Selasa, 21 Agustus 2018

Hanya Untuk Hari Ini: Februari

JFT 1 Februari

Masa Sulit

“Kita merasa berbeda … Hanya setelah menyerah baru kita mampu mengatasi pengasingan diri yang disebabkan oleh kecanduan.”

Basic Text, hal 22

“Tetapi Anda tidak mengerti!” kata kita dengan nada gugup untuk menutupi diri kita, “Saya berbeda! Saya telah betul-betul mengalami masa buruk!” Kita berkali-kali menggunakan kata-kata ini di dalam kecanduan aktif kita, baik itu untuk menghindari diri dari konsekuensi-konsekuensi atas tindakan kita atau menghindari peraturan-peraturan yang berlaku. Kita mungkin telah meneriakkan kata-kata tersebut pada pertemuan pertama kita. Kita juga mungkin telah mendapatkan diri kita merengek dan mengucapkan kata-kata tersebut akhir-akhir ini.

Begitu banyak dari kita yang merasa berbeda dan unik. Sebagai pecandu, kita dapat menggunakan hampir segala sesuatu yang asing bagi diri kita. Tetapi tidak ada alasan untuk kehilangan pemulihan kita, tidak ada yang dapat membuat kita tidak memilih program ini – bukan penyakit yang mengancam kehidupan, bukan kemelaratan, dan bukan apapun. Ada beribu-ribu pecandu yang telah mendapatkan pemulihan walaupun mereka menghadapi masa-masa sulit . Dengan menjalankan program, kesadaran spiritual mereka tumbuh walaupun – mungkin sebagai respon – terhadap masa-masa sulit tersebut.

Keadaan dan perbedaaan individual kita tidak relevan ketika ia datang kepada masa pemulihan. Dengan membiarkan pergi keunikan kita dan penyerahan kita terhadap cara hidup sederhana ini, kita terikat untuk mendapatkan bahwa kita merasa terpisah dari sesuatu. Dan dengan merasa terpisah dari sesuatu akan memberikan kita kekuatan untuk menjalani hidup dan masa-masa sulit.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan membuang keunikan diri saya dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip pemulihan yang sama dengan kebanyakan orang lain. Masa-masa sulit saya tidak mengecualikan saya dari masa pemulihan, malah masa-masa tersebut mendekatkan saya ke masa pemulihan

===============================================================================

JFT 2 Februari

Keinginan Baik

“Keinginan baik merupakan contoh terbaik dalam pelayanan, layanan yang tepat adalah melakukan hal yang benar untuk orang yang tepat.”

Basic Text, hal 9

Inti penyakit spiritual kita adalah keberpusatan pada diri sendiri. Dalam berhubungan dengan orang lain, satu-satunya motif kecanduan kita mengajarkan kita untuk berlaku egois – kita ingin mendapatkan apa yang kita inginkan pada saat kita menginginkannya. Obsesi diri sendiri berakar dari hal yang paling dasar dari kehidupan kita. Dalam pemulihan, kita belajar membuang obsesi diri sendiri?

Kita membalikkan penyakit-penyakit kecanduan kita dengan menerapkan beberapa prinsip spiritual sederhana. Untuk menetralkan keberpusatan pada diri sendiri akibat kecanduan kita, kita belajar menerapkan prinsip ‘keinginan baik.' Daripada hanya berkeinginan untuk melayani diri sendiri, kita mulai melayani orang lain. Daripada hanya berpikir apa yang dapat kita peroleh dari satu situasi, kita belajar untuk memikirkan kesejahteraan orang lain. Apabila berhadapan dengan pilihan moral, kita belajar untuk berhenti , dan mengingat kembali prinsip-prinsip spiritual dan bertindak dengan sepatutnya.

Karena kita mulai “melakukan hal yang benar untuk alasan yang tepat,” kita dapat mendeteksi perubahan di dalam diri kita. Dulu kita pernah dituntun oleh keinginan saya sendiri sekarang kita dituntun oleh keinginan baik kita untuk orang lain. Keberpusatan pada diri sendiri yang kronis akibat kecanduan mulai hilang. Kita belajar untuk “mempraktikkan prinsip-prinsip ini dalam semua hal di dalam kehidupan kita,” kita sekarang hidup di dalam pemulihan, bukan di dalam penyakit kita.

Hanya Untuk Hari Ini : 
Dimanapun saya berada, apapun yag saya lakukan, saya selalu berupaya untuk melayani orang lain, bukan hanya melayani diri saya sendiri. Apabila berhadapan dengan satu dilema, saya akan berusaha melakukan hal yang benar untuk alasan yang benar pula

===============================================================================

JFT 3 Februari

Kita Saling Membutuhkan Satu Sama Lainnya

“Siapa saja boleh bergabung, tanpa memandang usia, ras, jenis kelamin, keyakinan, agama atau tidak beragama sekalipun, semuanya boleh bergabung”.

Basic Text. Hal. 9

Kecanduan menutup benak kita terhadap segala sesuatu yang baru atau berbeda. Kita berpikir bahwa kita tidak memerlukan seseorang atau sesuatu. Tidak ada yang berharga yang didapatkan dari seorang di lingkungan yang berbeda, ras yang berbeda, latar belakang suku yang berbeda atau kelompok sosial atau ekonomi yang berbeda.

Kita mungkin berpikir apabila sesuatu berbeda maka sesuatu itu buruk. Tanpa memandang latar belakang pribadi kita, kita semua memiliki 2 hal yang sama dalam NA yang tidak kita bagikan dengan orang lain : penyakit kita & pemulihan kita. Kita saling bergantung satu sama lain, semakin luas pengalaman tersebut, semakin baik.

Kita memerlukan setiap penggal pengalaman, setiap sudut yang berbeda pada program kita yang dapat kita temukan untuk memenuhi tantangan-tantangan hidup bersih dari narkoba. Pemulihan seringkali bukan merupakan hal yang gampang. Kita perlu untuk pulih, kita menarik diri dari teman-teman NA. Hari ini, kita merasa berterima kasih atas keanggotaan kita pada kelompok ini karena di dalam perbedaan tersebut kita mendapatkan kekuatan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya menyadari semakin beragam pengalaman kelompok saya, semakin baik pula dukungan yang ditawarkan oleh kelompok kepada saya dalam berbagai keadaan yang saya hadapi. Hari ini, saya menyambut para pecandu dari semua latar belakang untuk menjadi anggota teman serumah kita

===============================================================================

JFT 4 Februari

Merasa Nyaman Bukanlah Tujuan

“Bagi kita, pemulihan lebih dari sekedar merasa senang.”

Basic Text, hal 42

Dalam kecanduan aktif kita, sebagian besar kita mengetahui dengan persis bagaimana perasaan kita dari hari ke hari. Yang harus kita lakukan adalah membaca label pada botol atau mengetahui apa isi botol tersebut sebelumnya. Kita membuat rencana perasaan-perasaan kita, dan tujuan kita setiap hari adalah untuk merasa nyaman.

Dalam pemulihan kita mungkin dapat merasakan apa saja dari hari ke hari bahkan dari satu menit ke menit berikutnya. Kita mungkin merasa berenergi dan berbahagia pada pagi hari, dan tiba-tiba pada sore harinya merasa sedih. Karena kita tidak dapat lagi merencanakan perasaan-perasaan kita setiap pagi, kita dapat berhenti merasa bahwa ada sesuatu yang tidak nyaman, seperti merasa capai pada pagi hari dan mata masih terbuka lebar pada jam tidur di malam hari. 

