Selasa, 21 Agustus 2018

Hanya Untuk Hari Ini: April

JFT 1 April

Cinta Dan Kecanduan

“Beberapa diantara kita melihat pengaruh-pengaruh kecanduan pada orang-orang dekat kita. Kita sangat tergantung pada mereka untuk menjalani hidup ini. Kita merasa marah, kecewa dan terluka ketika mereka menemukan minat, teman dan orang lain yang mereka cintai selain diri kita.”

Basic Text, hal 7

Kecanduan mempengaruhi setiap bidang kehidupan kita. Sebagaimana seperti ketika kita mencari narkoba yang akan membuat kita membenarkan segala sesuatunya, makanya kita perlu mencari orang untuk memperbaiki diri kita. Kita membuat permintaan-permintaan yang tidak mungkin, dan membuat orang lain pergi sekalipun dia memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada kita. Seringkali, orang-orang yang sangat tertinggal adalah orang-orang yang memerlukan bantuan dan tidak berdaya menolak harapan-harapan kita yang tak masuk akal. Oleh karena itu, tidak heran apabila kita tidak mampu untuk menjalin dan mempertahankan hubungan-hubungan yang sehat di dalam kecanduan.

Hari ini, dalam pemulihan, kita telah berhenti berharap untuk mendapatkan narkoba membetulkan diri kita. Apabila kita masih mengharapkan orang lain untuk membetulkan diri kita, mungkin kita sudah saatnya untuk memperpanjang program pemulihan kita kepada hubungan-hubungan kita. Kita mulai mengakui bahwa kita memiliki masalah-masalah yang kita tidak ketahui yang mana kita pada mulanya tidak mengetahui untuk mendapatkan hubungan akrab yang sehat. Kita mencari anggota yang memiliki masalah yang serupa dan telah menemukan kelegaan. Kita berbicara dengan mereka dan mendengar apa yang mereka bagikan mengenai aspek ini dari Pemulihan mereka. Kita menerapkan program ke dalam hubungan-hubungan kita, mencari kebebasan serupa di dalam hubungan-hubungan kita yang kita temukan selama masa pemulihan kita. 

Hanya Untuk Hari Ini : 

Hubungan-hubungan yang menyenangkan masih dalam jangkauan saya. Hari ini saya akan menguji pengaruh kecanduan pada hubungan-hubungan saya sehingga saya dapat mulai mencari pemulihan

===============================================================================

JFT 2 April

Atraksi/Pertunjukan

“Kesan publik kita mencakup apa yang harus kita tawarkan : satu keberhasilan yang terbukti dalam upaya mempertahankan gaya hidup bebas narkoba”.

Basic Text. Hal. 72

Ya, kita menarik para anggota baru. Semakin hari semakin banyak para pecandu yang menemukan NA. Tetapi bagaimana kita memperjuangkan para anggota baru ketika mereka tiba, yang telah lelah berjuang untuk melepaskan kecanduan? Apakah kita menggapai para pendatang baru yang berdiri sendirian pada pertemuan-pertemuan kita, bingung & tidak pasti? Apakah kita berkeinginan untuk memberi mereka tumpangan pulang setelah menghadiri pertemuan?

Apakah kita masih berhubungan satu per satu dengan para pecandu yang masih menderita? Apakah kita memberikan nomor telepon kita? Apakah kita ingin meneruskan panggilan Langkah Ke 12, sekalipun hal ini berarti kita harus berangkat dari tempat tidur kita yang nyaman di tengah malam? Akankah kita bekerja dengan seseorang yang memiliki orientasi seks yang berbeda atau yang berorientasi budaya yang berbeda? Apakah kita cukup dermawan dengan hadiah waktu kita?

Tak disangkal lagi kita dipertemukan dengan cinta & penerimaan oleh para teman pecandu. Apa yang menarik sebagian besar kita ke NA adalah perasaan yang akhirnya kita temukan di tempat kita bersatu. Apakah kita menawarkan rasa jenis kepemilikan yang sama kepada para anggota baru kita? Kita tidak dapat mempromosikan NA. Tetapi ketika kita menjalankan prinsip-prinsip di dalam hidup kita, kita menarik para anggota baru ke jalan NA sebagaimana halnya kita ditarik ke pemulihan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bekerja dengan seorang pendatang baru. Saya akan ingat bahwa saya sendiri dulunya pernah mengalami menjadi pendatang baru. Saya akan berusaha menarik orang lain dengan cara yang sama yang telah saya dapatkan di NA

===============================================================================

JFT 3 April

Untuk Anda Sendiri

Gagasan kebangkitan spiritual memiliki berbagai wujud pada berbagai kepribadian yang telah kita dapatkan di dalam persahabatan.

Basic Text, hal 48

Sekalipun kita semua menjalani langkah-langkah yang sama, kita masing-masing mengalami kebangkitan spiritual sebagai hasil dari langkah-langkah tersebut sesuai dengan cara kita masing-masing. Bentuk kebangkitan spiritual di dalam hidup kita akan bervarisi tergantung pada diri kita masing-masing.

Bagi sebagian kita, kebangkitan spiritual yang dijanjikan di dalam Langkah Keduabelas akan menghasilkan satu minat yang diperbaharui di dalam bidang keagamaan atau mistik. Orang lain akan bangkit dengan memahami kehidupan orang-orang yang ada di sekitar mereka yang diawali dengan empati. Sementara orang lain akan menyadari keadaan moral dan etika mereka dan sebagian besar kita yang sedang mengalami kebangkitan spiritual menggabungkan unsur-unsur tersebut dan kombinasi individu ke individu unik. 

Apabila ada begitu banyak variasi yang berbeda dari kebangkitan spiritual, bagaimana kita mengetahui apakah kita telah betul-betul mengalaminya? Langkah Keduabelas menyediakan kita dua tanda: Kita telah mendapatkan prinsip yang mampu membimbing kita, jenis prinsip yang ingin kita praktikkan di dalam kehidupan kita. Dan kita merasa bebas berbagi dengan mereka mengenai pengalaman yang kita miliki. Tanpa memandang seperti apa kebangkita spiritual kita, kita semua mendapatkan tuntunan dan cinta yang kita perlukan untuk memenuhi orientasi kehidupan spiritual kita.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Tanpa memandang bentuk kebangkitan spiritual, kebangkitan spiritual saya telah membantu saya mengisi bagian saya di dunia ini dengan cinta dan kehidupan. Dan karena itu, saya merasa berterima kasih

===============================================================================

JFT 4 April

Menjaga Pemulihan kita

“Ingat bahwa kita… sepenuhnya bertanggung jawab atas Pemulihan kita & keputusan-keputusan kita”.

Basic Text. Hal. 99

Sebagian besar orang akan menghadapi pilihan yang menentang Pemulihan kita. Apabila kita mendapatkan diri kita sendiri dalam keadaan sakit fisik yang parah, contoh : kita harus memutuskan apakah kita akan minum obat atau tidak. Kita harus betul-betul jujur dengan diri kita mengenai beratnya penyakit kita, kita juga harus jujur terhadap dokter kita mengenai kecanduan kita & Pemulihan kita & juga jujur dengan sponsor kita. Akan tetapi pada akhirnya, keputusan itu ada di tangan kita, karena kita adalah orang yang harus hidup dengan konsekuensi. 

Tantangan umum lainnya adalah pilihan untuk menghadiri satu pesta dimana alkohol disajikan. Kita harus mempertimbangkan keadaan spiritual kita sendiri. Apabila seseorang yang mendukung pemulihan kita dapat menghadiri acara tersebut bersama kita, itu akan lebih baik. Akan tetapi, apabila kita tidak merasa cara tersebut sebagai satu tantangan, kita mungkin cenderung untuk menghadirinya. Hari ini, kita menyadari bahwa menjaga pemulihan kita lebih penting daripada menyelamatkan muka.

Semua keputusan berat seperti ini tidak hanya memerlukan pertimbangan yang cermat, tetapi juga tuntunan dari sponsor kita & penyerahan diri seutuhnya kepada Kekuatan Yang Lebih Besar. Dengan menggunakan semua sumber-sumber ini, kita akan dapat membuat keputusan terbaik. Akan tetapi, sesungguhnya keputusan tersebut ada di tangan kita. Hari ini, kita semua bertanggung jawab atas Pemulihan kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Ketika menghadapi keputusan yang mungkin bertentangan dengan Pemulihan saya, saya akan berkonsultasi dengan semua sumber penyelesaian yang ada sebelum saya mengambil keputusan

===============================================================================

JFT 5 April

Identifikasi

Seseorang akhirnya mengetahui pikiran-pikiran gila yang pernah saya miliki dan hal-hal gila yang pernah saya lakukan.

Basic Text, hal 175

Para pecandu sering merasa unik. Kita yakin bahwa tidak seorangpun menggunakan narkoba seperti kita dan harus melakukan hal-hal seperti yang kita lakkukan untuk mendapatkan narkoba. Dan kita merasa bahwa tidak tidak seorang pun yang betul-betul memahami kita dan dapat memulihkan kita selama bertahun-tahun.

Tetapi, sekali kita datang ke ruang NA, kita mulai kehilangan perasaan menjadi orang yang terburuk dan tergila. Kita mendengar selagi anggota lain yang berbagi pengalaman mereka. Kita mendapatan bahwa orang-orang lain telah berjalan pada jalan yang berliku-liku dan masih mendapatkan Pemulihan. Kita mulai percaya bahwa pemulihan tersedia untuk kita juga.

Sekalipun kita sudah membuat kemajuan dalam pemulihan, kadang-kadang pikiran kita masih juga gila. Akan tetapi, kita mendapatkan bahwa ketika kita berbagi masa-masa sulit yang kita miliki, orang lain mengidentifikasikan, dan berbagi cara mereka mengatasi kesulitan tersebut. Tanpa memandang betapa sulitnya beban pikiran kita, kita akan mendapatkan harapan ketika orang yang berhubungan dengan kita, karena mereka memberitahukan kita pemecahan-pemecahan yang telah mereka dapatkan. Kita mulai percaya bahwa kita dapat bertahan hidup dalam keadaan apapun dan mampu melanjutkan pemulihan kita.

Hadiah dari NA adalah kita menyadari bahwa kita tidak sendirian. Kita bisa bersih dan hidup bersih dengan berbagi pengalaman kita, kekuatan kita, dan bahkan pikiran gila kita dengan para anggota lain. Apabila kita berbagi, kita membuka diri kita terhadap pemecahan-pemecahan yang telah orang lain temukan dalam upaya menghadapi masalah serupa.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya berterima kasih bahwa saya dapat mengidentifikasikan orang lain. Hari ini, saya akan mendengar ketika mereka berbagi pengalaman mereka dan saya akan berbagi pengalaman saya dengan mereka

===============================================================================

JFT 6 April

Menumbuhkan Kejujuran

Pada praktiknya, perubahan-perubahan terjadi karena apa yang tepat untuk satu fase pemulihan belum tentu tepat untuk fase lainnya.

Basic Text, hal 101

Ketika pertama kali kita sampai ke NA, banyak diantara kita tidak memiliki satu pekerjaan tetap. Tidak semua diantara kita yang memutuskan seketika untuk menjadi warga yang jujur dan produktif pada saat kita sampai di NA. Tetapi, kita segera mendapatkannya di dalam pemulihan bahwa kita tidak begitu nyaman melakukan berbagai hal yang dulu pernah kita lakukan tanpa satu detik pun berpikir ketika kita masih menggunakan narkoba.

Karena kita tumbuh di dalam masa pemulihan, kita mulai menjadi jujur dalam hal-hal yang mungkin tidak mengganggu kita ketika kita menggunakan narkoba. Kita mulai mengembalikan uang kembalian yang lebih kepada kasir karena kekeliruan mereka, atau mengakui ketika kita menabrak mobil atau kendaraan parkir. Kita mendapatkan bahwa apabila kita dapat mulai menjadi orang jujur dalam cara-cara kecil ini, ujian terbesar dari kejujuran kita menjadi lebih mudah ditangani.

Banyak diantara kita datang ke sana dengan kemampuan yang terbatas untuk berprilaku jujur. Tetapi, kita mendapatkan bahwa karena kita menjalankan Langkah-langkah Duabelas, kehidupan kita mulai berubah. Kita tidak lagi merasa nyaman ketika kita mendapatkan keuntungan dengan menyebabkan orang lain mengalami kerugian. Dan kita dapat merasa senang dengan kejujuran yang baru kita temukan.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan memeriksa tingkat kejujuran saya di dalam kehidupan saya dan saya ingin tahu apakah saya merasa nyaman dengannya

===============================================================================

JFT 7 April

Nilai Masa Silam

Pengalaman langsung dalam semua fase sakit dan pemulihan merupakan nilai terapi yang tidak ada bandingannya. Kita berada di sini untuk berbagi nilai tersebut dengan bebas dengan para pecandu yang ingin pulih.

Basic Text, hal 10

Sebagian besar kita datang ke program dengan penyesalan-penyesalan serius. Kita tidak pernah menyelesaikan SMU, atau kita kehilangan kesempatan untuk kuliah. Kita telah menghancurkan persahabatan dan perkawinan kita. Kita telah kehilangan pekerjaan. Dan kita menyadari bahwa kita tidak bisa merubahnya. Kita mungkin berpikir bahwa kita selalu menyesal dan berikir bahwa kita harus mencari jalan untuk hidup dengan penyesalan-penyesalan tersebut.

Sebaliknya, kita mendapatkan bahwa masa silam kita merupakan tambang emas yang tak tersentuh dan berbagi pengalaman dengan pendatang baru merupakan hal pertama. Selagi kita mendengarkan seseorang berbagi pengalaman Langkah Kelima dengan kita, kita dapat memberikan bentuk kenyamanan khusus terhadap diri kita sendiri yang tidak dapat disediakan oleh siapapun karena pengalaman kita sendiri. Kita telah melakukan hal yang sama Kita telah memiliki perasaan malu dan menyesal yang sama. Kita telah menderita dengan cara yang sama seperti seorang pecandu lain. Kita dapat menghubungkannya dan mereka juga demikian.

Masa lalu kita bernilai tetapi fataknya tidak berharga karena kita dapat menggunakan semuanya untuk membantu seorang pecandu yang masih menderita. Kekuatan Yang Lebih Besar kita dapat bekerja pada diri kita apabila kita membagi masa silam kita. Kemungkinan alasan kita berada di sini dan kemungkinan pemenuhannya merupakan tujuan yang terpenting yang harus kita penuhi.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya tidak lagi menyesali masa silam saya karena saya dapat berbagi dengan pecandu lain, mungkin juga dapat mencegah rasa sakit atau bahkan mencegah kematian orang lain

===============================================================================

JFT 8 April

Kebahagiaan

“Kita menjadi tahu mengenai kebahagiaan, kenikmatan & kebebasan”.

Basic Text. Hal. 88

Apabila seseorang memberhentikan Anda di jalan hari ini & bertanya apakah Anda bahagia, Apa yang akan Anda katakan? “Baiklah, Astaga, coba saya pikir… Saya memiliki tempat untuk hidup, makanan di kulkas, pekerjaan, mobil saya berjalan dengan baik ... Ya, saya pikir saya bahagia” jawab Anda. Hal ini sebenarnya hanya merupakan sisi luar saja yang banyak diantara kita mengasosiasikannya sebagai kebahagiaan. Akan tetapi, kita sering lupa bahwa kebahagiaan merupakan satu pilihan : tidak seorang pun yang dapat membuat kita bahagia.

Kebahagiaan merupakan apa yang kita dapatkan di dalam keterlibatan kita dengan NA. Kebahagiaan yang berasal dari hidup yang berfokus melayani pecandu yang sedang menderita. Apabila kita melayani orang lain kita berarti lebih maju selangkah daripada keinginan kita, kita mendapatkan bahwa kita tidak berfokus pada diri sendiri. Sebagai hasilnya, kita hidup lebih nyaman & harmonis. Dalam melayani orang lain, kita mendapatkan kebutuhan kita sendiri lebih terpenuhi.

Kebahagiaan. Apa sesungguhnya kebahagiaan itu? Kita dapat berpikir mengenai kebahagiaan sebagai satu kenyamanan & kepuasan. Dua hal ini menyayat pikiran kita yang tampaknya datang kepada kita ketika kita tidak sedang berusaha mencarinya. Karena kita hanya hidup untuk hari ini dengan membawa pesan kepada pecandu yang masih menderita, kita mendapatkan rasa nyaman, bahagia & hidup kita bermakna.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berbahagia. Saya akan mendapatkan kebahagiaan saya dengan melayani orang lain

===============================================================================

JFT 9 April

Bertindak

“Kita belajar untuk mengalami perasaan-perasaan & menyadari bahwa mereka tidak dapat membahayakan kita kecuali kita melakukannya”.

IP No. 16 “Untuk Pendatang Baru”

Banyak diantara kita datang ke NA dengan sesuatu tidak lebih dari keinginan untuk berhenti menggunakan narkoba. Tentu narkoba menyebabkan kita dalam masalah & kita ingin bebas dari masalah-masalah tersebut, tetapi kita tidak ingin berhenti menikmati narkoba. Akhirnya, kita menyadari bahwa kita tidak dapat menikmati narkoba tanpa melakukannya berkelanjutan. Walaupun kita betul-betul ingin merasakan nikmatnya narkoba, kita tidak menggunakan, kita tidak ingin membayar resikonya lagi. Semakin lama kita hidup bersih & menjalankan program, semakin bebas pula jadinya diri kita.

Cepat atau lambat dorongan untuk menggunakan narkoba betul-betul bebas dari diri kita & kita hidup bersih karena kita ingin hidup bersih. Prinsip yang sama berlaku juga terhadap dorongan-dorongan negatif yang mungkin mengaburkan kita. Kita mungkin ingin melakukan sesuatu yang merusak, hanya karena kita ingin saja. Kita telah melakukannya sebelumnya & kadang-kadang kita berpikir kita telah melupakannya, tetapi kadang-kadang kita belum. Apabila kita tidak ingin membayar resiko tersebut, kita tidak perlu melakukannya.

Kita mungkin sulit, mungkin bahkan sama sulitnya ketika kita ingin hidup bersih pada saat-saat awal. Tetapi, orang lain juga merasakan hal yang sama & telah menemukan kebebasan untuk tidak mengikuti dorongan-dorongan negatif mereka. Berbagi dengan mereka & mencari bantuan dari pecandu lain yang dalam proses pemulihan & Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita, kita bisa mendapatkan arahan, dukungan & kekuatan yang kita butuhkan untuk menjauhkan diri dari keinginan yang merusak.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya dapat merasakan perasaan saya. Dengan bantuan sponsor saya, teman-teman NA saya & Kekuatan Yang Lebih Besar, saya bebas untuk tidak menuruti perasaan-perasaan negatif saya

===============================================================================

JFT 10 April

Terlalu Sibuk

“Kita harus menerapkan apa yang kita pelajari atau kita akan kehilangan apa yang telah kita pelajari, tanpa memandang berapa lama kita telah hidup bersih”.

Basic Text. Hal. 82

Setelah bersih beberapa waktu, beberapa diantara kita memiliki kecenderungan untuk melupakan prioritas paling penting kita. Sekali seminggu atau kurang kita mengatakan, “saya harus pergi ke pertemuan malam ini. Saya telah…" Kita telah terjebak di dalam pertemuan lain, penting tentunya tetapi kemudian kita tidak lagi berpartisipasi di dalam NA. Hal ini terjadi bertahap. Kita mendapatkan pekerjaan.

Kita bergabung kembali dengan keluarga kita. Kita membesarkan & mendidik anak-anak, merawat anjing kita yang sakit atau kita pergi kuliah pada malam hari. Rumah kita perlu dibersihkan. Rumput perlu dipotong. Kita harus kerja lembur. Kita capek. Ada pertunjukan bagus di theater malam ini. & tiba-tiba kita menyadari bahwa kita belum menelpon sponsor kita, kita belum menghadiri rapat, kita belum berbicara kepada pendatang baru atau bahkan belum berbicara kepada Tuhan kita untuk beberapa waktu.

Apa yang kita lakukan apabila kita berada pada saat seperti ini? Kita dapat memperbaharui komitmen kita terhadap pemulihan atau terus terlalu sibuk sehingga meninggalkan program pemulihan kita sampai dengan kita menyadari bahwa hidup kita tidak dapat diatur. Ini memang betul-betul satu pilihan! Taruhan terbaik kita adalah menggunakan lebih banyak energi kita untuk mempertahankan pondasi Pemulihan di tempat kita mendirikan kehidupan kita. Pondasi tersebut membuat segala sesuatunya mungkin & pondasi tersebut tentunya hancur apabila kita terlalu sibuk dengan hal-hal lain.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya tidak boleh terlalu sibuk untuk meluangkan waktu demi pemulihan saya. Saya akan melakukan sesuatu hari ini & mempertahankan pemulihan saya

===============================================================================

JFT 11 April

Wawasan Yang Tertutup

“Gagasan baru tidak dapat dicangkokkan pada wawasan tertutup … Wawasan yang terbuka menuntun kita kepada pandangan-pandangan baru yang telah terselubungi selama kecanduan kita."

Basic Text, hal 93

Kita tiba di NA pada titik terendah di dalam kehidupan kita. Kita sampai di sini adalah karena gagasan-gagasan baru, cara-cara hidup baru yang kita peroleh dari pengalaman orang-orang yang kita temui yang telah menjalankan gagasan tersebut . Namun, wawasan tertutup kita mencegah kita dari menjalankan gagasan yang kita butuhkan untuk hidup.

Penolakan mencegah kita menghargai betapa sangat perlunya kita dengan gagasan baru dan arahan baru. Dengan mengakui ketidakberdayaan dan mengenali betapa tidak dapat diaturnya hidup kita, kita memungkinkan diri kita sendiri untuk melihat berapa banyak hal yang kita butuhkan dari apa yang ditawarkan di dalam NA.

Ketergantungan pada diri sendiri dan menuruti keinginan diri sendiri dapat mencegah kita untuk mengakui kemungkinan kehadiran satu Kekuatan yang lebih besr daripada diri kita sendiri. Akan tetapi, ketika kita mengakui penyesalan kita keinginan diri sendiri kita telah masuk, kita membuka mata kita dan pikiran kita terhadap kemungkinan-kemungkinan baru. Ketika orang lain memberi tahu kita mengenai satu kekuatan yang membawa kewarasan dalam hidup mereka, kita mulai percaya bahwa Kekuatan demikian mungkin terjadi pula pada diri kita.

Cabang pohon yang dikuliti akan mati kecuali cabang-cabang baru dapat dicangkokkan kepada pohonnya. Hal yang sama terjadi di dalam kecanduan yang menguliti kita terhadap arah hidup kita. Untuk tumbuh atau bahkan untuk bertahan hidup, kita harus membuka wawasan kita dan memungkinkan gagasan-gagasan baru kita untuk dicangkokkan ke dalam kehidupan kita.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan meminta Kekuatan Yang Lebih Besar saya untuk membuka wawasan saya terhadap gagasan baru pemulihan

===============================================================================

JFT 12 April

Gambar Besar

“Semua kebangkitan spiritual memiliki banyak kesamaan. Elemen-elemen yang lazim tersebut mencakup berakhirnya masa kesepian & merasa memiliki arah di dalam kehidupan ini”.

Basic Text. Hal. 48

Beberapa jenis pengalaman spiritual terjadi ketika kita berhadapan dengan sesuatu yang lebih besar daripada diri kita sendiri. Kita curiga bahwa kekuatan-kekuatan di luar pemahaman kita sedang beroperasi. Kita melihat dengan sekilas gambar besar & mendapatkan bahwa kita terhina pada saat itu. Perjalanan kita melalui Langkah Ke 12 akan membawa pengalaman spiritual yang sama sifatnya hanya saja lebih besar & lebih lama.

Kita mengalami proses berkelanjutan dari penurunan ego, sementara pada saat yang sama kita menjadi lebih sadar mengenai perspektif yang lebih besar. Pandangan kita terhadap dunia menjadi lebih luas di mana kita tidak lagi memiliki perasaan yang membesar-besarkan sesuatu untuk kepentingan kita sendiri. Melalui kesadaran baru kita, kita tidak lagi merasa terisolasi dari manusia lainnya.

Kita mungkin tidak memahami mengapa kadang-kadang orang memperlakukan kita begitu kejam. Tetapi, kita betul-betul menyadari bahwa kita menderita & sekarang di dalam pemulihan, kita dapat melakukan hal terbaik untuk menghilangkannya. Apabila kontribusi individu kita digabungkan dengan yang lain, kita menjadi bagian penting dari satu rancangan besar. Kita terhubung akhirnya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya tidak lebih dari seorang makhluk yang merupakan bagian dari isi dunia. Saya dengan rendah hati menerima tempat saya di dalam gambar besar ini

===============================================================================

JFT 13 April

Menyenangkan Orang Lain

"…perilaku mencari persetujuan orang lain menyeret kita lebih jauh kepada kecanduan kita…"

Basic Text. Hal. 14

Apabila orang lain menyetujui apa yang kita lakukan atau apa yang kita katakan, kita merasa nyaman apabila mereka tidak menyetujui, kita merasa tidak enak. Pendapat mereka terhadap kita & bagaimana pendapat ini membuat kita merasa nyaman dapat memiliki nilai positif. Dengan menelusuri jalan lurus ini, mereka memotivasi kita untuk terus melanjutkannya. "Menyenangkan orang" merupakan sesuatu yang lain. "Kita menyenangkan orang lain" ketika kita melakukan hal-hal yang benar atau salah, hanya untuk memperoleh persetujuan orang lain.

Penghargaan diri yang rendah dapat membuat kita berpikir kita memerlukan persetujuan dari seseorang untuk merasa nyaman terhadap diri kita sendiri. Kita melakukan apapun yang kita pikir & membuat mereka mengatakan bagus untuk kita. Kita merasa nyaman untuk sementara waktu. Kemudian kita mulai menguburkan diri kita sendiri & nilai-nilai kita. Kita menyadari bahwa persetujuan dari orang lain tidak akan mengisi kekosongan jiwa kita. Kepuasan dalam diri yang kita temukan dalam melakukan hal-hal yang benar harus berdasar alasan yang benar pula.

Kita mematahkan lingkaran menyenangkan orang ketika kita berhenti hanya untuk memperoleh persetujuan orang lain & mulai menjalankan kehendak Kekuatan Yang Lebih Tinggi untuk kita. Apabila kita melakukannya, mungkin kita merasa sangat senang mendapatkan bahwa orang yang betul-betul bergantung pada hidup kita akan menyetujui semua tingkah laku kita. Sekalipun yang paling penting bagi kita adalah menyetujui diri kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Kekuatan Yang Lebih Besar, bantulah saya untuk hidup sesuai dengan prinsip-prinsip spiritual. Kemudian baru saya bisa menyetujui diri saya sendiri

===============================================================================

JFT 14 April

Pandangan Baru

"Apakah kita betul-betul ingin membuang semua kebencian kita, rasa rendah kita & ketakutan kita?"

Basic Text. Hal. 33

Mengapa kita menyebut mereka semua sebagai "kekurangan"? Mungkin mereka harus disebut sebagai satu kelebihan, karena hal tersebut seringkali dapat melunturkan masalah tersebut dari kehidupan kita. Beberapa diantara kita merasa bahwa kekurangan-kekurangan kita merupakan jati diri yang menyelamatkan kehidupan kita ketika kita menggunakan narkoba. Apabila hal ini benar, tidak aneh apabila kita kadang-kadang berpegang teguh kepada mereka seperti teman lama yang dekat.

Apabila kita bermasalah dengan kebencian, marah atau takut, kita mungkin berkeinginan memimpikan akan seperti apa kehidupan kita tanpa dapat memecahkan masalah kecacatan ini. Dengan bertanya kepada diri sendiri mengapa kita beraksi dengan cara tertentu kadang-kadang dapat menyapu bersih rasa takut pada diri kita. "Mengapa saya takut terhadap langkah-langkah di luar aspek kepribadian saya?" tanya kita kepada diri sendiri. "Apakah saya merasa takut akan menjadi siapa saya ini tanpa sifat-sifat ini?"

Sekali kita menyingkap rasa takut kita, kita mampu bergerak di luar rasa takut tersebut. Kita berusaha untuk berkhayal akan seperti apa hidup kita tanpa kekurangan-kekurangan kita yang mencolok ini. Hal ini memberikan kita perasaan terhadap apa yang mendasari rasa takut kita sebelumnya, asalkan kita memiliki motivasi untuk mendorong kita melewati masa sulit ini. Kekuatan Lebih Tinggi kita menawarkan kita visi baru untuk kehidupan kita, membebaskan kita dari kecacatan kita. Visi tersebut merupakan inti dari mimpi terbaik & tercerah kita atas diri kita sendiri. Kita tidak perlu takut dengan visi tersebut.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membayangkan akan seperti apa hidup saya tanpa hadirnya karakter yang cacat. Saya akan meminta kepada Tuhan agar saya dikaruniai keinginan untuk membuang kekurangan-kekurangan ini

===============================================================================

JFT 15 April

Tetap Kembali

"Kita telah datang untuk menikmati hidup bersih dan menginginkan lebih banyak hal baik yang teman-teman NA miliki untuk kita."

Basic Text, hal 26

Dapatkah Anda mengingat satu waktu ketika Anda melihat pecandu yang dalam proses Pemulihan di NA dan ingin tahu, "Apabila mereka tidak sedang menggunakan narkoba, apa gerangan yang harus mereka tertawakan?" Apakah Anda percaya bahwa saat-saat nyaman terhenti ketika kita berhenti menggunakan narkoba. Begitu banyak diantara kita berpandangan demikian, kita yakin bahwa kita meninggalkan kehidupan yang baik. Hari ini, banyak diantara kita yang dapat tertawa pada konsep yang salah tersebut karena kita tahu betapa penuhnya kehidupan kita selama masa pemulihan.

Banyak hal yang sangat kita nikmati dalam masa pemulihan dengan cara berpartisipasi aktif di dalam persahabatan NA. Kita mulai mendapatkan persahabatan sejati, teman-teman yang memahami dan perduli dengan kita dan hanya untuk kita saja. Kita mendapatkan tempat dimana kita dapat berguna bagi orang lain. Ada pertemuan-pertemuan pemulihan, kegiatan layanan dan perkumpulan persahabatan untuk mengisi waktu kita dan minat kita. Persahabatan dapat menjadi hal kecil untuk merefleksikan kembali kepada kita satu bayangan yang lebih akurat siapa diri kita ini sebenarnya. Kita mendapatkan guru, penolong, taman, cinta, perhatian dan dukungan. Persahabatan selalu memiliki sesuatu yang lebih ditawarkan kepada kita, asalkan kita tetap kembali.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya mengetahui tempat kehidupan yang baik Saya akan selalu kembali

===============================================================================

JFT 16 April

Bertindak Seolah-olah

"Hari ini kita mencari pemecahan bukan mencari masalah, kita mencoba apa yang telah kita pelajari berdasar pada satu percobaan".

Basic Text. Hal. 55

Pertama kali kita mendengar bahwa kita seharusnya "bertindak seolah-olah" banyak diantara kita berseru “Tetapi hal itu tidak jujur! Saya pikir kita harus selalu jujur menangani perasaan-perasaan kita di NA”. Kita mungkin dapat mengenali ketika pertama kali kita sampai pada program, Kita mungkin tidak percaya kepada Tuhan, tetapi kita masih berdoa. Atau mungkin kita tidak yakin bahwa program akan bekerja pada diri kita, tetapi kita tetap datang ke pertemuan tanpa memandang pendapat kita.

Hal yang sama berlaku karena kita membuat kemajuan dalam masa pemulihan. Kita mungkin merasa takut dengan keramaian, tetapi apabila kita bertindak dengan rahasia & mengulurkan tangan kita, kita tidak hanya akan merasa lebih baik mengenai diri kita, tetapi kita akan mendapatkan bahwa kita tidak lagi takut berada pada pertemuan-pertemuan besar.

Setiap reaksi yang kita ambil dalam usaha ini membuat kita semakin dekat untuk menjadi orang seperti yang kita inginkan. Setiap perubahan positif yang kita lakukan dapat membangun rasa harga diri kita. Dengan bertindak berbeda, kita akan menyadari bahwa kita mungkin berpikir berbeda. Kita menghidupkan diri kita sendiri pada pemikiran yang benar dengan "bertindak seolah-olah".

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mengambil kesempatan untuk bertindak seolah-olah saya dapat menerima satu situasi yang biasa saya jalankan

===============================================================================

JFT 17 April

Prioritas Pertemuan

Saya pada mulanya merasa bahwa mustahil untuk menghadiri pertemuan satu atau dua kali seminggu. Jadual pertemuan tersebut tidak pas dengan kesibukan kita. Saya kemudian menyadari bahwa prioritas saya adalah 180 derajat berbeda. Banyak hal lain yang harus saya korbankan untuk menghadiri pertemuan.

Basic Text, hal 204

Beberapa diantara kita menghadiri pertemuan secara tidak teratur ketika kita pertama kali datang ke NA, kemudian ingin mengetahui alasan mengapa kita tidak dapat hidup bersih. Jawabannya adalah kita harus memprioritaskan untuk menghadiri pertemuan.

Maka kita mulai lagi. Menindaklanjuti saran sponsor kita, kita membuat komitmen untuk menghadiri sembilan puluh pertemuan dalam sembilan puluh hari. Kita mengidentifikasi diri kita sendiri sebagai pendatang baru selama 30 hari pertama sehingga orang lain dapat kenal dengan dengan kita. Dengan bimbingan sponsor kita, kita berhenti berbicara terlalu lama dan mulai belajar mendengarkan. Kita segera merasa perlu untuk menghadiri pertemuan. Dan kita mulai hidup bersih.

Hari ini, kita menghadiri pertemuan karena berbagi alasan. Kadang-kadang kita pergi ke pertemuan untuk berbagi pengalaman, kekuatan dan harapan dengan para anggota yang lebih baru. Kadang-kadang kita pergi mengunjungi teman kita. Dan kadang-kadang kita hanya pergi karena kita perlu satu rangkulan. Kadang-kadang kita meninggalkan pertemuan dan a padatnya jadwal kita, kita memprioritaskan untuk menghadiri pertemuan.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Dalam jiwa saya, saya menyadari bahwa pertemuan menguntungkan saya dalam segala bentuk. Hari ini, saya mengijinkan sesuatu yang baik untuk diri saya. Saya akan menghadiri pertemuan

===============================================================================

JFT 18 April

“Saya Memahami"

Kita dengan rendah hati memohon kepada Dia untuk menghilangkan kekurangan-kekurangan kita.

Langkah Ketujuh

Begitu kita betul-betul siap untuk menghilangkan karakter jelek kita, banyak diantara kita betul-betul siap! Ironisnya, hal ini terjadi pada saat masalah mulai muncul. Semakin keras kita berjuang untuk menghilangkan kejelekan tertentu, semakin kuat pula kekurangan kita tampak. Kita betul-betul menyadari kita tidak hanya tidak berdaya terhadap kecanduan, dan juga tidak berdaya terhadap karakter kita yang cacat.

Akhirnya, hal tersebut terjadi. Langkah Ketujuh tidak menyarankan bahwa kita sendiri harus membuang kekurangan-kekurangan ita, tetapi kita harus memohon Kekuatan Yang Lebih Besar untuk mengatasinya. Fokus dari doa harian kita mulai berubah. Dengan mengakui ketidakberdayaan untuk membuat diri kita sendiri sempurna, kita mohon kepada Kekuatan Yang Lebih Besar melakukannya untuk kita mengenai apa yang tidak dapat kita lakukan sendiri. Dan kita menunggu.

Selama berhari-hari, program kita mungkin berada pada Langkah Ketujuh. Kita mungkin mengalami perlahan-lahan rasa lega kekurangan-kekurangan tetapi kita sering mengalami perubahan yang tidak kentara mengenai diri kita sendiri dan orang lain. Melalui Langkah Ketujuh, kita mulai melihat orang-orang di sekitar kita dengan cara yang kurang kritis. Kita mengetahui bahwa, hanya seperti kita, banyak diantara mereka berjuang dengan kekurangan-kekurangan yang ingin mereka hilangkan. Kita mengetahui bahwa, hanya seperti kita, mereka adalah orang-orang yang tak berdaya terhadap kecacatan mereka sendiri. Kita ingin tahu apakah mereka juga berdoa dengan rendah hati untuk menghilangkan kecacatan-kecacatan mereka.

Kita mulai mengevaluasi orang lain sebagaimana telah kita pelajari untuk mengevaluasi diri kita, dengan mematuhi kerendahan hati. Sebagaimana kita mengamati orang lain, dan karena kita mengamati diri kita sendiri, kita akhirnya dapat mengatakan, saya mengerti.

Hanya Untuk Hari Ini :

Tuhan, bantulah saya melihat melalui Langkah Ketujuh. Bantulah saya untuk memahami

===============================================================================

JFT 19 April

Menjalankan Langkah-langkah

“Begitu banyak para pecandu yang mencari penghargaan akan kerja keras mereka yang sebenarnya mereka tidak melakukan sesuatu”.

Basic Text. Hal. 83

Ketika kita pertama kali datang ke NA, beberapa diantara kita menginginkan segala sesuatunya dengan cepat. Kita menginginkan ketenangan, mobil, hubungan-hubungan yang bahagia, teman-teman & kedekatan dengan sponsor. Pokoknya semua hal yang telah dimiliki orang selama berbulan-bulan & bertahun-tahun menjalankan langkah-langkah & hidup seutuhnya.

Kita belajar cara yang sulit bahwa ketenangan datang hanya dengan menjalankan langkah-langkah. Mobil baru berasal dari hasil kerja setiap hari & kita berusaha untuk mempraktekkan prinsip-prinsip ini di dalam semua hal termasuk di dalam pekerjaan kita. Hubungan yang sehat berasal dari kerja keras yang giat & keinginan baru untuk berkomunikasi.

Persahabatan dengan sponsor kita berasal dari kesetiaan kita baik pada saat-saat baik ataupun buruk. Dalam NA, kita telah mendapatkan jalan untuk kehidupan lebih baik. Akan tetapi untuk mencapai tujuan kita, kita harus menjalankan langkah-langkah.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya ingin kehidupan yang lebih baik. Saya akan melakukan inventaris mengenai apa yang saya inginkan, mencari jalan bagaimana cara mendapatkannya, berbicara dengan sponsor saya mengenainya & menjalankan langkah-langkah yang diperlukan

===============================================================================

JFT 20 April

Keterkaitan

“Kecanduan merupakan satu jenis kelompok penyakit, tetapi kita hanya dapat merubah diri kita sendiri”.

IP. No. 13 “Pemuda & Pemulihan”

Banyak diantara kita berasal dari keluarga yang betul-betul berantakan. Kadang-kadang, perasaan gila yang menguasai keluarga kita terasa berlebihan. Kadang-kadang kita merasa ingin mengemasi tas kita & pergi jauh sekali. Kita berdoa semoga keluarga kita bergabung dengan kita dalam masa pemulihan tetapi, yang menyedihkan kita adalah hal ini tidak terjadi.

Kadang-kadang usaha-usaha terbaik kita untuk membawa pesan, kita tidak dapat membantu orang yang sangat dekat dengan kita sekalipun. Kelompok kita mengajarkan kita bahwa kita perlu dekat dengan keluarga kita untuk membantu mereka. Kita juga menyadari bahwa kita lebih baik meninggalkan mereka dalam perawatan Kekuatan Yang Lebih Besar. Kita telah mendapatkan bahwa apabila kita berhenti berusaha menyelesaikan masalah-masalah keluarga kita, kita memberikan mereka kesempatan yang mereka perlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah hidup mereka sendiri.

Dengan mengingatkan mereka bahwa kita tidak dapat memecahkan masalah mereka untuk mereka, kita memberikan kebebasan untuk hidup mandiri. Kita memiliki kepercayaan bahwa Tuhan akan membantu keluarga kita merupakan contoh dari proses pemulihan yang berlangsung. Demi Pemulihan keluarga kita & kita sendiri, kita harus membiarkan keluarga kita mendapatkan jalan mereka sendiri untuk pulih.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berusaha menjalankan program saya sendiri & meninggalkan keluarga saya dalam perawatan Kekuatan Yang Lebih Besar

===============================================================================

JFT 21 April

Ketakutan

Kita telah mendapatkan bahwa kita tidak memiliki pilihan kecuali untuk betul-betul merubah cara berpikir kita sebelumnya atau kembali menggunakan narkoba.

Basic Text, hal 21

Banyak diantara kita mendapatkan bahwa cara berpikir kita sebelumnya didominasi oleh rasa takut. Kita takut bahwa kita tidak akan mampu mendapatkan narkoba atau memiliki persediaan narkoba yang tidak cukup. Kita takut ketahuan, ditangkap dan inkarnasi. Hal yang kita takuti selanjutnya adalah masalah keuangan, tidak memiliki rumah,overdosis dan penyakit. Dan akhirnya ketakutan kitalah yang mengendalikan tindakan kita.

Hari-hari awal pemulihan bukan merupakan hari istimewa bagi sebagian besar kita; kita juga merasa takut didominasi oleh pikiran kita. Bagaimana bila hidup bersih dan menyakitkan? tanya kita kepada diri kita sendiri. Bagaimana kalau saya tidak berhasil? Bagaimana kalau orang-orang di NA tidak menyukai saya? Bagaimana bila NA tidak bekerja? Rasa takut dibalik pemikiran pemikiran ini masih mengontrol tingkah laku kita, dan mencegah kita mengambil risiko yang diperlukan untuk hidup bersih dan tumbuh. Kita berpendapat tampaknya lebih mudah untuk menarik diri dan menyerah sebelum kita memulai, kemudian mengambil risiko yang hampir tak memiliki harapan. Tetapi, pikiran sejenis itu hanya akan membuat kita kambuh menggunakan narkoba.

Untuk hidup bersih, kita harus mendapatkan keinginan untuk merubah cara berpikir kita. Apa yang telah bekerja pada pecandu lain dapat bekerja pada diri kita tetapi kita harus berkeinginan untuk mencobanya. Kita harus menukar sifat keragu-raguan kita dengan harapan yang kuat. Apabila kita melakukannya, kita akan dapat mengambil risiko yang bermanfaat ini.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya berdoa supaya berkeinginan untuk merubah cara-cara berpikir saya sebelumnya, dan memiliki kemampuan untuk mengatasi rasa takut saya

===============================================================================

JFT 22 April

Menyusuri Jalan Terbuka

Ini merupakan jalan kita menuju pertumbuhan spiritual

Basic Text, hal 35

Ketika pertama kali kita sampai di pertemuan NA, tampaknya kita menemui ujung jalan. Kita tidak akan sanggup menggunakan narkoba lagi. Kita bangkrut secara spiritual. Sebagaian besar kita betul-betul terisolasi dan berpikir kita tidak memiliki banyak hal untuk hidup. Sedikit sekali kita menyadari hal ini. Karena kita memulai program pemulihan kita, kita mulai berjalan pada jalan yang kemungkinannya tidak terbatas.

Pada mulanya, berusaha untuk tidak menggunakan narkoba terasa sangat sulit. Namun, karena kita melihat pecandu lain manjalankan langkah-langkah dan menerapkan prinsip-prinsip itu dalam kehidupan mereka, kita mulai menyadari bahwa pemulihan lebih dari sekedar tidak menggunakan narkoba. Kehidupan teman-teman kita NA telah berubah. Mereka memiliki hubungan dengan Tuhan yang mereka pahami. Mereka memiliki anggota yang bertanggung jawab terhadap sesama teman dan masyarakat. Mereka memiliki alasan untuk hidup. Kita mulai percaya bahwa hal ini juga terjadi pada diri kita. 

Selagi kita melanjutkan perjalanan pemulihan kita, kita dapat menyimpang karena merasa puas dengan diri sendiri, tidak bertoleransi atau tidak jujur. Apabila kita mulai menyimpang, kita perlu mengenali tanda-tandanya dengan cepat dan kembali ke jalan kita jalan yang terbuka untuk kebebasan dan pertumbuhan.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya terus mengembangkan keterampilan hidup spiritual, keterampilan sosial dan keterampilan umum dengan menerapkan prinsip-prinsip dari program saya. Saya dapat berpergian sejauh yang saya inginkan pada jalan pemulihan yang terbuka ini

===============================================================================

JFT 23 April 

Tuhan yang kita yakini

"Banyak diantara kita memahami Tuhan sebagai satu kekuatan sebagai sesuatu yang membuat kita hidup bersih dari narkoba."

Teks Dasar, hal 25

Beberapa dari kita memasuki masa pemulihan dengan berusaha memahami dan meyakini satu Kekuatan Yang Lebih Tinggi. Akan tetapi, kebanyakan kita mendengar kata "Tuhan" sebagai sesuatu yang mengganggu. Kita mulai ragu-ragu akan adanya kekuatan yang lebih besar dari pada diri kita sendiri. Atau kita mungkin ingat dengan pengalaman-pengalaman yang tidak nyaman dengan agama dan malu kemudian menghindari hal-hal yang berhubungan dengan Tuhan.

Memulai pemulihan berarti kita memulai kehidupan spiritual kita. Apabila kita tidak nyaman dengan apa yang kita pelajari, kita dapat mencoba pendekatan berbeda. Kita tidak perlu memahami segala sesuatu secara sekaligus atau mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan kita segera. Kadang-kadang kita sudah cukup hanya mengetahui bahwa anggota NA lainnya percaya dan kepercayaan mereka membantu mereka untuk hidup bersih.

Hanya untuk hari ini:

Apa yang harus saya ketahui segera mengenai Kekuatan Yang Lebih Tinggi adalah bahwa kekuatan inilah yang membantu saya untuk hidup bersih

==============================================================================

JFT 24 April

Duabelas Langkah Kehidupan

Dengan berpantang diri dan menjalankan Duabelas Langkah NA, kehidupan kita telah menjadi lebih bermanfaat.

Basic Text, hal 8

Sebelum datang ke NA, kehidupan kita berkisar pada menggunakan narkoba. Alhasil, kita hanya memiliki energi sedikit untuk bekerja, menjalin hubungan dan melakukan kegiatan lain. Kita hanya berpikir pada kecanduan kita saja.

Duabelas Langkah NA menyediakan jalan sederhana untuk membalikkan kehidupan kita. Kita mulai dengan hidup bersih dari narkoba, hari demi hari. Ketika energi kita tidak lagi disalurkan kepada kecanduan, kita mendapatkan bahwa tidak memiliki energi untuk mengejar minat-minat lain. Karena kita memiliki hubungan-hubungan yang sehat. Kita menjadi pegawai yang dapat dipercaya. Hobi dan reaksi tampak merupakan sesuatu yang mengundang. Dengan berpartisipasi di dalam NA, kita juga berarti membantu orang lain.

NA tidak menjanjikan kita bahwa kita akan mendapatkan pekerjaan yang baik, hubungan-hubungan yang menyenangkan, atau dapat memenuhi kebutuhan hidup kita. Tetapi, ketika kita menjalankan Duabelas Langkah sesuai kemampuan terbaik kita, kita mendapatkan bahwa kita dapat menjadi orang yang mampu mendapatkan pekerjaan, mempertahankan hubungan yang menyenangkan dan membantu orang lain. Kita berhenti melayani penyakit kita, dan mulai melayani Tuhan dan orang lain. Duabelas Langkah merupakan kunci untuk merubah kehidupan kita.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan memiliki kearifan untuk menerapkan Duabelas Langkah di dalam kehidupan saya, dan memotivasi untuk tumbuh di dalam masa pemulihan saya. Saya akan mempraktikkan program saya untuk menjadi anggota masayarakat yang bertanggung jawab dan produktif

===============================================================================

JFT 25 April

Berpegang Pada Kenyataan

“Pemulihan merupakan kenyataan bagi diri kita hari ini” 

Basic Text. Hal. 97

Rasa sakit & kesedihan merupakan kenyataan hidup ketika kita menggunakan narkoba. Kita tidak bermaksud untuk menerima situasi hidup kita atau merubah apa yang tidak dapat diterima di dalam kehidupan kita. Kita berusaha untuk melarikan diri dari rasa sakit dengan menggunakan narkoba, tetapi menggunakan narkoba sebenarnya menambah masalah. Kenyataan perubahan indera kita menjadi lebih buruk.

Dengan menjalankan program NA, kita belajar bahwa mimpi-mimpi baru kita dapat mengganti mimpi-mimpi buruk kita. Kita tumbuh & berubah. Kita mendapatkan kebebasan untuk memilih. Kita mampu memberi & menerima cinta. Kita dapat berbagi dengan jujur mengenai diri kita sendiri, kita tidak lagi membesar-besarkan atau mengecilkan satu kebenaran. Kita menerima perubahan-perubahan kehidupan yang ditawarkan kepada kita & menghadapi kehidupan dengan dewasa & bertanggung jawab.

Sekalipun pemulihan tidak memberikan kita kekebalan dari kenyataan hidup, tetapi di dalam persahabatan NA kita mendapatkan dukungan, kepedulian yang tulus & perhatian yang kita perlukan untuk menghadapi realitas tersebut. Kita tidak perlu bersembunyi dari kenyaataan dengan menggunakan narkoba lagi, karena persatuan kita dengan pecandu lain yang dalam proses pemulihan memberikan kita kekuatan. Hari ini, dukungan, perhatian & empati dari pemulihan dapat memberikan kita jendela bersih & bening tempat kita memandang, mengalami & menghargai kenyataan apa adanya.

Hanya Untuk Hari Ini :

Hadiah dari Pemulihan saya adalah kehidupan & kenikmatan hidup apa adanya. Hari ini saya akan memegang teguh kenyataan

===============================================================================

JFT 26 April

Penerimaan Diri Sendiri

“Cara yang paling efektif untuk mencapai penerimaan diri adalah dengan menerapkan 12 Langkah pemulihan”.

IP. No. 19, “Penerimaan Diri”

Sebagian kita datang ke NA tanpa penerimaan diri yang berarti. Kita melihat kerusakan yang telah kita timbulkan di dalam kecanduan aktif & kita membenci diri kita sendiri. Kita mengalami kesulitan menerima masa silam kita & imajinasi sendiri yang ditimbulkannya. Penerimaan diri sendiri muncul lebih cepat ketika kita pertama kali menerima bahwa kita memiliki penyakit yang disebut kecanduan, karena kita lebih mudah menerima diri kita sendiri sebagai orang yang sakit daripada sebagai orang yang jelek. & semakin mudah kita menerima diri kita sendiri berarti semakin mudah kita menerima tanggung jawab atas diri kita sendiri.

Kita mencapai penerimaan diri melalui proses pemulihan yang sedang berjalan. Dengan menjalankan 12 Langkah NA yang mengajarkan kita untuk menerima diri kita sendiri & kehidupan kita. Prinsip-prinsip spiritual seperti penyerahan, kejujuran, ketakwaan & kerendahan hati membantu kita membebaskan beban-beban masa silam. Sikap-sikap kita berubah dengan menerapkan prinsip-prinsip ini di dalam kehidupan kita sehari-hari. Penerimaan diri tumbuh karena kita tumbuh selama dalam masa pemulihan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Penerimaan diri merupakan seperangkat proses yang digerakkan oleh 12 Langkah. Hari ini saya akan mempercayai proses, mempraktekkan langkah-langkah tersebut & belajar untuk menerima diri saya lebih baik

===============================================================================

JFT 27 April

Mengenali & Membuang Rasa Benci

“Kita ingin melihat masa silam kita yang ada di hadapan kita, melihatnya seperti apa bentuk masa silam kita & membuangnya sehingga kita dapat hidup hari ini”.

Basic Text. Hal. 28

Banyak diantara kita mengalami masalah dalam mengidentifikasikan kebencian-kebencian kita ketika kita masih baru di dalam masa pemulihan. Kita duduk di sana dengan Langkah Keempat kita yang ada di hadapan kita, berpikir & berpikir, akhirnya memutuskan bahwa kita tidak memiliki rasa benci lagi. Mungkin kita berbicara kepada diri kita sendiri untuk percaya bahwa kita sama sekali tidak sakit. Penolakan yang tak disadari dapat menjadi cabang-cabang kebencian kita. Sebagian besar perasaan-perasaan kita terkubur & terkubur dalam.

Setelah beberapa saat di dalam pemulihan, pemahaman kita berubah. Perasaan kita yang terkubur dalam mulai muncul ke permukaan & kebencian-kebencian yang kita miliki muncul dengan tiba-tiba yang dulunya kita tidak menyadari kehadirannya. Karena kita memeriksa kebencian-kebencian ini, kita mungkin merasa tergoda untuk berpegang pada kebencian itu sendiri khususnya bila kita berpikir kebencian tersebut dapat “dibenarkan”.

Tetapi, apa yang perlu kita ingat adalah bahwa kebencian-kebencian yang dibenarkan hanya merupakan hal yang memberatkan sama seperti halnya dengan kebencian-kebencian lain. Karena kesadaran kita akan kewajiban-kewajiban kita tumbuh, kesadaran akan tanggung jawab juga tumbuh. Kita tidak perlu lagi memegang erat kebencian-kebencian kita. Kita ingin melepaskan kebencian-kebencian yang tidak diinginkan tersebut & memungkinkan diri kita untuk pulih.

Hanya Untuk Hari Ini :

Ketika saya menemukan satu kebencian, saya akan melihatnya seperti apa adanya & membuangnya

===============================================================================

JFT 28 April

Siapa Sebenarnya Yang Menjadi Lebih Baik?

“Kita juga dapat menggunakan langkah-langkah untuk memperbaiki sikap-sikap kita. Pemikiran terbaik kita membuat kita dalam masalah. Kita mengenali kebutuhan untuk berubah”.

Basic Text. Hal. 53

Ketika kita masih baru di dalam pemulihan, sebagian besar kita paling tidak memiliki seseorang yang tidak kita senangi. Kita pikir orang tersebut paling kasar, orang yang paling menjengkelkan di dalam program. Kita tahu ada sesuatu yang dapat kita lakukan, satu prinsip pemulihan yang dapat kita praktekkan untuk mengatasi perasaan kita terhadap orang ini tetapi apa? Kita memohon kepada sponsor kita untuk mendapatkan bimbingan. Kita mungkin yakin dengan senyum yang membingungkan bahwa apabila kita tetap kembali, kita akan melihat orang tersebut lebih baik.

Hal itu tampak masuk akal bagi kita. Kita percaya bahwa langkah-langkah NA bekerja di dalam kehidupan setiap orang. Apabila mereka dapat bekerja keras untuk kita, mereka dapat bekerja pada orang-orang jahat juga. Waktu berlalu & pada titik tertentu kita perhatikan bahwa orang tersebut tidak tampak kasar atau menjengkelkan seperti sebelumnya. Kenyataannya dia telah menjadi orang yang dapat ditoleransi, bahkan mungkin disenangi. Kita memiliki getaran yang menyenangkan & karena kita menyadari siapa sebenarnya yang telah menjadi lebih baik. Karena kita tetap kembali, karena kita telah bekerja keras menjalankan langkah-langkah, persepsi kita terhadap orang ini berubah.

Orang yang membuat kita kesal menjadi orang yang dapat ditoleransi & kita telah menjadi orang yang menyenangkan karena kita telah mengembangkan sikap toleransi. & dia telah menjadi orang yang dapat disenangi karena kita telah mengembangkan kemampuan untuk mencintai. Jadi, siapa yang menjadi lebih baik? Kita tentunya, karena kita mempraktekkan program, kita mendapatkan manfaat dari orang di sekitar kita setelah mendapatkan pandangan baru mengenai diri kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini :

Karena saya menjadi lebih baik maka orang lain pun akan demikian. Hari ini, saya akan mempraktekkan toleransi & berusaha mencintai orang-orang yang saya temui

===============================================================================

JFT 29 April

Bagaimana Seandainya

Dengan berprinsip hidup pada hari ini kita dapat membebaskan beban masa silam dan ketakutan pada masa mendatang. Kita belajar untuk mengambil tindakan apa saja yang perlu dan mempercayakan hasil-hasil di tangan Kekuatan Yang Lebih Besar.

Basic Text, hal 90-91

Dalam kecanduan aktif kita, rasa khawatir pada masa mendatang dan apa yang mungkin terjadi merupakan kenyataan. Bagaimana seandainya kita tertangkap? Kehilangan pekerjaan kita? Pasangan hidup kita meninggal? Kita bangkrut? Dan seterusnya, dan seterusnya. Bukan hal yang aneh bagi kita menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari memikirkan apa yang akan terjadi. Kita melakukan percakapan dan memainkan skenario kita sebelum hal-hal tersebut terjadi, kemudian diasumsikan dengan bagaimana seandainya Dengan melakukan ini, kita sebenarnya membuat diri kita kecewa dan semakin kecewa.

Dengan menyimak di dalam pertemuan, kita belajar bahwa kita hidup di masa sekarang, bukan hidup di dunia bagaimana seandainya, dan merupakan satu-satunya cara untuk memutuskan ramalan-ramalan terhadap diri kita mengenai malapetaka dan hal-hal yang suram. Kita hanya dapat berhubungan dengan kenyataan hari ini, bukan dengan fantasi rasa takut kita dimana mendatang.

Dengan percaya bahwa Kekuatan Yang Lebih Besar kita hanya memiliki hal terbaik untuk kita yang dapat kita gunakan untuk memerangi rasa takut kita. Kita mendengar di dalam pertemuan bahwa Kekuatan Yang Lebih Besar tidak ingin memberikan kita sesuatu yang melebihi kemampuan kita dalam satu hari. Dan kita tahu dari pengalaman bahwa, apabila kita meminta, Tuhan yang telah kita pahami tentunya akan perduli dengan kita. Kita dapat hidup bersih melalui situasi yang terbalik dengan mempraktikkan ketaatan kita dalam perawatan Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendri. Setiap kali kita melakukannya, kita menjadi semakin tidak takut dengan bagaimana seandainya dan merasa nyaman dengan keadaan apa adanya.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan menanti masa depan dengan ketaatan kepada Kekuatan Yang Lebih Besar saya

===============================================================================

JFT 30 April

Tuhan Berbuat Untuk Kita

“Pemulihan yang sedang berlangsung bergantung pada hubungan kita dengan Tuhan yang peduli dengan kita & akan berbuat untuk kita yang tidak dapat kita lakukan untuk diri kita sendiri''.

Basic Text. Hal. 96

Berapa sering kita telah mendengar di dalam pertemuan bahwa "Tuhan berbuat untuk kita terhadap hal yang tidak mampu kita lakukan sendiri?” Kadang-kadang kita mungkin tidak membuat kemajuan di dalam masa pemulihan, merasa tidak mampu, takut atau tidak berkeinginan membuat keputusan namun kita sebenarnya tahu bahwa kita harus bergerak maju. Kita mungkin tidak mampu untuk mengakhiri satu hubungan yang tidak bekerja. Mungkin pekerjaan kita telah menjadi sumber konflik.

Atau mungkin kita merasa perlu mendapatkan sponsor baru tetapi kita takut untuk mulai mencari sponsor baru. Dengan karunia Kekuatan Yang Lebih Besar kita, perubahan tidak dapat terjadi persis di tempat yang kita tidak mampu merubah situasinya. Kita kadang-kadang memungkinkan diri kita sendiri terhenti di dalam satu masalah bukan bergerak maju mendapatkan pemecahan. Pada masa-masa ini, kita sering mendapatkan bahwa Kekuatan Yang Lebih Besar kita melakukan sesuatu untuk kita yang kita tidak dapat lakukan sendiri.

Kita mungkin di PHK dari pekerjaan kita. Atau sponsor kita memberitahukan kepada kita bahwa dia tidak dapat bersama kita lagi, yang memaksa kita mencari sponsor baru. Kadang-kadang apa yang terjadi di dalam kehidupan kita dapat menakutkan, karena sering berubah. Tetapi, kita juga mendengar bahwa “Tuhan tidak pernah menutup satu pintu tanpa membuka pintu lainnya”. Karena kita bergerak maju dengan ketaatan, Kekuatan Yang Lebih Besar tidak pernah berada jauh dari kita. Pemulihan kita diperkuat oleh perubahan-perubahan ini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya percaya kepada Tuhan & menyadari bahwa Tuhan melakukan buat kita apa yang tidak dapat kita lakukan untuk diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar