeda : satu perubahan dalam kehidupan baru. Kita telah diberikan alat untuk membersihkan rongsokan kehidupan kita. Kita telah mendapatkan dukungan yang membuat kita berani membuat jalan baru.

& kita telah diberikan hadiah hubungan sadar dengan satu kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri, menyediakan kita kekuatan dari dalam diri & arahan yang dulu kita sama sekali tidak memilikinya. Pemulihan? Ya, dalam setiap aspek. Kita dalam proses pemulihan dalam semua aspek kehidupan, lebih baik daripada yang pernah kita bayangkan sebelumnya. Kita berterima kasih.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya telah mendapatkan sesuatu yang belum pernah saya peroleh, sesuatu yang mungkin tidak pernah terbayangkan : kehidupan seorang pecandu yang dalam proses Pemulihan. Terima kasih, kekuatan yang lebih besar, yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata

===============================================================================

JFT 8 Januari

Dewasa

“Kondisi spiritual kita merupakan dasar keberhasilan pemulihan yang menawarkan pertumbuhan terbatas”.

Basic Text. Hal. 43

Ketika anggota kita merayakan hari ulang tahun Pemulihan mereka, mereka sering berkata mereka telah “dewasa” di NA. Kemudian kita berpikir, apa yang dia maksud? Kita mulai ingin tahu apakah kita sudah dewasa. Kita memeriksa kehidupan kita & ya, semua jebakan kedewasaan ada di sana, buku daftar pemeriksaan, anak-anak, pekerjaan, tanggung jawab. Sekalipun, di dalamnya kita sering merasa seperti anak-anak.

Kita masih sering dibuat bingung oleh kehidupan. Kita tidak selalu mengetahui bagaimana bertindak. Kita kadang-kadang ingin mengetahui apakah kita betul-betul dewasa sama sekali atau apakah kita ingin anak-anak yang tumbuh menjadi orang dewasa & diberikan tanggung jawab orang dewasa. Kedewasaan tidak dapat diukur dengan usia fisik atau tingkat tanggung jawab. Pengukuran pertumbuhan terbaik kita adalah kondisi spiritual kita, dasar dari Pemulihan.

Apabila kita masih tergantung pada orang, tempat & benda untuk menyediakan kepuasan batin kita seperti seorang anak yang bergantung pada orang tuanya atas segala hal, kita betul-betul memiliki kedewasaan yang harus kita jalankan. Tetapi bila berdiri aman pada pondasi kondisi spiritual kita dengan mempertimbangkan perawatannya terhadap tanggung jawab paling penting kita, kita dapat mengklaim kedewasaan. Diatas pondasi itulah, kesempatan-kesempatan kita untuk tumbuh menjadi tidak terbatas. 

Hanya Untuk Hari Ini :

Ukuran kedewasaan saya adalah sejauh mana saya dapat mengambil tanggung jawab untuk mempertahankan kondisi spiritual saya. Hari ini, hal ini akan menjadi prioritas tertinggi saya

===============================================================================

JFT 9 Januari

Membalas Kebaikan Sponsor Kita 

“Keterlibatan awal kita dengan orang lain sering kali dimulai dari keterlibatan kita dengan sponsor kita”.

Basic Text. Hal. 55

Sponsor kita memiliki sumber-sumber yang berlimpah mengenai informasi pemulihan, kearifan & kata-kata cinta. Mereka telah berbuat banyak terhadap diri kita mulai dari menerima telepon dini hari sampai dengan saat-saat menyimak tulisan pemulihan kita, mereka telah percaya dengan kita & menginvestasikan waktu mereka untuk membuktikannya. Mereka telah menunjukkan cinta & ketegasan cara untuk berlaku jujur kepada kita. Perasaan kasih mereka yang tanpa batas pada saat kita galau memberikan kita kekuatan untuk melanjutkannya.

Cara mereka membantu telah mendesak/mendorong kita untuk mencari jawaban-jawaban di dalam diri kita sendiri & kita telah menjadi dewasa, bertanggung jawab & sebagai hasilnya menjadi individu yang percaya diri. Sekali pun sponsor kita telah memberikan begitu tulus & tidak pernah meminta imbalan, ada hal-hal tertentu yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan rasa terima kasih kita. Kita memperlakukan sponsor kita dengan rasa hormat.

Mereka bukan kaleng sampah yang dirancang untuk kita buang di tempat sampah kita. Mereka memiliki masa percobaan, sama halnya seperti diri kita & kadang-kadang memerlukan dukungan kita. Mereka adalah manusia, yang memiliki perasaan & menghargai perhatian kita. Mungkin juga mereka ingin menerima kartu pos atau telepon yang mengungkapkan rasa cinta kita. Apapun yang kita lakukan untuk mengembalikan kebaikan sponsor kita akan merubah pemulihan pribadi kita & tentunya akan membawa kebahagiaan tertentu bagi sponsor kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Sponsor saya telah peduli dengan saya ketika saya tidak dapat merawat diri saya sendiri. Hari ini, saya akan melakukan sesuatu yang menyenangkan sponsor saya


===============================================================================

JFT 10 Januari

Rasa Berterima Kasih

“Saya sangat berterima kasih karena telah percaya”.

IP No. 21 “Orang Kesepian”

Percaya kepada Kekuatan Yang Lebih Besar dapat membuat semua hal berbeda ketika segala sesuatunya tampak menyulitkan kita! Apabila hal-hal tidak berjalan sesuai dengan kehendak kita selama pemulihan, sponsor kita mungkin menuntun kita untuk membuat satu ‘daftar terima kasih’. Apabila kita telah berhasil, kita harus mencantumkan ketaatan kita kepada Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri dalam daftar tersebut. Salah satu hadiah yang paling besar yang kita terima dari Langkah Ke 12 adalah kepercayaan kepada Tuhan yang kita yakini.

12 Langkah dengan perlahan telah menuntun kita menuju kebangkitan spiritual. Sebagaimana seperti kemajuan kecanduan kita, begitu pula perkembangan kehidupan spiritual kita dalam pengertian menjalankan program NA. Langkah-langkah tersebut merupakan jalan menuju hubungan dengan Tuhan yang kita yakini. Kekuatan Yang Lebih Besar ini memberikan kita kekuatan ketika kita sedang mengalami kesulitan. Apakah kita berterima kasih atas hubungan mendalam dengan Kekuatan Yang Lebih Besar?

Apakah kita ingat untuk berterima kasih kepada Tuhan karena kita telah bersih setiap harinya, tanpa memandang apa yang telah terjadi hari itu? Apakah kita ingat bahwa betapapun dalamnya kekecewaan kita atau betapapun besarnya kebahagian kita, Tuhan yang kita yakini selalu bersama kita? Pemulihan kita merupakan hadiah, hadiah yang kadang-kadang kita anggap sesuatu yang lazim. Setiap hari kita hidup bebas, kita dapat bergembira dengan perawatan Kekuatan Yang Lebih Besar kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya berterima kasih atas hubungan saya dengan Kekuatan Yang Lebih Besar yang peduli dengan saya

===============================================================================

JFT 11 Januari

Ketaatan

“Bahwa ketaatan kita berkembang setiap harinya, kita mendapatkan bahwa Kekuatan Yang Lebih Besar menyediakan kita kekuatan & tuntunan yang kita perlukan”

Basic Text, hal 91

Beberapa dari kita ketika sampai ke masa pemulihan merasa sangat takut & merasa tidak aman, kita merasa lemah & kesepian. Kita merasa tidak yakin mengenai arah kita & tidak tahu ke mana harus mencari jawabannya. 

Kita telah diberi tahu apabila kita taat kepada satu kekuatan yang lebih besar daripada diri kita, kita akan mendapatkan keamanan & tuntunan. Kita menginginkan perasaan aman & kekuatan. 

Tetapi, ketaatan tidak datang dalam waktu semalam saja. Kita perlu waktu & usaha untuk menumbuhkannya, benih ketaatan ditanamkan ketika kita memohon bantuan kepada Kekuatan Yang Lebih Besar & kemudian mengakui sumber bantuan kita ketika bantuan tersebut datang. 

Kita memupuk benih kekuatan yang kecil dengan cahaya matahari melalui doa harian kita. Ketaatan kita tumbuh, hadiah kehidupan tumbuh pula dengan sendirinya. Pada satu hari kita menyadari bahwa ketaatan kita telah menjadi sebatang pohon besar yang rindang.

Pohon tersebut tidak dapat menghentikan badai, namun kita tahu bahwa kita aman di bawah naungannya.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya tahu bahwa ketaatan kepada Kekuatan Yang Lebih Besar tidak akan menenangkan badai-badai kehidupan, tetapi ketaatan akan menenangkan hati kita. Saya akan menggunakan ketaatan saya untuk melindungi saya, ketika saya dalam masalah


===============================================================================

JFT 12 Januari 

KEBANGKITAN SPIRITUAL 

“Kebangkitan spiritual yang kita miliki merupakan hasil dari langkah-langkah ini …” 

Langkah Keduabelas 

“Bagaimana saya bisa mengetahui kapan saya memiliki kebangkitan spiritual?” Banyak diantara kita, kebangkitan spiritual datang secara berangsur-angsur. Mungkin kesadaran spiritual kita pertama sama sederhananya dengan penghargaan baru terhadap kehidupan. Mungkin satu pagi kita tiba-tiba mendengarkan suara kicauan burung. Keindahan sedehana satu bunga mungkin mengingatkan kita bahwa ada Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri sedang bekerja di sekitar kita. 

Seringkali, kebangkitan spiritual kita merupakan sesuatu yang tumbuh lebih kuat dari waktu ke waktu. Kita dapat berjuang untuk mendapatkan kesadaran spiritual yang lebih hanya dengan menghidupkan kehidupan kita. Kita tetap dapat berusaha meningkatkan hubungan kesadaran kita melalui berdoa dan bermeditasi setiap hari. Kita dapat mendengar bisikan dari dalam diri kita untuk mendapatkan tuntunan yang kita butuhkan. Kita dapat menanyai para pecandu lain mengenai pengalaman spiritual mereka. Kita dapat meluangkan waktu untuk menghargai dunia si sekitar kita. 

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan bercermin pada kebangkitan spiritual yang telah saya alami. Saya akan berusaha untuk menyadari adanya Tuhan. Saya akan meluangkan waktu untuk menghargai karunia Kekuatan Yang Lebih Besar saya.

===============================================================================

JFT 13 Januari 

Menyerah Pada Kemenangan

“Bantuan kepada pecandu lain hanya dapat dimulai ketika kita mampu mengakui kekalahan kita sepenuhnya”.

Basic Text. Hal. 22

Kekalahan sepenuhnya, konsep luar biasa! Hal ini berarti penyerahan. Penyerahan berarti menyerahkan diri seutuhnya. Berhenti tanpa adanya persyaratan apapun. Mengangkat tangan & berhenti berkelahi & mengangkat tangan pada pertemuan pertama kita & mengakui bahwa kita adalah pecandu.

Bagaimana kita tahu kita telah menerapkan langkah pertama yang akan memungkinkan kita untuk hidup bebas dari narkoba. Kita tahu karena sekali kita sudah mengambil langkah besar ini, kita tidak akan pernah menggunakannya lagi. Hanya Untuk Hari Ini. Hanya itu titik. Hal ini sangat sederhana, tetapi tidak mudah.

Kita menjalankan Langkah Pertama. Kita menerima bahwa "ya" kita adalah pecandu. “Sekali terlalu banyak & seribu tidak pernah cukup”. Kita sendiri telah membuktikannya dalam waktu yang cukup lama. Kita mengakui bahwa kita tidak dapat mengatasi pemakaian narkoba dengan cara apapun. Kita mengakuinya : kita mengatakannya dengan keras bilamana perlu.

Kita menjalankan Langkah Pertama pada awal hari kita. Pada satu saat, penerimaan ini membebaskan kita, Hanya Untuk Hari Ini, dari kebutuhan untuk meninggalkan kecanduan kita. Kita telah menyerah terhadap penyakit ini. Kita menyerah. Kita berhenti. Tetapi dengan berhenti, kita menang. & itulah paradoks Langkah Pertama. Kita menyerah untuk menang & dengan menyerah kita mendapatkan kekuatan yang lebih besar daripada yang kita bayangkan sebelumnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya mengakui bahwa saya tidak berdiri di atas kecanduan saya. Saya akan menyerah untuk menang

===============================================================================

JFT 14 Januari

Tuhan Yang Kita Cintai

“Pemahaman kita terhadap Kekuatan Yang Lebih Besar tergantung pada diri kita… Satu-satunya tuntunan yang diajukan adalah bahwa Kekuatan ini mencintai, peduli & lebih besar daripada diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 24

Kita telah diberi tahu bahwa kita dapat percaya terhadap Kekuatan Yang Lebih Besar apapun yang kita inginkan asalkan kekuatan tersebut menyenangkan & tentunya, lebih besar daripada diri kita sendiri. Akan tetapi, beberapa dari kita memiliki masalah dengan persayaratan ini. Kita tidak mempercayai apapun kecuali diri kita sendiri atau kita percaya bahwa apapun yang dapat disebut ‘Tuhan’ hanya dapat menenangkan jiwa & mengirimkan kita satu pecutan yang membawa sial.

Percaya pada Kekuatan yang mencintai merupakan satu lompatan bagi seseorang dengan berbagai alasannya. Pikiran yang membalikkan kehendak & kehidupan terhadap perawatan dari sesuatu yang kita pikir akan melukai kita tentunya akan membuat kita merasa enggan. Apabila datang ke program dengan rasa percaya bahwa Tuhan menghakimi & tidak memaafkan, kita harus mengatasi kepercayaan tersebut sebelum kita dapat betul-betul merasa nyaman dengan Langkah Ketiga.

Pengalaman positif kita dalam pemulihan dapat membantu kita untuk percaya kepada cinta Tuhan yang kita yang kita yakini. Kita telah diberikan rasa lega dari satu penyakit yang telah menyebabkan kita menderita dalam waktu yang cukup panjang. Kita telah menemukan tuntunan & dukungan bahwa kita perlu mengembangkan cara hidup baru. Kita mulai mengalami jiwa yang penuh yang dulunya pernah kosong sama sekali. Aspek-aspek pemulihan kita ini bersumber dari cinta Tuhan, bukan berasal dari hal yang kasar ataupun kebencian. & semakin kita mengalami pemulihan, semakin kita mempercayai cinta dari Kekuatan Yang Lebih Besar.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membuka pikiran saya & hati saya untuk percaya bahwa Tuhan mencintai & mempercayai cinta Kekuatan Yang Lebih Besar saya untuk melakukan sesuatu untuk saya yang tidak dapat saya lakukan sendiri

===============================================================================

JFT 15 Januari

Ketakutan

“Kita tumbuh menjadi merasa nyaman dengan Kekuatan Yang Lebih Besar kita sebagai sumber kekuatan. Karena kita belajar untuk mempercayai Kekuatan ini, kita mulai dapat mengatasi perasaan takut dalam kehidupan kita”.

Basic Text. Hal. 24

Karena tidak berdaya & hidup dengan keegoan kita, kita mengalami rasa takut & kehidupan yang tidak dapat diatur. Dalam pemulihan, kita telah membalikkan keinginan & kehidupan kita dengan aman terhadap perhatian Tuhan yang kita yakini. Apabila kita menyeleweng dari program kita, apabila kita kehilangan hubungan dengan Kekuatan Yang Lebih Besar kita. Kita mulai mengambil kendali kehidupan kita lagi, menolak perhatian Tuhan yang kita ketahui.

Apabila kita tidak membuat keputusan harian untuk menyerahkan kehidupan kita terhadap perhatian Kekuatan Yang Lebih Besar kita, kita mungkin dibanjiri oleh perasaan takut hidup. Dengan menjalankan 12 Langkah, kita telah mendapatkan bahwa ketaatan kepada Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita membantu membebaskan ketakutan kita. Karena kita semakin dekat dengan cinta Tuhan, kita menjadi semakin sadar mengenai Kekuatan Yang Lebih Besar kita. & dengan semakin sadar akan perhatian Tuhan terhadap kita, rasa takut kita pun semakin berkurang.

Apabila kita merasa takut, kita bertanya kepada diri sendiri, Apakah ketakutan ini merupakan ciri kekurang taatan kita dalam kehidupan ini? Sudahkah saya mengambil kendali lagi & mendapatkan hidup saya tidak dapat diatur?” Apabila kita menjawab ya terhadap pertanyaan ini, kita dapat mengatasi rasa takut kita dengan mengalihkan keinginan & hidup kita kembali ke perawatan Tuhan yang kita yakini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bergantung kepada perhatian Kekuatan Yang Lebih Besar saya untuk menghilangkan rasa takut saya terhadap kehidupan ini

===============================================================================

JFT 16 Januari

Meneleponlah

“Kita takut apabila kita mengungkapkan siapa diri kita sebenarnya, kita tentunya akan ditolak… (Tetapi) teman sejawat kita betul-betul memahami diri kita”.

Basic Text. Hal. 31

Kita memerlukan teman-teman NA sejawat, pengalaman mereka, persahabatan mereka, tawa mereka, tuntunan mereka & banyak lagi. Namun, masih banyak dari kita yang merasa ragu untuk menelpon sponsor kita atau untuk mengunjungi teman-teman NA kita. Kita tidak ingin mengganggu mereka. Kita berpikir untuk menelpon seseorang, namun kita merasa tidak bermanfaat untuk waktu mereka. Kita takut bahwa apabila mereka mengetahui kita siapa diri kita sebenarnya mereka tentunya akan menolak kita. Kita lupa bahwa teman-teman NA sejawat sama seperti kita.

Tidak ada yang dapat kita lakukan, kita tidak memiliki tempat. Kita tidak merasakan apa-apa bahwa para pecandu dalam proses pemulihan tidak akan dapat mengidentifikasi kita. Semakin banyak orang mengetahui tentang diri kita, semakin banyak pula kita dapat mendengar, “Anda ada di tempat yang betul. Anda ada diantara teman. Anda bagian dari mereka. Selamat datang!” Kita juga lupa bahwa sama seperti halnya kita membutuhkan mereka, mereka juga membutuhkan kita. Kita hanya satu-satunya orang yang ingin merasa bagian dari mereka, yang ingin mengalami kehangatan persahabatan.

Yang ingin seseorang berbagi dengan kita. Apabila kita mengisolasi diri kita dari teman-teman sejawat kita, kita menghilangkan sesuatu yang mereka butuhkan : waktu kita, kebersamaan dengan kita & diri kita sendiri. Dalam NA, para pecandu yang dalam proses Pemulihan saling peduli satu sama lainnya. Apa yang ditunggu dari satu telepon bukanlah penolakan, tetapi cinta, kehangatan & pengenalan persahabatan NA, maka menelponlah.

Hanya Untuk Hari Ini :

Dalam NA, Saya ada diantara teman-teman. Saya akan menghubungi orang lain, saling memberi & menerima dalam persahabatan

===============================================================================

JFT 17 Januari

Maaf

“Karena kita menyadari kebutuhan kita untuk mendapatkan maaf, maka kita cenderung untuk memaafkan. Paling tidak kita tahu bahwa kita tidak dengan sengaja membuat kehidupan seseorang menderita”.

Basic Text. Hal. 38

Dalam kecanduan kita sering memperlakukan orang dengan buruk, kadang-kadang dengan sengaja mencari cara-cara untuk membuat hidup mereka susah. Dalam pemulihan, kita mungkin masih memiliki kecenderungan untuk menilai tingkah laku orang karena kita pikir kita mengetahui bagaimana seharusnya seseorang berperilaku.

Tetapi karena kita maju di dalam pemulihan kita akan mendapatkan bahwa untuk menerima diri kita sendiri, kita harus menerima orang-orang di sekitar kita. Kita mungkin sulit untuk mengamati wujud kegilaan seseorang. Tetapi, apabila kita melepaskan diri kita sendiri dari masalah, kita dapat hidup dengan jalan keluar yang diperlukan. & apabila kita merasa dipengaruhi oleh tindakan-tindakan orang lain, kita dapat meluaskan prinsip maaf kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berusaha untuk memaafkan daripada minta dimaafkan. Saya akan berusaha untuk bertindak dengan cara demikian sehingga saya merasa cinta diri sendiri bermanfaat.

===============================================================================

JFT 18 Januari

Inventaris Sederhana

“Dengan melakukan inventaris pribadi berarti bahwa kita membentuk kebiasaan melihat diri kita sendiri, tindakan kita sendiri, sikap kita sendiri & hubungan-hubungan kita sendiri secara teratur”.

Basic Text. Hal. 41

Inventaris harian merupakan alat yang dapat kita gunakan untuk menyederhanakan kehidupan kita. Bagian paling kompleks dalam melakukan inventaris harian adalah memutuskan bagaimana untuk memulai. Haruskah kita menuliskannya? Apa yang harus kita periksa? Seberapa rinci? & bagaimana kita mengetahuinya kapan kita telah selesai? Dalam waktu yang singkat, kita telah mengalihkan latihan yang sederhana menjadi satu proyek besar.

Berikut ini satu pendekatan sederhana terhadap inventaris harian. Kita meluangkan waktu beberapa menit pada ujung hari setiap hari untuk duduk diam & memeriksa perasaan-perasaan kita. Apakah ada halangan, besar atau kecil, di dalam persoalan kita? Apakah kita merasa tidak nyaman mengenai hari yang baru saja kita lewati? Apa yang terjadi? Apa peran kita di dalam hubungan tersebut? Apakah kita belum melakukan perubahan yang seharusnya telah kita lakukan? Apabila kita dapat melakukannya lagi, apa yang akan kita lakukan?

Kita juga ingin memonitor aspek-aspek positif dari kehidupan kita dalam inventaris harian kita, Apa yang telah memberikan kita kepuasan hari ini? Apakah kita produktif? Bertanggung jawab? Baik? Menyenangkan? Apakah kita tidak berlaku egois? Apakah kita betul-betul mengalami cinta & keindahan yang ditawarkan hari tersebut? Apa yang kita lakukan hari ini yang ingin kita lakukan di kemudian hari? Inventaris harian kita tidak harus kompleks untuk efektif. Hal ini merupakan alat sangat sederhana yang dapat kita gunakan untuk menjalankan sentuhan harian kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya ingin tetap berhubungan dengan cara yang saya rasakan dalam menghidupkan apa yang telah diberikan kehidupan ini. Pada ujung hari ini, saya akan melakukan inventaris singkat sederhana

==============================================================================

JFT 19 Januari

Membuat Kepalan Menjadi Gunung

“Ketika kita berhenti hidup pada masa sekarang, masalah kita menjadi membesar tanpa satu alasan yang jelas”.

Basic Text. Hal. 96

Beberapa diantara kita tampaknya sedang membuat satu kepalan satu menjadi gunung atas masalah kita. Bahkan beberapa diantara kita yang telah menemukan beberapa bentuk ketenangan mungkin telah menggelembungkan masalah kita jauh dari ukuran/proporsi sebenarnya pada satu waktu dalam pemulihan kita & apabila kita belum melakukannya, kita mungkin melakukannya tak lama lagi!

Ketika kita mendapatkan diri kita terobsesi oleh komplikasi kehidupan kita, kita akan dapat mengatasinya dengan mengingatkan diri kita sendiri bahwa segala sesuatunya akan baik-baik saja. Kita mungkin takut tidak akan dapat membayar rekening bulanan kita untuk bulan tersebut. Daripada duduk di depan kalkulator menjumlahkan kewajiban-kewajiban keuangan kita berkali-kali, kita dapat berusaha untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran kita. Sejalan dengan inventaris kecil ini, kita tetap melanjutkan dengan tugas yang ada dihadapan kita & mengingatkan diri kita sendiri bahwa selagi kita belajar mengatur cara kita berjalan, satu cinta Kekuatan Yang Lebih Besar akan perduli dengan kehidupan kita.

Masalah yang bertumpuk sebesar gunung kadang-kadang terjadi, tetapi kita tidak perlu menciptakan masalah-masalah tersebut. Percaya dalam cinta Tuhan yang kita yakini akan menempatkan sebagian besar masalah kita pada sudut pandang yang tepat. Kita tidak perlu lagi menciptakan kekacauan untuk membuat kita merasa gembira dalam hidup ini. Pemulihan kita memberikan kita kesempatan-kesempatan, kegembiraan & drama kehidupan sebenarnya yang tak terbilang jumlahnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan melihat secara realistik pada semua masalah & memandang semua masalah tersebut kecil. Saya akan membiarkan mereka apa adanya & menikmati Pemulihan saya

===============================================================================

JFT 20 Januari 

Satu Janji, Banyak Hadiah

“NA menawarkan satu janji, yaitu kebebasan dari kecanduan aktif”

Basic Text, hal 102

Bayangkan apa yang mungkin terjadi apabila kita tiba di pintu NA, dengan perasaan kecewa, ingin berhenti menggunakan narkoba, hanya dipenuhi oleh satu usaha: “Apabila Anda menjalankan langkah-langkah tersebut dan tidak menggunakan narkoba, Anda akan menikah, hidup di pinggiran kota, memiliki 2,6 anak, dan mulai memakai pakaian yang terbuat dari polyester. Anda akan menjadi orang yang bertanggung jawab, anggota masyarakat yang produktif dan cocok untuk menjadi pimpinan perusahaan. Anda akan menjadi kaya dan memiliki karir yang dinamis. Sebagian besar kita disapa dengan olok-olokan yang akan membuat kita menjerit dan memandang pintu tersebut.

Daripada bualan dengan tekanan tinggi dan prediksi/ramalan yang menakutkan, kita disapa dengan janji dan harapan: kebebasan dari kecanduan aktif. Kita merasa mendapatkan kelegaan yang ada pada diri kita ketika kita mendengar bahwa kita tidak harus menggunakan narkoba lagi. Kita tidak lagi dipaksa untuk menjadi sesuatu!

Tentunya, setelah beberapa waktu dalam pemulihan, hal-hal baik mulai terjadi di dalam pemulihan, hal-hal baik mulai terjadi di dalam hidup kita. Kita diberikan hadiah-hadiah spiritual, hadiah-hadiah kebendaan, hadiah-hadiah yang telah selalu kita idamkan namun kita tidak pernah berani menaruh harapan utuk mendapatkannya. Akan tetapi, hal ini merupakan hadiah-hadiah sebenarnya – hadiah-hadiah ini tidak dijanjikan hanya karena kita menjadi anggota NA. Semua yang dijanjikan adalah kebebasan dari kecanduan aktif – dan itu lebih dari cukup!

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya telah dijanjikan kebebasan dari kecanduan aktif. Hadiah-hadiah yang saya terima merupakan keuntungan dari pemulihan

==============================================================================

JFT 21 Januari

Keseragaman

“Persatuan merupakan keharusan di dalam NA”.

Basic Text. Hal. 60

Persatuan bukan keseragaman. Persatuan berasal dari fakta bahwa kita memiliki persatuan untuk mencapai tujuan untuk pulih & untuk membantu orang lain hidup bersih dari narkoba. Sekalipun demikian, kita sering mendapatkan bahwa sementara kita berjuang untuk memenuhi tujuan yang sama, cara-cara & metode-metodae kita mungkin sangat berbeda. Kita tidak dapat menerapkan gagasan-gagasan kita mengenai persatuan pada orang lain atau mengaburkan pengertian kesatuan & keseragaman.

Faktanya, hal yang sama menarik dari program NA adalah karena tidak adanya keseragaman. Persatuan berasal dari tujuan umum kita bukan dari standar yang diterapkan pada kelompok oleh beberapa anggota, satu kelompok yang memiliki persatuan yang berasal dari cinta yang tulus dari anggotanya yang memungkinkan setiap pecandu untuk membawa pesan dengan cara dia yang unik. Dalam hubungan kita dengan satu sama lain di NA, kita kadang-kadang tidak setuju secara lisan.

Kita harus ingat bahwa hal rinci bagaimana cara menyelesaikan masalah bukanlah hal yang selalu penting, selama ini kita mempertahankan fokus kita pada tujuan utama kelompok. Kita dapat menonton para anggota yang sangat tidak setuju terhadap hal-hal kecil membuat kita menarik diri ketika seorang pendatang baru datang meminta bantuan. Seseorang ada di sana untuk kita ketika kita sampai di ruangan NA. Sekarang giliran kita untuk di sana melayani orang lain. Kita memerlukan persatuan untuk membantu menunjukkan pendatang baru bahwa cara hidup ini berhasil.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berusaha menjadi bagian dari kesatuan. Saya mengetahui bahwa persatuan tidak sama dengan keseragaman

===============================================================================

JFT 22 Januari

Sekolah Pemulihan

“Program ini untuk dipelajari”.

Basic Text. Hal. 16

Belajar di dalam pemulihan merupakan satu kerja keras. Hal-hal yang sangat perlu kita ketahui sering kali merupakan hal tersulit untuk dipelajari. Kita belajar mengenai pemulihan untuk menyiapkan diri kita sendiri dalam upaya mendapatkan pengalaman hidup. Selagi kita mendengarkan orang lain berbagi pengalaman di dalam pertemuan, kita melakukan pencatatan mental yang dapat menjadi acuan kita dikemudian hari.

Untuk siap diri, kita mempelajari catatan-catatan & literatur kita diantara “jam pelajaran” kita sebagaimana para siswa memiliki kesempatan untuk menerapkan pengetahuan mereka selama tes, maka kita mempunyai kesempatan untuk menerapkan pemulihan kita selama masa-masa krisis. Sebagaimana lazimnya kita memiliki pilihan bagaimana kita akan mendekati tantangan-tantangan hidup.

Kita dapat merasa takut & menghindari mereka sebagai ancaman untuk ketentraman kita atau kita dapat menerima mereka dengan rasa terima kasih selagi kesempatan untuk tumbuh. Dengan mengkonfirmasikan prinsip-prinsip yang telah kita pelajari, tantangan-tantangan hidup memberikan kita peningkatan pertumbuhan. Akan tetapi tanpa tantangan-tantangan seperti itu, kita dapat melupakan apa yang telah kita pelajari & mulai diam di tempat.

Hal ini merupakan kesempatan-kesempatan yang mendorong kita untuk mendapatkan kebangkitan spiritual baru. Kita akan mendapatkan bahwa di sana sering ada satu periode jeda setelah setiap krisis, yang memberikan kita waktu untuk terbiasa dengan keterampilan-keterampilan baru. Sekali kita telah bercermin pada pengalaman kita, kita diminta untuk berbagi pengetahuan dengan seseorang yang sedang belajar apa yang telah kita pelajari. Dalam sekolah pemulihan, kita semua adalah guru & sekaligus siswa.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menjadi siswa dalam pemulihan. Saya akan menyambut tantangan-tantangan, percaya pada apa yang telah saya pelajari & mau berbagi dengan orang lain

===============================================================================

JFT 23 Januari

Pemeriksaan Ketenangan

“Kekurangan perawatan harian dapat tampak dalam berbagai cara”.

Basic Text. Hal. 91

Pernahkah mengalami perasan aneh yang sempurna mengenai betapa menakjubkannya udara pada suatu hari, hanya untuk menyatakan “Udaranya bau”? Apabila hal ini terjadi, kita mungkin masih belum mempertahankan perawatan harian dalam program kita.

Dalam pemulihan, kehidupan dapat menjadi tidak tenang. Mungkin tanggung jawab-tanggung jawab tambahan di tempat kerja telah membuat Anda meloncat. Mungkin Anda belum menghadiri pertemuan selama beberapa waktu. Mungkin Anda telah terlalu sibuk dengan meditasi atau tidak makan atau tidak tidur secara teratur. Apapun alasannya, ketenangan Anda sedang merosot.

Apabila hal ini terjadi, kita perlu mengambil tindakan. Kita tidak boleh membiarkan satu hari berlalu dengan ‘jelek’ dilengkapi dengan sikap yang buruk, kemudian merosot menjadi 2 hari, 4 hari atau seminggu. Pemulihan kita tergantung pada perawatan program harian kita. Tanpa memandang apapun yang terjadi di dalam hidup kita, kita tidak boleh mengabaikan prinsip-prinsip yang telah menyelamatkan hidup kita. 

Ada banyak cara untuk memulihkan ketenangan kita. Kita dapat pergi ke pertemuan, menelpon sponsor kita, bertemu dengan pecandu lain yang dalam proses Pemulihan selama makan siang atau berusaha untuk membawa pesan kepada seorang pendatang baru. Kita dapat berdoa. Kita dapat menyempatkan untuk bertanya kepada diri kita sendiri mengenai hal sederhana apa yang belum kita lakukan. Ketika sikap kita mulai turun, kita dapat menghindari dengan mencari pemecahan sederhana.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan memeriksa perawatan harian dari program Pemulihan saya

===============================================================================

JFT 24 Januari

Dari Pengisolasian Ke Hubungan

“Penyakit kita telah mengisolasikan diri kita… Permusuhan, kebencian, keberpusatan pada diri sendiri & memikirkan diri sendiri, kita memutuskan diri kita sendiri dari dunia luar”.

Basic Text. Hal. 3-4

Kecanduan merupakan penyakit pengisolasian, menutup diri kita dari masyarakat, keluarga & diri sendiri. Kita bersembunyi. Kita berbohong. Kita memaki-maki kehidupan ketika kita menyaksikan kehidupan orang lain yang tentunya di luar jangkauan kita. Yang paling buruk, kita memberi tahu diri kita sendiri tidak ada yang tidak beres dengan diri kita, sekalipun kita menyadari bahwa kita sangat sakit.

Hubungan kita dengan dunia & kenyataan yang ada sangat buruk. Kita kehilangan makna hidup & kita menarik diri dari kenyataan dari hari ke hari. Program NA dirancang khususnya untuk orang-orang seperti kita, program membantu untuk menghubungkan kita kepada kehidupan yang kita idamkan, mengeluarkan dari pengisolasian diri.

Kita berhenti berbohong kepada diri kita sendiri mengenai kondisi kita, kita mengakui ketidak berdayaan kita & ketidak mampuan mengatur hidup kita. Kita mengembangkan ketaatan bahwa hidup kita dapat ditingkatkan bahwa pemulihan mungkin terjadi & bahwa kebahagiaan bukan merupakan hal yang selalu di luar jangkauan kita. Kita menjadi jujur, kita berhenti bersembunyi, kita menunjukkan “kebenaran & menceritakan kebenaran” tanpa memandang apapun yang terjadi.

Dan selagi kita melakukannya, kita meningkatkan ikatan-ikatan yang menghubungkan kehidupan individu kita kepada kehidupan di sekitar kita yang lebih luas. Kita pecandu tidak menghidupkan pengisolasian diri. 12 Langkah dapat memulihkan hubungan kita dengan kehidupan & hidup, apabila kita menjalankannya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya bagian dari kehidupan di sekitar saya. Saya akan mempraktekkan program saya untuk memperkuat hubungan saya dengan dunia saya


==============================================================================

JFT 25 Januari

Hadiah Tambahan

“Kita melihat hadiah tersebut terjadi diantara kita setiap harinya. Pengalihan haluan yang menakjubkan ini merupakan bukti kebangkitan spiritual”.

Basic Text. Hal. 49

Kita menonton mereka pergi ke pertemuan pertama dikalahkan, semangat mereka rusak. Penderitaan mereka jelas & keinginan mereka untuk mendapat bantuan bahkan lebih tampak. Mereka mengambil kripik selamat datang & kembali ke tempat duduk mereka.

Kita melihat mereka lagi & mereka tampak sedikit lebih nyaman. Mereka telah mendapatkan sponsor & menghadiri pertemuan setiap malam. Mereka masih tidak ingin menatap kita sekilas, tetapi mereka menganggukkan kepala mereka sebagai bukti pengetahuan bahwa kita sama-sama berbagi. Kita mengamati sebercak harapan di mata mereka & mereka tersenyum tidak pasti ketika kita motivasi mereka untuk tetap kembali.

Beberapa bulan kemudian, mereka berdiri tegak lurus. Mereka telah belajar membuat kontak mata. Mereka menjalankan langkah-langkah tersebut dengan sponsor mereka & menjadi pulih sebagai hasilnya. Kita mendengarkan mereka berbagi pengalaman di dalam pertemuan-pertemuan. Kemudian setelah pertemuan, kita bersama-sama menumpuk kursi dengan mereka.

Beberapa tahun kemudian, mereka berbicara pada konvensi loka karya. Mereka telah memiliki kepribadian yang menakjubkan & senang humor. Mereka tersenyum ketika mereka bertemu kita, mereka merangkul kita & mereka memberi tahu kita bahwa mereka akan tidak bisa melakukannya tanpa diri kita. & mereka memahami ketika kita berkata ”kami juga tidak dapat melakukannya tanpa Anda”.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mendapatkan kebahagiaan dalam menyaksikan Pemulihan orang lain

===============================================================================

JFT 26 Januari

Berpusat Pada Diri Sendiri

“Bagian spiritual dari penyakit kita adalah keberpusatan menyeluruh pada diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 20

Apa yang dimaksud dengan berpusat pada diri sendiri? Kita percaya bahwa dunia berputar mengitari kita. Keinginan kita, permintaan kita merupakan satu-satunya hal yang layak dipertimbangkan. Pikiran kita yang berpusat pada diri sendiri percaya bahwa mereka mampu mendapatkan segala sesuatunya yang mereka inginkan seandainya mereka bersedia ditinggalkan dengan alat-alat mereka sendiri. Keberpusatan pada diri sendiri berarti pemenuhan kebutuhan diri sendiri secara menyeluruh.

Kita mengatakan bahwa keberpusatan pada diri sendiri merupakan bagian spiritual dari penyakit kita karena pikiran yang berpusat pada diri sendiri tidak memahami apapun yang lebih besar atau lebih penting daripada diri kita sendiri. Tetapi ada pemecahan spiritual terhadap penyakit kita. 12 Langkah NA. Langkah-langkah tersebut menuntun kita keluar dari keberpusatan pada diri kita sendiri & berpusat kepada Tuhan. Kita membuang hayalan kita mengenai keberpustaan pada diri sendiri dengan mengakui ketidak berdayaan kita & meminta bantuan dari Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri.

Kita mengakui kebangkrutan dengan mengakui diri kita ini salah, membuat perubahan-perubahan & mencari pengetahuan apa yang benar-benar dari Tuhan yang kita yakini. & kita mengurangi berpusat pada diri sendiri dengan berupaya melayani orang lain, bukan hanya diri kita sendiri. Keberpusatan pada diri sendiri yang mempengaruhi jiwa kita dapat dirawat dengan pemecahan spiritual : 12 Langkah.

Hanya Untuk Hari Ini :

Tuntunan saya & kekuatan saya berasal dari Kekuatan Yang Lebih Besar, bukan dari diri sendiri. Saya akan mempraktikkan 12 Langkah untuk dapat berpusat kepada Kekuatan Tuhan & mengurangi berpusat pada diri sendiri
===============================================================================

JFT 27 Januari

Belajar Bagaimana Untuk Hidup Kembali

“Kita mempelajari cara-cara baru untuk hidup. Kita tidak lagi terbatas pada gagasan lama kita”.

Basic Text. Hal. 54

Kita mungkin telah atau belum diajarkan membedakan yang benar & salah & dasar-dasar kehidupan ketika kita masih anak-anak. Tanpa memandang pada saat kita mendapatkan Pemulihan, sebagian besar kita hanya memiliki gagasan yang paling samar mengenai bagaimana untuk hidup. Keterisolasian tanggung jawab kemanusiaan diri kita & mengembangkan keterampilan-keterampilan untuk mempertahankan hidup supaya dapat berhubungan dengan dunia tempat kita hidup ini.

Beberapa diantara kita tidak mengetahui bagaimana menceritakan kebenaran, orang lain begitu terbuka yang menyebabkan teman bicara kita terluka. Beberapa diantara kita tidak dapat mengatasi masalah-masalah pribadi terkecil sekalipun, sementara orang lain berusaha memecahkan masalah-masalah untuk seluruh dunia. Beberapa diantara kita tidak pernah bermasalah sekalipun ketika menerima perlakuan yang tidak adil, orang yang lain sibuk dengan keluhan-keluhan terhadap setiap orang & segala hal.

Apapun masalah kita & berapa pun ekstrimnya masalah kita, kita semua memiliki kesempataan dalam NA untuk belajar hidup baru. Mungkin kita perlu belajar kebaikan & bagaimana peduli dengan orang lain. Mungkin kita perlu menerima tanggung jawab pribadi. Atau mungkin kita perlu belajar kebaikan & bagaimana peduli dengan orang lain. Mungkin kita perlu menerima tanggung jawab pribadi atau mungkin kita perlu mengatasi rasa takut & mencoba mengambil beberapa resiko. Kita dapat merasa yakin akan satu hal : Setiap hari, hanya dengan menghidupkan kehidupan, kita akan belajar sesuatu yang baru.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya mengetahui lebih banyak mengenai bagaimana untuk hidup daripada kemarin, tetapi tidak sebanyak yang akan saya ketahui besok. Hari ini saya akan belajar sesuatu yang baru

===============================================================================

JFT 28 Januari

Pecandu Harian

“Kita tidak akan betul-betul pulih, tanpa memandang berapa lama pun kita hidup bersih dari narkoba”.

Basic Text. Hal. 80

Setelah berada di dalam program untuk sementara waktu beberapa diantara kita mulai berpikir kita telah pulih. Kita telah mempelajari segala sesuatunya yang diajarkan NA kepada kita, kita telah mulai merasa bosan dengan pertemuan-pertemuan & sponsor kita tetap berbicara dengan membosankan sama dengan perasaan bosan ketika kita menahan diri : “Langkah-langkah, Langkah-langkah, Langkah-langkah!” Kita memutuskan sekarang waktunya untuk memulai hidup kita, mengurangi waktu untuk menghadiri pertemuan-pertemuan & berusaha untuk memahami masa-masa yang kita telah hilang selama menjadi pecandu aktif.

Akan tetapi, dengan melakukan ini berarti kita membahayakan pemulihan kita. Teman-teman kita yang telah kambuh lagi setelah satu periode bersih seringkali berusaha untuk dapat menghadiri pertemuan sebanyak mungkin beberapa diantara kita menghadiri rapat setiap hari selama bertahun-tahun. Kita mungkin juga memerlukan waktu yang panjang untuk memahami bahwa kita akan menjadi pecandu. Kita mungkin merasa baik-baik saja pada satu hari & sakit pada hari lain tetapi kita adalah pecandu setiap harinya. Pada satu waktu kita mungkin menghayal, menolak, berasionalisasi, menilai, menggila semua tanda ini merupakan cara berpikir para pecandu. Apabila kita ingin melanjutkan hidup & menikmati kehidupan tanpa menggunakan narkoba, kita harus mempraktekkan program pemulihan secara aktif setiap hari.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya seorang pecandu setiap harinya, tetapi hari ini saya memiliki pilihan untuk menjadi pecandu yang dalam proses pemulihan. Saya akan membuat pilihan tersebut dengan mempraktekkan program saya

===============================================================================

JFT 29 Januari

Langkah Pertama - Langkah Tindakan

“Apakah kita memahami bahwa kita tidak memiliki kontrol nyata terhadap narkoba?”

Basic Text. Hal. 18

Pada mulanya, banyak diantara kita mungkin telah berpikir bahwa Langkah Pertama tidak membutuhkan tindakan, kita hanya menyerah & langsung melanjutkannya ke Langkah Kedua. Tetapi, Langkah Pertama sebenarnya memerlukan tindakan! Tindakan yang kita ambil di dalam Langkah Pertama akan menjadi bukti dalam cara hidup ini, bahkan dari hari pertama kita bersih.

Apabila kita betul-betul percaya bahwa kita tidak berdaya terhadap kecanduan kita, kita tidak akan memilih untuk mendekati narkoba. Untuk melanjutkan hidup dengan atau berhubungan dengan pecandu yang berlatih mungkin dengan menunjukkan satu penerapan di dalam program kita. Kepercayaan absolut adalah bahwa kita membersihkan rumah kita dari semua narkoba & perlengkapannya.

Karena waktu berlalu, kita tidak hanya akan melanjutkan dasar-dasar tetapi menambahkan tindakan-tindakan baru ke dalam sandiwara Langkah Pertama kita. Kita akan belajar merasakan perasaan kita, bukan berusaha mengendalikan mereka. Kita akan berhenti untuk berusaha menuruti keinginan diri sendiri & hanya mengikuti tuntunan perjalanan pemulihan kita, menyemponsori diri sendiri akan terhenti.

Kita akan mulai melihat Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri untuk mendapatkan kepuasan spiritual yang lebih banyak lagi daripada berusaha untuk mengisi kekosongan tersebut dengan sesuatu yang lain. Penyerahan merupakan awal dari segalanya. Begitu kita menyerah kita perlu belajar bagaimana hidup dengan damai yang telah kita temukan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mempraktekkan Langkah Pertama. Saya betul-betul percaya Langkah tersebut berlaku bagi saya

==============================================================================

JFT 30 Januari

Memberikannya

“Kita harus memberi dengan bebas & berterima kasih terhadap apa yang telah diberikan dengan cara yang sama kepada kita".

Basic Text. Hal. 47

Dalam pemulihan, kita menerima banyak hadiah. Mungkin salah satu hadiah yang terbesar adalah kebangkitan spiritual yang mulai ketika kita berhenti menggunakan narkoba, tumbuh semakin kuat setiap harinya ketika kita menggunakan langkah-langkah di dalam kehidupan kita. Percikan kehidupan yang ada di dalam diri kita merupakan hasil dari hubungan baru kita dengan satu Kekuatan Yang Lebih Besar, hubungan yang berawal & dikembangkan dengan menghidupkan 12 Langkah. Perlahan-lahan selagi kita menjalankan program kita, sinar Pemulihan ke luar dari kegelapan penyakit kita.

Salah satu cara kita mengungkap rasa terima kasih kita atas hadiah-hadiah Pemulihan adalah dengan membantu orang lain mendapatkan apa yang telah kita dapatkan. Kita dapat melakukan hal ini dengan berbagai cara : dengan berbagi di dalam pertemuan, dengan menelpon sesuai Langkah Ke 12, dengan menerima komitmen, untuk menjadi sponsor & dengan sukarela menjadi H & I atau menerima tugas per telepon. Kehidupan spiritual yang diberikan kepada kita dalam pemulihan meminta pengungkapan, karena “kita hanya dapat menyimpan apa yang kita miliki dengan memberikannya”.

Hanya Untuk Hari Ini :

Hadiah dari Pemulihan tumbuh ketika saya membagikannya. Saya akan mendapatkan seseorang untuk berbagi dengan saya

===============================================================================

JFT 31 Januari

Kepercayaan

“Hanya Untuk Hari Ini, saya akan mempercayai seseorang dalam NA yang orang tersebut mempercayai saya & ingin membantu saya di dalam masa pemulihan”.

Basic Text. Hal. 90

Belajar untuk mempercayai merupakan usul yang berbahaya. Pengalaman masa lalu kita sebagai pecandu narkoba telah mengajarkan kita bahwa teman kita tidak dapat dipercaya. Sebagian besar kita bahkan tidak dapat mempercayai diri kita sendiri. Sekarang kita ada di dalam pemulihan, kepercayaan merupakan faktor penting. Kita memerlukan sesuatu untuk bergantung, dipercaya & memberi harapan di dalam pemulihan ini.

Bagi sebagian kita hal pertama yang dapat kita percayai adalah kata-kata dari para anggota lain yang berbagi pengalaman di dalam pertemuan, kita merasa adanya kebenaran di dalam kata-kata mereka. Mendapatkan seseorang yang dapat kita percayai membuat kita lebih mudah untuk meminta bantuan & karena itu kita berkembang untuk mempercayai diri sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan memutuskan untuk mempercayai seseorang. Saya akan menindak lanjuti kepercayaan tersebut


Tidak ada komentar:

Posting Komentar