Tentunya selalu ada kemungkinan untuk kita merasa enak, tetapi itu bukanlah tujuannya. Hari ini, perhatian utama kita bukanlah merasa enak/nyaman tetapi belajar untuk memahami dan berhubungan dengan perasaan kita, tanpa memandang seperti apa perasaan kita. Kita melakukan hal ini dengan menjalankan langkah-langkah dan membagi perasaan kita dengan orang lain.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menerima perasaan-perasaan saya, apapun jenis perasaan saya tersebut seperti apa adanya. Saya akan mempraktikkan program dan belajar untuk menghidupkan perasaan-perasaan saya

===============================================================================

JFT 5 Februari

Tetap Kembali

“Kita merasa berterima kasih bahwa kita disambut di dalam pertemuan-pertemuan dan membuat kita merasa nyaman.”

Basic Text, hal 80

Ingat betapa takutnya kita ketika kita berjalan menuju pertemuan NA pertama kita? Sekalipun kita berjalan dengan teman kita, sebagian besar dari kita mengingat betapa sulitnya untuk menghadiri pertemuan pertama. Apa yang membuat kita tetap kembali? Sebagian besar dari kita memiliki memori betapa indahnya ketika kita disambut dan betapa nyamannya perasaan kita. Ketika kita mengangkat tangan sebagai pendatang baru, kita membuka pintu kepada para anggota lain untuk mendekati kita dan menyambut kita.

Kadang-kadang perbedaan antara para pecandu yang menolak dan langsung keluar pada pertemuan pertama dan tidak pernah kembali ke NA, dengan para pecandu yang mencari pemulihan merupakan satu rangkulan sederhana dari anggota NA. Apabila kita telah pulih untuk satu periode waktu kita mudah untuk berbalik dari prosesi pendatang baru – dan yang lebih penting lagi kita telah melihat banyak orang yang datang dan pergi. Tetapi para anggota yang telah mengalami masa hidup bersih dari narkoba dapat membedakan antara para pecandu yang tidak kembali dan pecandu yang tetap kembali ke NA. Dengan memberikan nomor telepon kita, rangkulan, atau hanya sambutan yang hangat, kita memperpanjang tali NA kepada pecandu yang masih menderita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya merindukan sambutan yang diberikan kepada saya ketika pertama kalinya saya datang ke NA. Hari ini, saya akan mengungkapkan rasa terima kasih saya dengan menawarkan rangkulan kepada seorang pendatang baru

===============================================================================

JFT 6 Februari

Saya Tidak Bisa - Kita Bisa

“Kita telah meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita dapat melakukannya sendiri dan terus menghidupkan kehidupan kita berdasar basis tersebut. Hasilnya begitu buruk, akhirnya, kita masing-masing harus mengakui bahwa kemandirian kita merupakan satu kebohongan.”

Basic Text, hal 59

“Saya tidak bisa, tetapi kita bisa.” Hal ini sederhana tetapi kebenarannya sangat dalam yang berlaku pada awal kebutuhan utama kita sebagai anggota NA: Kita bersama dapat hidup bersih, tetapi ketika kita mengisolasi diri sendiri, kita merasa tidak berteman. Untuk pulih, kita perlu dukungan dari para pecandu lain.

Kemandirian dapat menghalangi kemampuan kita untuk hidup bersih. Dengan atau tanpa narkoba, hidup menuruti kemauan diri sendiri akan membawa kita menuju bencana. Kita bergantung kepada orang lain terhadap segala sesuatu mulai dari kebutuhan barang-barang dan pelayanan-pelayanan untuk mendapatkan cinta dan persahabatan, namun kemauan diri sendiri menempatkan kita selalu berada dalam konflik dengan orang-orang di sekitar kita. Untuk menghidupkan kehidupan kita secara utuh, kita perlu hidup harmonis dengan para pecandu lain.

Kita seharusnya tidak hanya tergantung para pecandu dan orang lain dalam masyarakat kita. Kekuatan bukanlah sifat manusia, namun kita membutuhkan kekuatan untuk hidup . Kita mendapatkan di dalamnya satu Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita yang menyediakan kita tuntunan dan kekuatan yang kita sendiri hanya memiliki sedikit kekuatan . Kita berpura-pura mandiri, kita mengisolasi diri kita sendiri dari satu sumber kekuatan yang berlimpah untuk menuntun kita dengan efektif melalui kehidupan ini yaitu Kekuatan Yang Lebih Besar. 

Kemandirian tidak bekerja. Kita memerlukan para pecandu lain, kita perlu orang-orang lain; dan untuk hidup dengan seutuhnya, kita memerlukan Kekuatan yang lebih besar daripada diri kita sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini:

Saya akan mencari dukungan dari para pecandu yang dalam proses pemulihan, harmonis dengan orang lain di dalam masyarakat, dan perhatian dari Kekuatan Yang Lebih Besar. Saya tidak dapat melakukannya, tetapi kita dapat

===============================================================================

JFT 7 Februari

Ini Bukan Tes

“… kita telah menemukan Tuhan pribadi & menyenangkan untuk tempat kita kembali”.

Basic Text. Hal. 27

Beberapa dari kita yang masuk di dalam masa pemulihan memiliki kesan bahwa kesukaran-kesukaran hidup merupakan serangkaian tes terstruktur yang dirancang untuk mengajarkan sesuatu kepada kita. Kepercayaan ini sudah tampak apabila sesuatu yang traumatis terjadi & kita meratap, “Kekuatan Yang Lebih Besar saya sedang menguji saya!” Kita percaya bahwa hal tersebut merupakan ujian pemulihan kita ketika seseorang menawarkan kita narkoba atau menguji sifat kita ketika menghadapi satu situasi di mana kita dapat melakukan sesuatu yang tidak prinsip tanpa terlihat orang lain. Kita mungkin bahkan berpikir hal tersebut merupakan ujian ketaatan kita ketika kita sedang merasa sangat sakit dari tragedi hidup kita.

Tetapi Kekuatan Yang Lebih Besar tidak menguji pemulihan kita, sifat kita atau ketaatan kita. Kehidupan hanya terjadi begitu saja & kadang-kadang terasa menyakitkan. Banyak diantara kita telah kehilangan cinta bukan karena kesalahan kita sendiri. Beberapa diantara kita telah kehilangan semua kekayaan kita. Beberapa diantara kita bahkan telah berduka karena kehilangan anak-anak mereka. Hidup menjadi sangat menyakitkan bagi mereka, tetapi rasa sakit tersebut tidak dibebankan kepada kita oleh Kekuatan Yang Lebih Besar. Malahan, Kekuatan tersebut secara konstan berada pada sisi kita & siap membawa kita apabila kita dapat berjalan sendiri. Tidak ada hal dalam kehidupan kita yang tidak dapat dipulihkan oleh Tuhan yang kita yakini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan memiliki ketaatan bahwa kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar terhadap saya adalah baik & saya merasa dicintai. Saya akan mencari bantuan dari Kekuatan Yang Lebih Besar apabila saya membutuhkannya

===============================================================================

JFT 8 Februari

Apa Yang Dimaksud Dengan Sponsor

“Kita menyadari bahwa kita dapat mengagumi sponsor kita, tetapi tanggung jawab kita adalah berhubungan dengan mereka…”

IP No. 11 “Hal berkenaan dengan sponsor”

Apa yang dimaksud dengan sponsor? Anda mengetahui : orang yang baik yang bersama Anda minum kopi setelah pertemuan pertama Anda. Orang selalu berbagi pengalaman pemulihan dengan cuma-cuma. Orang yang mengagumi Anda dengan pendapatnya yang mempesonakan tanpa memandang sifat-sifat cacat Anda. Orang yang selalu mengingatkan Anda untuk menyelesaikan Langkah Keempat. Orang yang mendengar Langkah Kelima Anda & orang yang tidak menceritakan kepada siapapun betapa anehnya hidup Anda.

Kita cukup gampang untuk mulai menerapkan hal-hal ini dengan sendiri begitu telah kenal dengan orang-orang yang biasa pergi ke sana. Kita mungkin menjadi beringas satu saat & memberi tahu diri kita sendiri. “Saya akan menelpon sponsor saya kemudian, tetapi sekarang ini saya harus membersihkan rumah, pergi berbelanja, mencari sesuatu yang menarik…” & kita berakhir dalam kesulitan, disertai dengan rasa ingin tahu dimana letak kesalahan kita.

Sponsor kita tidak dapat membaca pikiran orang lain. Jadi, kita bebas untuk mengulurkan tangan & meminta bantuan. Apakah kita membutuhkan bantuan dengan langkah-langkah kita, peninjauan realitas untuk membantu kita meluruskan pikiran kita yang ganjil atau hanya seorang teman, tugas kita hanya meminta bantuan. Para sponsor adalah orang yang hangat, bijak & menakjubkan & pengalaman pemulihan mereka adalah milik kita – apa yang harus kita lakukan adalah meminta.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya berterima kasih atas waktu, cinta & pengalaman yang telah dibagikan sponsor saya dengan saya. Hari ini, saya akan menelpon sponsor saya

===============================================================================

JFT 9 Februari

Penerimaan Diri Sendiri

“Apabila kita dapat menerima diri kita sendiri, kita dapat menerima orang lain ke dalam kehidupan kita, mungkin tanpa syarat pada pertama kalinya”.

IP No. 19 “Penerimaan diri”

Dari memori-memori kita yang paling awal, banyak diantara kita merasakan bahwa kita tidak pernah diterima. Tanpa memandang betapa besar satu pertemuan, kita selalu merasa terpisah dari keramaian. Kita mengalami masa sulit “untuk dapat diterima”. Di dalam sana, kita percaya bahwa apabila kita betul-betul membiarkan mengenal kita, mereka akan menolak kita.

Mungkin kecanduan kita mulai menjamur menjadi berpusat pada diri sendiri. Banyak diantara kita menyembunyikan rasa sakit dari pengasingan dengan satu sikap menentang. Hasilnya, kita memberi tahu dunia, “Anda tidak memerlukan saya? Baiklah, saya juga tidak memerlukan Anda. Saya telah mendapatkan narkoba saya & saya dapat menjaga diri saya sendiri!”

Semakin jauh kecanduan kita, semakin tinggi dinding-dinding yang kita buat di sekitar kita. Dinding-dinding tersebut mulai runtuh ketika kita mulai mendapatkan penerimaan diri dari orang lain, kita mulai mempelajari prinsip penerimaan diri. & kita mulai menerima diri kita sendiri, kita dapat mengijinkan orang lain untuk berpartisipasi di dalam kehidupan kita tanpa rasa takut akan penolakan.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya diterima di dalam NA, saya cocok di sana. Hari ini, saya merasa aman untuk mulai membiarkan orang lain masuk ke dalam kehidupan saya

===============================================================================

JFT 10 Februari


KEGEMBIRAAN


“Dalam pemulihan gagasan-gagasan kita mengenai kegembiraan berubah.”

​Basic Text, hal 102


Dengan meninjau kembali diri kita, banyak diantara kita menyadari bahwa ketika kita memakai narkoba, gagasan-gagasan kita mengenai kegembiraan agak ganjil. Beberapa diantara kita berpakaian dan pergi ke klub setempat. Kita akan menari, minum-minuman keras dan menggunakan narkoba sampai dengan matahari terbit. Pada beberapa kesempatan, pertempuran senjata terjadi dan itulah yang kita katakan kegembiraan, dan kita disebut tidak waras.

Hari ini, rasa gembira kita telah berubah. Kegembiraan menurut kita hari ini adalah berjalan menyusuri pantai, melihat ikan lumba-lumba, bermain dengan gembira ketika matahari mulai terbit di balik sana. Kegembiraan berarti mengikuti piknik NA, atau menghadiri pertunjukan komedi pada satu konvensi NA. Kegembiraan berarti berpakaian menuju ke acara perjamuan dan tidak khawatir akan pertempuran bersenjata antar satu sama lainnya.

Dengan karunia dari Kekuatan Yang Lebih Besar dan persahabatan NA, gagasan-gagasan kita mengenai kegembiraan telah berubah secara radikal. Hari ini kita dapat berdiri untuk melihat matahari terbit karena kita bisa pergi tidur lebih awal malam sebelumnya, tidak seperti dulu dimana kita meninggalkan klub pada jam 6 pagi dengan mata buram dengan menggunakan narkoba malam sebelumnya. Dan apabila kita dapat menerima semua yang berasal dari NA ini berarti kita telah mendapatkan bekal hidup yang cukup.


Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan bergembira dalam masa pemulihan saya!

===============================================================================

JFT 11 Februari

Kutukan Menjadi Berkah

“Kita menjadi sangat berterima kasih dengan pemulihan kita… Kita memiliki penyakit, tetapi kita telah betul-betul pulih”.

Basic Text. Hal. 8

Dalam kecanduan aktif tidak ada kata piknik, banyak diantara kita hampir tidak dapat hidup karenanya. Tetapi dengan berteriak melawan penyakit, menyesali apa yang telah dilakukan penyakit kita terhadap diri kita & dengan mengasihani, diri sendiri atas kondisi yang diakibatkannya & hal ini akan membuat kita selalu terkunci dalam semangat kegetiran & kebencian. Sebenarnya jalan menuju kebebasan & pertumbuhan spiritual adalah berawal dari kegetiran & penerimaan diri.

Tidak dapat disangkal bahwa kecanduan menyebabkan penderitaan. Namun, kita juga perlu ingat bahwa penyakit inilah yang membawa kita ke NA. Tampaknya, kita tidak akan mencari atau menemukan karunia dari pemulihan. Dalam keadaan kesepian, penyakit tersebut memaksa kita untuk mencari sahabat. Dalam ulahnya yang menyebabkan kita menderita, penyakit kita memberikan pengalaman yang dapat digunakan untuk membantu orang lain, membantu orang lain merupakan hal yang unik & cocok untuk ditawarkan. Dengan memaksa kita untuk berlutut, kecanduan memberikan kita kesempatan untuk menyerah kepada perawatan cinta dari Kekuatan Yang Lebih Besar.

Kita tidak akan menginginkan penyakit kecanduan ini terjadi pada orang lain. Tetapi, faktanya bahwa kita para pecandu telah memiliki penyakit ini & lebih jauh lagi bahwa tanpa penyakit ini kita tidak akan pernah memulai perjalanan spiritual kita. Beribu-ribu orang menghabiskan masa hidup mereka mencari apa yang telah kita dapatkan di NA. Persahabatan, tujuan hidup yang bermakna, hubungan yang sadar dengan Kekuatan Yang Lebih Besar. Hari ini, kita berterima kasih atas segalanya yang telah membawa kita ke dalam karunia ini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan menerima fakta penyakit saya & mencari karunia dari pemulihan saya

==============================================================================

JFT 12 Februari


Hidup Di Masa Sekarang


“Kita menyesali masa silam, merasa takut akan masa depan, tetapi tidak begitu khawatir dengan masa sekarang.”

​Basic Text, hal 7


Sampai dengan kita mengalami pemulihan ketika kita masih menjalani Langkah Kesebelas, kita masih meragukan apakah kita dapat menemukan satu pernyataan yang lebih benar daripada kutipan di atas. Sebagian besar kita datang ke NA bersimbah dengan rasa malu, memikirkan masa lalu dan berangan-angan kita kembali ke masa itu dan merubahnya. Fantasi dan khayalan kita mengenai masa depan mungkin sangat ekstrim misalnya kita berusaha mencari pengacara untuk dapat bercerai. Hampir setiap pengalaman menyebabkan kita ingat akan sesuatu di masa lampau dan mulai memproyeksikan masa depan.

Pada mulanya, kita mengalami kesulitan untuk berada pada masa sekarang. Pikiran kita seolah-olah tidak ingin berhenti. Kita mengalami kesulitan untuk menikmati hidup ini. Setiap kali kita menyadari bahwa pikiran kita tidak terfokus pada masa silam, kita membuat perubahan dengan hidup berbeda hari ini, apabila kita takut dengan masa depan, kita mulai menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab hari ini.

Apabila kita menjalankan langkah-langkah ini dan berdoa setiap kali kita mendapatkan bahwa kita merasa tidak hidup pada masa sekarang, kita akan melihat saat-saat tersebut tidak terjadi sesering seperti masa lalu. Ketaatan kita membantu waktu kita untuk hanya memikirkan kehidupan hari ini saja. Kita akan memiliki berjam-jam, bahkan berhari-hari, ketika perhatian penuh kita terfokus pada masa sekarang, bukan penyesalan masa silam atau ketakutan masa yang akan datang.


Hanya Untuk Hari Ini :

Apabila saya hidup seutuhnya pada setiap saat, saya membuka diri saya terhadap kenikmatan. Apabila saya mengalami masalah, saya akan memohon bantuan dari Tuhan

===============================================================================

JFT 13 Februari 

Ikatan-ikatan yang mengikat

"Sepanjang ikatan-ikatan tersebut mengingat lebih kuat daripada ikatan-ikatan yang akan mencabik-cabik kita, semuanya akan menjadi baik-baik saja." 

Teks Dasar, hal 57 

Banyak diantara kita merasa bahwa tanpa NA kita tentunya akan telah mati karena penyakit kita. Karena itu, kehadirannya sangat kita perlukan. Akan tetapi, perpecahan merupakan fakta kehidupan yang jarang terjadi di dalam NA; kita harus belajar untuk merespon dengan cara yang konstruktif terhadap pengaruh-pengaruh yang merusak yang kadang-kadang muncul di dalam persahabatan kita. Apabila kita memutuskan untuk menjadi bagian dari pemecah masalah dan tidak membuat masalah, kita menuju arah yang tepat.

Pemulihan dan pertumbuhan pribadi kita dari NA merupakan kesatuan terhadap upaya mempertahankan suasana pemulihan di dalam pertemuan-pertemuan kita. Apakah kita berkeinginan untuk membantu kelompok kita berhubungan dengan konflik secara konstruktif? Sebagai anggota kelompok, apakah kita bekerja keras dengan terbuka, jujur dan adil? Apakah kita berusaha mendapatkan kesejahteraan umum bagi semua anggota dan tidak menjadikannya sebagai satu agenda saja? Dan, sebagai para pelayan yang dipercaya, apakah kita mempertimbangkan pengaruh tindakan-tindakan kita terhadap para pendatang baru?

Pelayanan dapat membawa hasil terbaik dan terburuk di dalam kehidupan kita. Tetapi, sering kali melalui pelayanan kita mulai berhubungan dengan beberapa tekanan sifat-sifat buruk kita. Apakah kita mengendurkan komitmen pelayanan kita atau menghadapi apa yang mungkin kita dapatkan mengenai diri kita sendiri? Apabila kita selalu ingat akan kekuatan ikatan-ikatan yang mengikat kita bersama - pemulihan kecanduan aktif kita akan menjadi baik.

Hanya untuk hari ini:

Saya akan berusaha melayani sahabat-sahabat kita. Saya tidak akan takut untuk mengetahui siapa diri saya sebenarnya

===============================================================================

JFT 14 Februari 

Kejujuran dan Spiritual 

"Kebenaran terhadap Tuhan yang anda yakini merupakan satu kesatuan dan tanpa adanya aling-aling . Karena kita memiliki kebenaran ini, kita perlu berlaku jujur terhadap kepercayaan kita bila kita ingin tumbuh secara spiritual." 

Teks Dasar, hal 25 

Dalam pertemuan, dalam program penyegaran, melalui berbicara dengan sponsor kita, kita mendengar teman-teman NA kita berbicara mengenai cara mereka memakai Kekuatan Yang Lebih Tinggi mereka. Kita akan mudah untuk "mengikuti arus", mengikuti kepercayaan orang lain. Tetapi, karena tak satu orang pun yang dapat melakukan pemulihan untuk diri kita sendiri, maka kita harus jujur mencari tahu dalam upaya memahami Tuhan yang bekerja untuk kita. 

Banyak diantara kita memulai pencarian tersebut dengan berdoa dan bermeditasi, dan melanjutkan dengan pengalaman-pengalaman kita di masa pemulihan. Pernahkah kita mendapatkan contoh mengenai kekuatan di luar jangkauan kita yang dapat menghadapi tantangan-tantangan hidup? Ketika kita mencari petunjuk dimasa-masa sulit, apakah kita mendapatkankannya? Kekuatan macam apa yang kita percayai yang telah menuntun kita dan memberi kita kekuatan? Kekuatan macam apa yang kita cari? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita akan memahami Kekuatan Yang Lebih Tinggi kita dengan cukup baik sehingga dapat merasa aman dan percaya diri untuk memohon kepada Tuhan untuk merawat keinginan dan kehidupan kita. 

Pemahaman sementara mengenai Tuhan mungkin dapat memenuhi apa yang kita perlukan di dalam waktu singkat. Tetapi, dalam jangka panjang, kita harus sampai pada pemahaman diri sendiri mengenai Kekuatan Yang Lebih Tinggi karena Kekuatan itulah yang akan membawa kita melalui pemulihan kita. 

Hanya untuk hari ini: 

Saya mencari Kekuatan yang lebih besar daripada diri saya sendiri yang dapat membantu pertumbuhan spiritual saya. Hari ini, saya akan memeriksa kepercayaan saya dengan jujur dan sampai dengan saya dapat memahami Tuhan

===============================================================================

JFT 15 Februari

Kebangkitan Jiwa

“Hal terakhir yang kita harapkan adalah kebangkitan jiwa”.

Basic Text. Hal. 48

Beberapa orang diantara kita datang ke pertemuan NA pertama kali merasa sangat sulit untuk melakukan inventaris pribadi atau untuk percaya bahwa kehampaan spiritual terjadi di dalam jiwa kita. Kita tidak memiliki firasat bahwa kita berusaha mulai melakukan satu perjalanan yang akan membangkitkan jiwa kita yang sedang tidur.

Seperti bunyi jam beker yang keras, Langkah Pertama membuat kita setengah sadar walaupun pada titik ini, kita mungkin tidak yakin apakah kita ingin melanjutkan tidur lagi atau hanya tidur 5 menit lagi. Tangan yang gemulai menggoyangkan bahu kita ketika selagi kita menerapkan Langkah Kedua & Ketiga yang menyebabkan kita berdiri, meluruskan badan & menguap.

Kita perlu menghilangkan rasa kantuk dari mata kita untuk menulis Langkah Keempat & berbagi Langkah Kelima kita. Tetapi selagi kita menjalankan Langkah Keenam, Ketujuh, Kedelapan & Kesembilan, kita mulai tersenyum. Semangat kita berbunga-bunga pada saat kita mandi ketika kita menjalankan Langkah Kesepuluh & Kesebelas.

& kemudian kita mempraktekkan Langkah Kesebelas & meninggalkan rumah dalam upaya mencari orang lain yang perlu dibangkitkan. Kita tidak harus menghabiskan sisa hidup kita di dalam keadaan jiwa spiritual yang koma. Kita mungkin tidak suka bangun pagi tetapi begitu berangkat dari tempat tidur, kita merasa hampir selalu bergembira.

Hanya Untuk Hari Ini :

Untuk membangun jiwa saya yang masih mengantuk, saya akan menggunakan 12 Langkah

===============================================================================

JFT 16 Februari

Perasaan Taat

“Apabila kita menolak untuk menerima realita hari ini berarti kita menolak untuk taat kepada Kekuatan Yang Lebih Besar. Hal ini akan menyebabkan penderitaan yang lebih dalam lagi.”

IP No. 8, “Hanya Untuk Hari Ini”

Beberapa hari keadaan tidak berjalan sebagaimana yang kita inginkan. Masalah-masalah kita sama sederhananya seperti tali sepatu yang putus atau harus berdiri antre di super market. Atau kita mungkin mengalami sesuatu yang jauh lebih serius seperti kehilangan pekerjaan, rumah atau orang yang kita cintai. Kita sering menyerah untuk mencari jalan menghindari perasaan-perasaan kita dengan tidak mengakui bahwa perasaan-perasaan tersebut menyakitkan.

Tak seorangpun yang berjanji kepada kita bahwa segala sesuatunya akan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan ketika kita berhenti menggunakan narkoba. Faktanya, kita dapat merasa yakin bahwa kehidupan terus akan berlangsung baik kita menggunakan atau tidak menggunakan narkoba. Kita akan menghadapi hari-hari baik dan buruk, perasaan nyaman dan tidak nyaman. Tetapi, kita tidak boleh berlari dari kenyataan tersebut.

Kita dapat mengalami sakit , murung, sedih, marah, frustasi. Dulu kita selalu menghindari semua perasaan ini ketika kita masih menggunakan narkoba. Kita mendapatkan bahwa kita dapat melalui emosi-emosi tersebut dengan bersih dari narkoba. Kita tidak mati dan dunia tidak berakhir karena kita merasa tidak nyaman. Kita belajar untuk percaya bahwa kita dapat bertahan hidup walau apapun yang terjadi setiap harinya.

Hanya Untuk Hari Ini: 

Saya akan menunjukkan kepercayaan saya kepada Tuhan dengan menjalani hari ini apa adanya

===============================================================================

JFT 17 Februari 

Membawa pesan, bukan pecandunya 

"Mereka dapat dianalisis, dinasehati, diberitahu alasannya, didoakan, diancam, dipukul atau dikurung, tetapi mereka tidak akan berhenti sampai dengan mereka ingin berhenti." 

Teks Dasar, hal 62 

Mungkin salah satu kepercayaan tersulit yang harus kita dalam masa pemulihan adalah bahwa kita tidak berdaya terhadap kecanduan orang lain setelah kita mulai dapat mengatasi kecanduan kita sendiri. Kita mungkin berfikir bahwa kita telah mengalami kebangkitan spiritual di dalam hidup kita, kita harus mampu membujuk pecandu lain untuk mendapatkan pemulihan. Tetapi ada batasan sampai sejauh mana kita dapat membantu pecandu lain.

Kita tidak dapat memaksa mereka untuk berhenti menggunakan narkoba, kita tidak dapat memberikan mereka hasil-hasil dari langkah-langkah tersebut atau menumbuhkan langkah-langkah tersebut untuk mereka. Kita tidak dapat membuang kesepian mereka atau rasa sakit mereka. Tidak ada yang dapat kita katakan untuk meyakinkan pecandu yang ketakutan untuk berpasrah dengan kesedihan akibat kecanduan terhadap ancaman kepulihan yang tidak pasti. Kita tidak dapat melompat masuk ke dalam jiwa seseorang , mengganti tujuan-tujuan mereka atau membuat keputusan yang terbaik untuk mereka.

Akan tetapi, apabila kita menolak untuk menggunakan kekuatan ini terhadap pecandu lain, kita mungkin juga dapat membantu mereka. Mereka mungkin tumbuh apabila kita memungkinkan mereka menghadapi realita, betapapun sakitnya mereka. Mereka mungkin menjadi lebih produktif, dengan kekuatan mereka sendiri sepanjang kita tidak mencoba dan melakukannya untuk mereka. Mereka dapat menjadi berkuasa terhadap kehidupan mereka sendiri, asalkan kita hanya menjadi penguasa terhadap hidup kita sendiri. Apabila kita dapat menerima semua ini, kita dapat menjadi orang yang kita inginkan - pembawa pesan bukan pembawa pecandunya. 

Hanya untuk hari ini: 

Saya akan menerima bahwa saya tidak berdaya terhadap kecanduan saya tetapi juga tidak berdaya terhadap kecanduan orang lain. Saya akan membawa pesan, bukan pecandunya

===============================================================================

JFT 18 Februari

Kemitraan Pemulihan

“Sepanjang saya menjadi orang yang gampangan dan membuat komitmen dengan Kekuatan Yang Lebih Besar untuk melakukan hal terbaik, saya menyadari bahwa saya akan dirawat oleh Kekuatan tersebut hari ini.”

Basic Text, hal 120

Banyak diantara kita merasakan bahwa komitmen fundamental dalam pemulihan adalah pada Kekuatan Yang Lebih Besar. Dengan menyadari bahwa kekuatan kita tidak cukup untuk hidup bersih dan untuk mendapatkan pemulihan, kita bersedia bermitra dengan satu Kekuataan yang lebih besar daripada diri kita sendiri. Kita membuat komitmen untuk hidup dalam perawatan Kekuatan Yang Lebih Besar, dan sebagai gantinya Kekuatan Yang Lebih Besar menuntun kita. 

Peran kemitraan ini sangat penting untuk membuat kita hidup bersih. Menjalani hari-hari pertama masa pemulihan sering merupakan hal tersulit yang pernah kita lakukan. Tetapi, kekuatan komitmen kita terhadap pemulihan dan kekuatan perhatian/perawatan Tuhan sudah cukup untuk membawa kita melalui hari ini.

Peran kita di dalam kemitraan ini adalah melakukan hal yang terbaik yang dapat kita lakukan setiap harinya, merasa bangga akan kehidupan dan melakukan apa yang ada di hadapan kita, dengan menerapkan prinsip-prinsip pemulihan menurut kemampuan terbaik kita. Kita berjanji untuk melakukan hal terbaik yang dapat kita lakukan – bukan untuk memalsukannya, tidak pula untuk berpura-pura menjadi manusia super, tetapi hanya menjalankan langkah-langkah pemulihan. Dalam memenuhi bagian kita dalam kemitraan pemulihan, kita mengalami perawatan yang telah disediakan oleh Kekuatan Yang Lebih Besar kita.

Hanya Untuk Hari Ini: 

Saya akan menghormati komitmen saya terhadap kemitraan saya dengan Kekuatan Yang Lebih Besar

===============================================================================

JFT 19 Februari

Pemesanan Tempat

“Kambuh lagi bukan merupakan satu kebetulan. Kambuh merupakan tanda bahwa kita telah melakukan pemesanan di dalam program kita.”

Basic Text, hal 76

Pemesanan merupakan sesuatu yang kita sisihkan untuk masa mendatang. Dalam kasus kita, pemesanan merupakan harapan bahwa, apabila hal demikian terjadi, kita tentunya akan kambuh lagi. Peristiwa apa yang kita harapkan yang selalu menyakitkan untuk ditanggung? Mungkin kita berpikir bahwa apabila istri atau pasangan kita meninggalkan kita, kita harus menerawang dengan menggunakan narkoba. Apabila kita kehilangan pekerjaan kita berpikir untuk menggunakan narkoba. Atau mungkin kita tidak dapat menahan rasa pilu ditinggalkan mati oleh orang yang kita cintai. Dalam kasus apapun, pemesanan yang ada di dalam benak kita mengijinkan kita untuk menggunakan narkoba ketika peristiwa tersebut terjadi.

Kita dapat menyiapkan diri kita sendiri untuk sukses, tidak untuk kambuh kembali, dengan menguji harapan-harapan kita dan merubah mereka apabila kita dapat . Sebagian besar kita membawa katalog kesedihan yang berhubungan erat dengan rasa takut kita. Ketika kita sakit kita belajar bagaimana bertahan hidup dengan cara melihat para pecandu lain yang bertahan hidup karena penyakit yang sama. Kita dapat menerapkan pengalaman-pengalaman mereka ke dalam diri kita sendiri. Daripada memberi tahu diri kita sendiri, kita harus melayang dengan menggunakan narkoba kita lebih baik secara diam-diam menyakinkan diri kita sendiri bahwa kita juga dapat hidup bersih tanpa memandang apapun yang terjadi di dalam kehidupan kita hari ini.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan memeriksa pemesanan ini yang mungkin membahayakan pemulihan saya dan membaginya dengan pecandu lain

===============================================================================

JFT 20 Februari

Ketidak Berdayaan, Tanggung Jawab Pribadi

“Melalui ketidak mampuan untuk menerima tanggung jawab pribadi, kita sebenarnya menciptakan masalah untuk diri kita sendiri”.

Basic Text. Hal. 13

Apabila kita menolak untuk mengambil tanggung jawab kehidupan berarti kita membuang semua kekuatan pribadi kita. Kita perlu ingat bahwa kita tidak berdaya terhadap kecanduan kita, bukan terhadap tanggung jawab pribadi kita. Banyak diantara kita telah menyalah gunakan konsep ketidak berdayaan untuk menghindari pembuatan keputusan atau bergantung pada benda yang lebih besar.

Kita telah menyalahkan orang lain atas keadaan kita & tidak mengambil tindakan positif dengan menyatakan bahwa kita tidak “berdaya”, sebenarnya kita sendiri yang menciptakan kekecewaan tersebut. Potensi untuk menghabiskan masa pemulihan kita yang bertahun-tahun dengan merasa seperti korban merupakan kenyataan.

Daripada menghidupkan kehidupan kita dengan kesalahan, kita dapat belajar memilih untuk bertanggung jawab & mengambil resiko. Kita mungkin membuat kesalahan, tetapi kita dapat belajar dari kesalahan-kesalahan ini. Peningkatan kesadaran & keinginan untuk menerima tanggung jawab pribadi memberikan kita kebebasan untuk berubah untuk memilih & untuk tumbuh.

Hanya Untuk Hari Ini :

Perasaan saya, tindakan saya & pilihan-pilihan saya adalah milik saya. Saya akan menerima tanggung jawab atas hal tersebut

===============================================================================

JFT 21 Februari 

Kasaihan Pada Diri Sendiri Atau Pemulihan - Itu Pilihan Kita

“Kasihan pada diri sendiri merupakan salah satu kelemahan yang bersifat merusak; hal ini akan menguras semua energi positif.”

Basic Text, hal 77

Dalam kecanduan aktif, banyak diantara kita menggunakan rasa kasihan pada diri sendiri sebagai mekasnisme mempertahankan diri. Kita tidak percaya bahwa ada satu alternatif untuk menghidupkan penyakit kita – atau mungkin kita tidak ingin percaya. Sepanjang kita kasihan terhadap diri kita dan menyalahkan seseorang karena kita dalam kesulitan kita tidak mau menerima konsekuensi tidak kita sendiri; percaya bahwa kita tidak berdaya untuk berubah kita tidak wajib menerima kebutuhan untuk berubah. Dengan menggunakan “mekanisme bertahan hidup ini” kita mencegah diri kita memasuki masa pemulihan dan dari hari ke hari kita mendekatkan diri kepada pengrusakan diri kita sendiri. Rasa kasihan merupakan alat dari penyakit kita, kita perlu berhenti menggunakannya dan belajar untuk menggunakan alat-alat baru yang kita dapatkan di dalam program NA.

Kita harus percaya bahwa bantuan yang efektif tersedia untuk kita; apabila kita mencari bantuan tersebut, kita akan mendapatkannya di dalam program NA, rasa kasihan digantikan dengan rasa terima kasih. Banyak alat yang kita miliki terbuang: Duabelas Langkah, dukungan sponsor kita, persahabatan dan pecandu lain yang dalam proses pemulihan dan keperdulian dengan Kekuatan Yang Lebih Besar. Ketersediaan alat-alat ini merupakan alasan yang lebih dari cukup untuk membuat kita berterima kasih. Kita tidak lagi hidup di dalam pengisolasian, tanpa harapan: kita memiliki bantuan tertentu yang ada di tangan kita atas apa yang kita hadapi. Cara yang paling pasti untuk menjadi berterima kasih adalah mengambil manfaat dari bantuan yang tersedia kepada kita dalam program NA dan program ini.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan berterima kasih atas harapan yang diberikan NA kepada saya. Saya akan memperkuat pemulihan saya dan berhenti merasa rasa kasihan pada diri sendiri

===============================================================================

JFT 22 Februari

Kehendak Tuhan Atau Kehendak Saya?

“Kita terus melakukan inventaris pribadi & apabila kita salah, kita dengan segera mengakuinya”.

Langkah Ke 10

“Dalam NA, kita telah mendapatkan bahwa kita semakin harmonis dengan kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar, semakin harmonis pula kehendak tersebut di dalam kehidupan kita. Pada basis harian kita meluangkan waktu untuk melihat tingkah laku kita. Beberapa diantara kita mengukur setiap tindakan dengan pertanyaan yang sangat sederhana. “Kehendak Tuhan atau kehendak saya?”

Dalam banyak kasus, kita mendapatkan bahwa tindakan kita sudah sejalan dengan Kekuatan Yang Lebih Besar untuk diri kita & kita sebaliknya juga telah sejalan dengan dunia di sekeliling kita. Akan tetapi dalam beberapa kasus, kita akan mendapatkan ketidak konsistenan antara tingkah laku & nilai kita. Kita telah bertindak berdasar pada kehendak kita sendiri, bukan Kehendak Tuhan & hasilnya tidak sesuai dengan kehidupan kita.

Apabila kita mendapatkan ketidak konsitenan, kita harus segera mengakui kita salah & melakukan tindakan pembetulan. Dengan kesadaran yang lebih tinggi dari apa yang kita percaya atas kehendak Tuhan terhadap diri kita untuk berada di situasi tersebut, kita tampaknya cenderung untuk tidak mengulangi tindakan-tindakan tersebut. & kita cenderung untuk hidup dalam kedamaian yang lebih besar dengan kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar atas diri kita & dengan dunia di sekitar kita.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya berharap untuk hidup harmonis dengan dunia. Hari ini, saya akan memeriksa tindakan-tindakan saya dengan bertanya, apakah ini kehendak Tuhan atau kehendak saya?

===============================================================================

JFT 23 Februari

PESAN DAN PEMBAWA PESAN

“Keadaan tanpa nama merupakan fondasi spiritual dari semua tradisi, yang pernah mengingatkan kita untuk menempatkan prinsip sebelum hal pribadi.”

Duabelas Tradisi

Tradisi Keduabelas mengingatkan kita akan pentingnya meletakkan prinsip-prinsip sebelum hal pribadi.” Dalam pertemuan-pertemuan pemulihan, hal ini mungkin diungkapkan kembali dengan ungkapan “jangan menembak sang pembawa pesan.” Kita seringkali bingung dengan pesan yang dibawa si pembawa pesan, dan meniadakan apa yang dibagikan seseorang di dalam satu pertemuan karena adanya konflik pribadi seseorang dengan orang yang berbicara tersebut.

Apabila kita memiliki masalah dengan yang berbagi pengalaman di rapat tersebut, kita mungkin ingin mencari tuntunan dari sponsor kita. Sponsor kita dapat membantu kita berkonsentrasi pada apa yang dikatakan bukan kepada siapa yang mengatakannya. Sponsor kita dapat juga membantu kita mengatasi kebencian yang mungkin menjauhkan kita dari pengetahuan akan nilai-nilai pengalaman pemulihan dari orang-orang tertentu. Menakjubkan memang kita dapat keluar dari satu pertemuan apabila kita memungkinkan diri kita sendiri untuk melakukannya sebagai mana yang tercatum di dalam saran-saran Langkah Keduabelas yang berfokus pada prinsip-prinsip pemulihan bukan pada hal pribadi.

Hanya Untuk Hari Ini :

Saya akan mempraktikan pesan keadaan tanpa nama dalam pertemuan NA hari ini. Saya akan berfokus pada pesan pemulihan bukan pada kepribadian sang pembawa pesan

===============================================================================

JFT 24 Februari 

Pengaruh baru 

"Perubahan kepribadian merupakan sesuatu yang sangat diperlukan. Dan berubah dari pola-pola kehidupan yang merusak merupakan satu keharusan." 

Teks Dasar, hal 15 

Pada masa kehidupan awal, sebagian besar kita mampu untuk menikmati dan ingin tahu, cara memberikan dan menerima cinta dengan tulus. Ketika kita mulai menggunakan, kita memperkenalkan satu pengaruh ke dalam kehidupan kita yang perlahan-lahan membawa kita semakin jauh dari hal-hal itu. Semakin jauh kita ditekan oleh kecanduan, semakin jauh kita menarik diri dari kenikmatan, rasa ingin tahu dan cinta. 

Perjalanan tersebut tidak dapat dijalani dalam waktu semalam. Tetapi, perjalanan tersebut memerlukan waktu yang panjang, kita tiba di pintu NA yang disertai dengan masalah lain selain narkoba. Pengaruh kecanduan telah menyesatkan seluruh pola kehidupan kita tanpa kita sadari. 

Duabelas Langkah ini bekerja sangat luar biasa, memang benar, tetapi tak banyak dari langkah-langkah tersebut yang bekerja semalam saja. Penyakit kita perlahan-lahan mempengaruhi perkembangan spiritual kita. Pemulihan memperkenalkan satu pengaruh yang baru ke dalam kehidupan kita, satu sumber persahabatan dan kekuatan spiritual yang perlahan-lahan memaksa kita memasuki pola kehidupan baru yang sehat.

Perubahan ini, tentunya, tidak "terjadi begitu saja." Tetapi kita harus bekerja sama dengan pengaruh baru NA yang telah membawa kehidupan spiritual yang kita. Dari masa ke masa kita akan mengalami perubahan kepribadian yang kita sebut dengan pemulihan. Duabelas Langkah menyediakan kita satu program untuk membina kerjasama yang diperlukan untuk memulihkan kenikmatan, rasa ingin tahu dan cinta kepada kehidupan kita.

Hanya untuk hari ini: 

Saya akan bekerjasama dengan pengaruh baru dari persahabatan dan kekuatan spiritual NA yang telah dikenalkan ke dalam kehidupan saya. Saya akan menjalankan langkah berikutnya dalam program saya

===============================================================================

JFT 25 Februari

SAKITNYA SAMA DENGAN RAHASIA KITA

“Satu hal yang tragis untuk menulis (diluar inventaris hanya untuk ) dimasukkan ke dalam laci. Kecacatan-kecacatan ini tumbuh di dalam kegelapan dan mati begitu terkena cahaya.”
Basic Text, hal 31

Sudah berapa kali kita mendengar rasa sakit kita sama dengan rahasia kita? Sementara banyak anggota yang memilih untuk tidak menggunakan pertemuan-pertemuan untuk berbagi keintiman dengan rinci mengenai kehidupan mereka, kita masing-masing juga perlu untuk mengetahui apa yang bekerja dengan baik pada diri kita. Bagaimana dengan tingkah laku yang telah kita bawa menuju pemulihan kita? Bagaimana bisa kita merasa nyaman dengan membuka diri dan dengan siapa kita membuka diri? Apabila tidak nyaman berbagi beberapa hal rinci mengenai kehidupan di dalam pertemuan, kepada siapa kita harus pergi?

Kita telah mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan ini di dalam penyeponsoran. Walaupun hubungan dengan sponsor memerlukan waktu untuk dibina, kita perlu mempercayai sponsor kita dan berlaku jujur terhadap diri kita. Kecacatan-kecacatan kita mempunyai kekuatan sepanjang mereka tetap tersembunyi. Apabila kita ingin bebas dari kecacatan-kecacatan tersebut, kita harus membukanya. Rahasia hanya rahasia belaka sampai dengan kita membaginya dengan manusia lain.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan menyingkap rahasia-rahasia saya. Saya akan berlaku jujur dengan sponsor saya

===============================================================================

JFT 26 Februari

Penyesalan Yang Mendalam

“Langkah Kedelapan menawarkan perubahan yang besar dari kehidupan yang didominasi oleh kesalahan dan penyesalan yang mendalam.”

Basic Text, hal 38

Penyesalan yang mendalam merupakan salah satu yang membuat kita tetap memakai narkoba. Kita telah tersandung di jalan kita karena kecanduan aktif, meninggalkan jejak hati yang luka dan kehancuran yang terlalu menyakitkan. Penyesalan mendalam kita diperburuk oleh persepsi kita bahwa kita tidak dapat melakukan apapun tentang kesukaran yang telah kita perbuat; tidak ada cara untuk membetulkannya.

Kita menghilangkan sebagian kekuatan kita karena penyesalan yang mendalam ketika kita menghadapi masalah di hadapan kita. Kita mulai dengan Langkah Kedelapan dengan membuat daftar semua orang yang perasaannya pernah kita lukai. Kita berhutang untuk memperbaiki masa lalu kita yang menyakitkan.

Tetapi, Langkah Kedelapan tidak meminta kita untuk membetulkan semua kesalahan kita, hanya menjadikan berkeinginan untuk membuat perubahan terhadap orang-orang tersebut. Karena kita ingin untuk membersihkan kerusakan yang telah kita perbuat, kita mengakui kesiapan kita untuk berubah. Kita menguatkan proses pemulihan penyakit kita.

Penyesalan yang mendalam tidak lagi merupakan alat yang kita gunakan untuk menyiksa diri kita sendiri. Penyesalan yang mendalam telah menjadi alat yang dapat kita gunakan untuk mencapai pengampunan diri sendiri.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan menggunakan perasaan-perasan penyesalan yang mendalam saya yang mungkin masih saya miliki sebagai batu loncatan untuk memulihkan diri saya melalui Langkah Kesebelas

===============================================================================

JFT 27 Februari

Motif-motif Murni

“Kita memeriksa tindakan, reaksi, dan motif kita. Kita sering mendapatkan bahwa kita telah melakukan lebih baik daripada yang kita rasakan.”

Basic Text, hal 42

Bayangkan satu buku meditasi harian dengan jenis pesan seperti ini: “Ketika kita bangun pada pagi hari, sebelum Anda berangkat dari tempat tidur, luangkan waktu sesaat untuk merefleksikan/meninjau ulang diri Anda. Berbaringlah kumpulkan pikiran-pikiran Anda dan pertimbangkanlah rencana-rencana Anda untuk hari tersebut. Satu demi satu, Anda tinjau motif dibalik rencana tersebut. Apabila motif Anda tidak sepenuhnya murni, berbaliklah dan pergi tidur kembali.” Tampaknya tak masuk akal, bukan?

Tanpa memandang sudah berapa lama kita bersih, hampir semua orang dengan penyakit yang sama dengan kita mencampurkan motif terhadap apapun yang kita lakukan. Akan tetapi, itu bukan alasan untuk membuat hidup kita terkatung-katung. Kita tidak harus menunggu motif kita menjadi betul-betul murni sebelum kita mulai menjalani hidup dalam masa pemulihan.

Karena program bekerja dalam kehidupan kita, kita mulai lebih sedikit bertindak atas motif-motif yang masih diragukan. Kita secara teratur memeriksa diri kita dan kita berbicara dengan sponsor kita mengenai apa yang kita dapatkan/temukan. Kita berdoa untuk mendapatkan pengetahuan akan kehendak Kekuatan Yang Lebih Besar atas diri kita, dan kita mencari kekuatan untuk menjalankan pengetahuan yang telah diberikan kepada kita.

Kita telah mulai menjalankan program spiritual kita. Kita tidak pernah menjadi raksasa-raksasa spiritual. Tetapi, apabila kita melihat diri kita sendiri secara apa adanya, kita mungkin akan menyadari bahwa kita telah melakukan hal lebih baik daripada yang telah kita rasakan.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan memeriksa diri saya sendiri sesuai dengan kenyataan. Saya akan mencari kekuatan untuk bertindak pada motif-motif terbaik saya dan tidak bertindak pada yang terjelek

===============================================================================

JFT 28 Februari

Hadiah Terbesar

“Ketaatan yang baru kita dapatkan berfungsi sebagai fondasi yang kuat untuk mendapatkan keberanian di masa depan.”

Basic Text, hal 93

Apabila kita mulai datang ke pertemuan-pertemuan kita mendengar para pecandu lain berbicara mengenai hadiah-hadiah yang telah mereka terima sebagai hasil dari program ini, hal-hal tersebut yang dulunya tidak pernah kita anggap hadiah. Hadiah seperti ini merupakan kemampuan yang harus diperbaharui supaya dapat merasakan emosi yang telah kita bunuh begitu lama karena narkoba. Kita tidak sulit untuk berpikir mengenai cinta, kenikmataan, dan kebahagian sebagai hadiah sekalipun kita telah meninggalkannya begitu lama. Tetapi, bagaimana dengan perasaan buruk seperti marah, sedih, takut dan kesepian? Emosi-emosi seperti ini tidak dapat dipandang sebagai hadiah. Disamping itu, bagaimana kita dapat berterima kasih atas hal-hal yang ingin kita hindari?!

Kita dapat berterima kasih atas emosi-emosi ini di dalam kehidupan kita apabila kita meletakkannya pada sudut pandang yang tepat. Kita perlu ingat bahwa kita telah percaya kepada Kekuatan Yang Lebih Besar dan kita telah meminta Kekuatan tersebut untuk merawat kita - dan Kekuatan Yang Lebih Besar kita tidak membuat kesalahan. Perasaan-perasaan yang diberikan kepada kita, “baik” atau “buruk”” diberikan kepada kita karena satu alasan. Dengan adanya hal ini di dalam benak kita, kita mulai menyadari bahwa kita tidak perlu merasa tidak nyaman, hanya merupakan pelajaran yang harus dipelajari. Ketaatan kita dan perawatan/keperdulian Kekuatan Yang Lebih Besar kita memberikan kita keberanian yang kita perlukan untuk menghadapi perasaan apapun yang muncul setiap harinya.

Sebagaimana telah kita ketahui di dalam pemulihan, “Kekuatan Yang Lebih Besar Anda tidak akan memberikan Anda lebih banyak daripada yang Anda dapat pikul dalam satu hari.” Dan kemampuan untuk merasakan emosi-emosi kita merupakan salah satu hadiah terbesar dari pemulihan kita.

Hanya Untuk Hari Ini : 

Saya akan mencoba untuk menyambut perasaan-perasaan saya, dengan teguh percaya bahwa saya telah memiliki keberanian untuk menghadapi jenis emosi apapun yang mungkin muncul di dalam kehidupan saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar